Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hidup Makin Bugar di Usia 40, Begini Caranya!

Hidup Makin Bugar di Usia 40, Begini Caranya!
"Life Begins at Forty"

Hidup dimulai pada usia 40. Secara mental dan finansial mungkin iya, karena pada usia ini pada umumnya kita sudah bisa memenuhi kebutuhan pokok dalam hidup. Tetapi, bagaimana dengan kondisi fisik kita?

Kebetulan usia saya sudah lebih dari 40 tahun. Dan, sudah menikmati rasanya life begins at 40. Wajah mungkin bisa menyamarkan usia sebenarnya. Tetapi, fisik tidak bisa dibohongi kalau saya tidak sekuat dulu. Mudah capek dan badan mulai sering pegal-pegal.

Apalagi di era digital seperti saat ini pola hidup manusia juga berubah seiring perubahan zaman. Dulu kita perlu pergi ke toko untuk membeli sesuatu. Tetapi, saat ini dengan adanya Paket Internet Cepat, apa yang kita ingin beli sudah diantar di depan kita tanpa perlu keluar rumah.

Perubahan pola hidup tersebut juga berpengaruh terhadap pola makan kita. Saat ini berbagai jenis makanan enak bisa kita beli dengan mudah. Dan, tanpa kita sadari karena kemudahan tersebut juga meningkatkan berat badan saya. Dan, salah satu resolusi saya di tahun 2023 adalah bisa menurunkan berat badan minimal 5 kg saja. Iya, sih sebenarnya angkanya cukup sedikit, tapi ya itu untuk melaksanakannya cukup sulit bagi saya, karena ibarat kata saya itu minum air saja, berat badan ini bisa bertambah lho.

 

Alasan perlunya menurunkan berat badan

1. Berat badan saya sudah di atas Body Mass Index (BMI).

BMI adalah alat untuk mengukur berat badan ideal berdasarkan tinggi dan berat badan. 

Tinggi saya 150 cm dengan berat 56 kg, sehingga BMI saya adalah 56 : 1.50 = 37,333. Sementara BMI normal sekitar 18-36.  Terlihat perbedaan angkanya sedikit. Tetapi, jika hal ini dibiarkan, berat badan  saya pasti akan semakin naik. Apalagi efek cuaca dingin dan hujan membuat keinginan untuk ngemil semakin bertambah. 

2. Untuk menjaga kesehatan

Beruntung saat ini dengan adanya Paket Internet Cepat berbagai informasi dapat kita peroleh dengan mudah. Termasuk informasi tentang kesehatan dari sumber yang terpercaya.

Dilansir dari laman kemenkes.go.id bawasannya kelebihan berat badan atau obesitas itu memicu datangnya berbagai penyakit berbahaya mulai diabetes, darah tinggi, jantung, asam urat, batu empedu hingga struck. 

Apalagi di usia yang sudah tidak muda lagi, berbagai penyakit tersebut bisa dengan mudah menghampiri saya kalau kita tidak aware dengan kesehatan diri sendiri. Meskipun sudah tidak muda lagi, tetapi saya ingin melewati masa tua dengan tetap bugar dan sehat. Sehingga perlu bagi saya untuk menurunkan berat badan.

5 Cara Tetap Bugar 

1. Mengurangi konsumsi gula 

Hidup Makin Bugar di Usia 40, Begini Caranya!

Sebenarnya saya tahu salah satu penyebab berat badan saya sulit turun dan cenderung naik adalah karena saya suka makanan manis. Meskipun hanya sedikit rasa manis tetapi itu tetap gula yang tidak baik untuk kesehatan jika terlalu banyak mengkonsumsinya. 

Untuk itu saya sudah mulai mengurangi minuman manis semenjak beberapa bulan lalu. Saya mulai minum kopi tanpa gula. Biasanya dalam satu hari saya mengkonsumsi kopi sachet yang ada gula dan krimernya itu 1-2 bungkus perhari. Saat ini kalau sedang kepengin paling hanya setengah bungkus saja.

Sementara untuk minuman kemasan botol selain air putih, sudah cukup lama saya tidak mengkonsumsinya. Ini menjadi langkah saya untuk mengurangi konsumsi gula.

2. Mengurangi konsumsi karbohidrat dan menambah konsumsi protein dan sayuran

Untuk menghindari nasi putih sama sekali, saat ini saya belum bisa. Karena saya asli orang Indonesia yang tidak bisa jauh dari nasi putih. Saya hanya mengurangi porsi makan nasi saja dan menambah konsumsi sayuran dan protein supaya tetap merasa kenyang.

3. Mengganti Camilan dengan buah

Hidup Makin Bugar di Usia 40, Begini Caranya!

Biasanya di antara jam makan, saya akan makan camilan dan camilannya itu seringnya kue kering atau biskuit semacam wafer. Maksud hati sih cari yang praktis. Tetapi, makanan tersebut mengandung banyak gula dan karbohidrat.

Saat ini saya mulai mengganti camilan tersebut dengan buah-buahan. Terkadang juga agar-agar karena makanan ini banyak mengandung serat.

4. Istirahat yang cukup

Kecukupan tidur sangat penting untuk menjaga tubuh tetap bugar. Kurang tidur akan membuat tubuh terlihat lesu dan tidak semangat.

Selama ini saya sering kali lupa waktu tidur kalau sedang browsing di internet atau nonton drakor yang sedang seru-serunya. Karena, Paket Internet Cepat nya membuat jaringan internet tetap lancar di berbagai cuaca.

Namun, saat ini demi kesehatan dan kebugaran esok hari, saya mulai membiasakan tidur sebelum pukul 12 malam. 

5. Menjaga kebugaran dengan olahraga

Hidup Makin Bugar di Usia 40, Begini Caranya!

Olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kebugaran. Olahraga yang paling mudah adalah jalan kaki. Selain itu, saya juga senam.

Ngomong-ngomong soal senam, saya senamnya di rumah saja. Alasannya sih karena malu kalau harus senam di hadapan orang lain. Selain itu juga untuk efisiensi waktu.

Untuk senam sendiri saat ini sangat mudah kok, kita tinggal menonton YouTube. Ada banyak channel yang bisa kita ikuti. Salah satu channel YouTube yang saya ikuti adalah BodyFit by Bagus. Di Channel ini ada berbagai jenis senam yang bisa kita pilih, mau durasi panjang atau pendek ada. Irama dan gerakannya pun cukup mudah. Jadi, membuat para subscribers selalu betah berada di channel ini.

Beruntung sekali ada IndiHome dari Telkom Indonesia yang menyediakan Paket Internet Cepat. Sehingga meskipun saya nonton YouTube seharian untuk senam tidak ada buffering atau gangguan lainnya.

Era digital memang memberi banyak perubahan dalam kehidupan kita. Tinggal kita bagaimana memanfaatkan segala fasilitas yang ada saat ini. Dengan internet kita bisa menjelajahi dunia walaupun hanya tinggal di rumah saja. 

Senang sekali bisa menuliskan artikel tentang hidup makin bugar di usia 40 dengan memanfaatkan Paket Internet Cepat. Semoga resolusi untuk menurunkan berat badan saya bisa terlaksana dan tubuh tetap sehat meskipun usia tidak muda lagi.


24 komentar untuk "Hidup Makin Bugar di Usia 40, Begini Caranya!"

  1. Masya Allah... Bener bgt ya bun, zaman teknologi semakin canggih gini, asal ada internet rasanya apa2 mudah. Sy sendiri jadi tersentil nih, buat mulai fokus jaga kesehatan badan sendiri. 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, terkadang kemudahan yang didapatkan itu melebakan. Untuk itu menjaga kesehatan mulai sekarang lebih baik daripada nanti untuk biaya berobat mahal.

      Hapus
  2. Sebagai anak muda yang usianya belum menginjak 30 tahun, sepertinya aku harus mengikuti tips ini biar tetap bugar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah benar ini. Memang seharusnya melakukan hal-hal baik apalagi untuk tubuh kita itu dimulai sejak masih muda. Karena efeknya kita sendiri yang akan merasakan manfaatnya.

      Hapus
  3. Meskipun usia 40 masih beberapa tahun lagi, paling mantap memang kebugaran tubuh dipersiapkan dari sekarang. Terima kasih tipsnya, Kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, dulu suka malas dengan namanya olah raga. Tetapi, setelah menemukan channel YouTube yang sesuai, asyik saja menjalaninya.

      Hapus
  4. Menjelang 40 tahun tuh banyak banget pertanyaan-pertanyaan hidup yang kadang malah bikin tambah galau baik fisik maupun psikis. Beruntung sekali bisa baca tulisan Mbak Elin ini, jadi serasa tercerahkan untuk tetap positif menghadapi usia 40 dengan menjaga kesehatan agar tetap bugar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usia 40 itu berada pada masa perubahan menurut saya. Dibilang muda tetapi tenaga ya sudah banyak berkurang, dibilang tua melihat anak-anak kok masih pada sekolah. Solusinya ya tetap sehat fisik maupun mental supaya bisa melewatinya.

      Hapus
  5. Semangat menurunkan berat badannya Kak, semoga bisa mencapai goalsnya. Aku suka tips-tipsnya, soalnya pengen menurunkan berat badan juga biar tubuh berasa fit, meski susah konsisten. Dan kayaknya adanya video workout itu berguna bgt ya buat olahraga di rumah, apalagi buat orang yang mageran kayak aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar saya itu susah kalau turun BB tapi kalau naikin mudah sekali. Kalau tidak ada program, biasanya tar sok saja mau mulainya. Yuk, semangat untuk tetap bugar.

      Hapus
  6. Sentilan dari Allah datang lewat tulisan Kakak. Hahaha..I'm going to e forty next month and I found your post. Omooooo...kok bisa ya kok bisa? Hihihihihi...love this post a bunch

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhirnya setelah ditunggu sekian lama datang juga ya. Dulu pun saat belum mencapai usia ini dan teman-teman yang sudah berusia 40 berkeluh kesah begini begitu, saya hanya diam, dalam hati berfikir masa sih begitu. Dan, ternyata keluhan-keluhan fisik menang mulai dirasakan oleh orang yang sudah berusia 40.

      Hapus
  7. PR banget harus kurangi asupan gula. Apalagi kalau sarapannya wajib lontong atau nasi uduk. Btw, bener sih, olahraga sekarang bisa dilakukan dari rumah aja bermodalkan niat dan paket internet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak gula itu tidak baik bagi tubuh jika terlalu banyak. Memang enak sih sarapan lontong atau nasi hangat di pagi hari. Saat ini memang sangat mudah untuk berolahraga, karena ada paket internet cepat nya, membuat kita bisa olahraga di rumah saja.

      Hapus
  8. Kalau mbak perlu nurunin, aku kebalikannya nih mau naikin berat badan sebagai resolusi. Tapi masih on progress hasilnya belum signifikan nih. Istirahat yang cukup belum bisa diakomodir. Bismillah ya Mbak semoga resolusinya tercapai aminn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, saya mau banget berbagi BB nih hihihi... Memang beberapa orang sangat sulit menurunkan BB, sementara yang lainnya susah menaikkan BB. Yuk, semangat supaya goals nya bisa tercapai.

      Hapus
  9. Masya Allah, gaya hidup psehat begitu memang sudah harus jadi kebiasaan sehari-hari ya biar terus bugar sampai angka berapapun :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak, semakin cepat memulai gaya hidup sehat semakin baik. Sehingga tubuh dan pikiran kita akan tetap sehat juga.

      Hapus
  10. Waaahhhh makasih banget ini tipsnya. BMI ku mengkhawatirkan. Mesti jaga badan banget ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbak. Iya Mbak, kalau BMI nya sudah angka mengkhawatirkan itu berarti memang harus mulai atur pola makan. Soalnya kalau tipe BB mudah naik, mau nurunin BB sulit sekali.

      Hapus
  11. Aku jadi harus mulai aware dengan kesehatan meskipun belum 40 tahun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, mulai aware dengan kesehatan tubuh sejak dini itu lebih baik. Karena nanti yang merasakan manfaatnya juga kita sendiri.

      Hapus
  12. Keberadaan paket internet cepat makin memberi banyak manfaat bagi penggunanya ya, Kak. Tidak hanya untuk pekerjaan, tapi juga untuk urusan kesehatan atau referensi lain makin mudah di dapat dengan adanya internet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget, Kak. Paket Internet Cepat sangat membantu kita dalam banyak hal, berbagai informasi dapat segera kita dapatkan dengan mudah dan cepat.

      Hapus