Advertisement

Responsive Advertisement

Short Course 30 Juta Pertama dari Blog, Menumbuhkan Semangat untuk Tetap Ngeblog



Short Course  30 Juta Pertama dari Blog, menumbuhkan semangat untuk tetap ngeblog. Karena potensi ngeblog masih sangat menjanjikan di masa mendatang meskipun telah hadir beberapa media sosial sebagai wadah untuk menulis konten.

Kursus singkat ini yang diselenggarakan oleh tiga blogger keren ini gratis. Jadi, sangat sayang untuk dilewatkan, saat ada ilmu gratis dibagikan kita tidak ikut. Karena biasanya kursus optimasi blog  itu berbayar.

Saya termasuk orang yang senang menambah ilmu baru dalam berbagai hal. Bagi saya ilmu itu sangat berharga. Sehingga sewaktu ada kesempatan untuk menambah  ilmu ngeblog dari ahlinya langsung, tentu saja berharap bisa bergabung. Dan, alhamdulillah bisa bergabung dengan 100 an peserta kursus lainnya.


Tujuan mengikuti Short Course 30 Juta Pertama dari Blog

Semangat saya dalam menulis itu sering kali turun naik. Terkadang semangatnya naik, ingin seperti mereka yang sudah berhasil. Namun, tak jarang juga turun, merasa tulisan saya tidak bagus dan sebab-sebab lainnya yang membuat enggan untuk menulis.

Dengan mengikuti webinar dari para ahlinya langsung itu sangat membantu dalam mendongkrak semangat. Dari mereka kita dapat mengetahui suka duka menulis sampai bisa bertahan dan berhasil sampai saat ini. 

Bagi saya, setiap orang itu mempunyai ilmu sendiri-sendiri dalam meraih kesuksesan. Dengan kita mengikuti kelas mereka, kita akan mengetahui ilmu yang mereka gunakan. Otomatis ilmu pengetahuan kita bertambah. Meskipun belum bisa menerapkannya secara langsung. Paling tidak kita sudah mempunyai ilmunya.



Kapan  Short course 30 juta pertama dari blog diadakan?

Kursus singkat tentang optimasi blog ini diadakan tanggal 26-28 Oktober 2021 melalui whatsapp group (wag) dan juga melalui zoom.

Ada juga tempat belajar SEO gratis untuk para emak di seomoms community.


Hari pertama Short Course bersama Blogger keren Mbak Syafira Adlina

Pemilik blog ceritamamah.com ini  memberikan ilmu tentang cara membuat artikel yang menarik, agar pembaca blog kita senang dengan tulisan yang kita buat. Sehingga  pembaca blog akan betah saat mengunjungi blog kita.

Selain itu juga mbak Syafira sharing tentang  awal mula ngeblog, sampai mendapatkan cuan dari blog. Termasuk dari mana saja sumber pendapatan blog. 

Berikut ini beberapa channel sumber pendapatan blog:

  • Marketplace job
  • Sponsored post
  • Content placement
  • Iklan
  • Afliasi
  • Lomba


Hari kedua diisi sharing tentang blog oleh Mbak Jihan Mawadah pemilik blog jeyjingga.com

Mbak Jihan membagikan materi tentang dasar-dasar search engine optimization(SEO) dan juga cara menulis artikel yang menarik untuk mengikuti perlombaan. Dan, bukan rahasia lagi kalau blogger satu ini sering sekali menang dalam lomba blog. Siapa tahu kelak bisa menular ke saya kemenangannya itu.

Berikut ini salah satu materi yang diberikan mbak Jihan dalam penulisan artikel supaya artikel kita bisa muncul di halaman pertama google.


Selain itu blogger asal Malang ini juga berbagi kiat tentang mengikuti lomba blog, diantaranya adalah sbb:

  • Mengenali pihak penyelenggara dan siapa yang menjadi juri.
  • Mencari sumber referensi dari sumber terpercaya, bisa melalui buku maupun jurnal.
  • Membuat 10 paragraf pembuka yang menarik minat juri supaya terus membaca tulisan kita.
  • Menambahkan infografis berupa gambar pada artikel kita.

Hari ketiga atau hari terakhir short course diisi oleh Mas Rozak pemilik blog www.inovasiguru.com

Materi hari terakhir adalah tentang search engine optimization (seo), cara menaikkan traffik pengunjung blog dan tentang adsense. Materi ini sangat menarik dan membuat sedikit puyeng. Sehingga saya berfikir mampu tidak ya menerapkan ilmu yang disampaikan.

Mungkin ada yang bertanya, kenapa setiap hari selalu ada materi SEO nya. Karena, jika kita mampu menerapkan SEO dengan benar dan kontinu, maka traffik pengunjung  blog juga naik. Dengan naiknya traffik berarti adsense juga ikut naik, berarti uang yang kita dapat juga bertambah. 

Berikut sebagian materi hari ketiga tentang langkah mendaftar Adsense:
  • Memiliki blog free/berbayar
  • Niche terfokus
  • Rutin update artikel SEO dan human friendly
  • Navigasi blog jelas
  • Minimal usia blog 3 bulan saat daftar

Untuk mendaftar Adsense syaratnya memang mudah, yang sulit adalah bagaimana supaya kita bisa gajian tiap bulan. Supaya bisa gajian tiap bulan pageviews (PV) blog rata-rata per hari harus lebih besar dari 2000. Nah, ini kan buat saya berat sekali.


Manfaat yang didapat dari mengikuti Short course menghasilkan 30 juta pertama dari  blog

Banyak sekali ilmu baru yang didapat, meskipun belum bisa menerapkan semuanya, tetapi berusaha menerapkan ilmu itu perlahan di blog. Karena semua itu butuh proses untuk pembiasaan. 

Dari ketiga blogger pemateri tersebut saya belajar banyak hal, bahwa apa yang mereka raih berasal dari kerja keras dan totalitas mereka dalam blog. Setiap orang mampu asal mau belajar dan berusaha. Jika kita ingin seperti mereka, maka kita juga harus kerja keras dan fokus untuk mengelola blog supaya bisa menghasilkan dengan cara rajin update blog post dengan menerapkan SEO.

Itu tadi  sedikit rangkuman materi dari short course 30 juta pertama dari blog, menumbuhkan semangat baru untuk tetap ngeblog. Berharap ada kursus lanjutannya.



"Seberapa besar kita mampu menghasilkan, itu pula hasil yang akan kita terima"














Posting Komentar

2 Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.