Advertisement

Responsive Advertisement

Seo Moms Community Tempat Belajar SEO Gratis bagi Perempuan



Seo moms communwity tempat belajar seo gratis bagi perempuan. Kehadiran Seo Moms untuk mengajarkan blogger perempuan menerapkan ilmu seo untuk blognya. Supaya bisa bersaing dengan blog lain.

Selama ini blogger perempuan yang mendalami seo jumlahnya lebih sedikit dibandingkan laki-laki. Kenapa banyak laki-laki yang menguasai SEO bila dibandingkan perempuan? 

Saya sendiri pertama mendengar tentang SEO untuk blog itu ilmu yang rumit. Melihat kebanyakan laki-laki yang menguasainya. Mungkin sama rumitnya dengan dunia mesin dan elektronik yang juga banyak ditekuni oleh laki-laki. Dan, pemikiran ini mungkin juga dirasakan sebagian besar wanita yang ingin belajar SEO.

Dalam hal belajar pun sifat perempuan terlalu pertimbangan. Berbeda dengan laki-laki yang bisa fokus pada satu hal saja. Perempuan itu saat ingin fokus belajar ada saja ganguannya apalagi bagi yang sudah menikah. Saat ingin fokus belajar, tiba-tiba ingat waktunya menjemput anak pulang sekolah. Ingin fokus lagi, melihat jam waktunya masak di dapur. Malam tiba ingin fokus belajar lagi, anak memanggil minta diajari sesuatu. Dan, pada akhirnya belajarnya menjadi nanti dan nanti yang akhirnya terkesampingkan atau mungkin bahkan terlupakan.

Hal tersebutlah yang mungkin menyebabkan sedikitnya pemain SEO perempuan. Beruntung saat ini  sudah ada Seo Moms Community sebagai tempat belajar SEO gratis bagi perempuan. Dengan sistem belajar yang santai namun tetap serius. Saya sendiri termasuk anggota periode kedua. Meskipun jarang aktif di WAG karena keterbatasaan waktu. Namun, sebisa mungkin saya mengikuti dan menerapkan pelajarannya. Tentu saja menyesuaikan dengan waktu longgar saya. Penasaran? Yuk, kita kenalan lebih jauh dengan Seo Moms.

Baca juga: 5 Keuntungan Blogger bergabung dengan komunitas blogger dan menulis

Arti Seo

SEO atau Search Engine Optimization secara umum adalah rangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja dan algoritma mesin pencari. Mekanisme mesin pencari yang dimaksud adalah crawing, indexing dan ranking.


Tujuan SEO 

Tujuan SEO adalah menempatkan suatu situs atau blog pada posisi teratas atau setidaknya pada halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

 

Latar Belakang berdirinya SEO Moms Community

Seo Moms didirikan oleh M. Sahlan yang lebih dikenal dengan sebutan Qbenk atau Bang Q. Seorang blogger SEO yang tinggal di daerah Kubu Raya, Pontianak, Kalimantan Barat. Tujuan didirikan Seo Moms adalah sebagai bentuk atau wujud kasih sayang Bang Qbenk kepada ibunya yang bernama Mudiyah binti Sangaran (almarhumah) yang wafat pada 25 November 2019. Lahumul Fatihah untuk almarhumah. 

Sebagai Co Foudernya adalah Mbak Sari Widiarti seorang beauty blogger dari Sidoarjo, Jawa Timur.


SEO menurut QBenk

M Sahlan atau Qbenk memulai aktifitas ngeblog di warnet sejak tahun 2005. Mulai fokus ngeblog dan meninggalkan dunia perkulian 2008. Hal ini menunjukkan pada kita bahwa ngeblog bisa dilakukan siapa saja yang punya keinginan.

Menurut Bang Q

"SEO itu ilmu logika sama halnya dengan ilmu pemograman. Karena pemograman adalah bahasa utama dalam algoritma. Sedangkan bahasa pemrograman menggunakan ilmu logika".

Sehingga butuh waktu panjang untuk belajar SEO. Tidak bisa hanya satu dua bulan selesai. Dan SEO Basic sangat diperlukan untuk pemahaman SEO ke depan nya.


Siapa saja anggota Seomoms

Anggota Seo Moms adalah blogger perempuan yang berasal dari Sabang sampai Merauke dan sudah memiliki blog yang sudah TLD atau Top Level Domain.

Untuk memudahkan dalam pengawasan dan pemerataan, kelas akhirnya dibagi berdasarkan daerah tinggal blogger. Tentu saja ada koordinator wilayah yang membantu Bang Q dalam pelaksaaannya.


Cabang-Cabang SEO Moms Community (SEMOC)

1. SEMOC Sumatera 

    Koordinator: Mbak Arda Sitepu, blogger dari Medan, Sumatera Utara.

2. SEMOC Jateng dan Yogyakarta

    Koordinatornya: Wiwin Pratiwanggini

3. SEMOC Jatim dan Madura

    Koordinatonya: Dewi Adikara dan Rahmah Chemistrah. Dahulu Jatim dan Madura dipisah, berhubung anggotanya tidak terlalu banyak. Maka digabung, supaya lebih mudah dalam pembelajaran.

4. SEMOC Bali, Sulawesi dan NTT

    Koordinatonya: Risky  Masdila Ananda dan Mugniar Marakarma.

5. SEMOC 4

Beranggotakan blogger yang tidak tergabung dalam empat wilayah di atas. Koordinatornya: Lidya Fitriani

 

Tahapan  Belajar SEO di Seo Moms:

1. Seo OnPage 

    Seo Onpage merupakan cara mengoptimalkan blog dari dari dalam. Bang Q mengumpamakan blog sebagai rumah. Setiap orang tentu mengiinginkan menata rumah senyaman mungkin supaya ketika        ada tamu yang berkunjung, si tamu tersebut akan nyaman berada di rumah kita.

    Begitu juga dengan blog secara onpage perlu dilakukan beberapa pembenahan agar blog yang kita        miliki bisa menarik pengunjung khususnya pada mesin pencari.

    Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam optimasi onpage

  • Title blog adalah judul blog yang mengambarkan identitas sebuah blog.
  • Deskripsi blog menggambarkan adanya hubungan antara judul dengan isi blog. 
  • Deskripsi penelusuran adalah ulasan singkat yang menggambarkan tentang apa yang kita tulis dalam sebuah artikel. 
  • Page experience
  • Setting meta header (blogspot)
  • Setting meta seo (wp)
  • Stuktur konten
  • Related link konten


2. Seo  Offpage

Jika seo on page cara mengoptimalkan blog dari dalam. Maka seo off-page adalah cara mengoptimalkan blog dari luar website (blog).

Dengan kata lain seo off page adalah mempromosikan website dengan cara link building, back link dan lain sebagainya.

Dalam istilah blog tentu kita pernah mendengar tentang "konten is king". Maka "back link is Queen". Keduanya harus seimbang supaya blog bisa bersaing.

Konten yang bagus tanpa back link yang bagus, akan sia-sia karena pengunjung blog hanya sedikit. Begitu juga jika back link bagus, namun konten kurang menarik  akan membuat pengunjung blog kita kecewa.

Dalam penerapan back link pun kita harus hati-hati dan memperhatikan kalau website yang kita masukan link blog kita benar-benar website yang bagus.


Ternyata ilmu seo itu luas sekali ya. Makanya belajarnya butuh waktu yang lama. Jika ada teman-teman blogger perempuan  yang tertarik belajar seo dengan seo moms community, pantau terus akun media sosialnya untuk mengetahui pembukaan kelas baru.


Happy blogging😉😊





Posting Komentar

0 Komentar