Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kiat Sukses Usaha Jamur bersama Ir. Triono Owner CV ASA


Kiat Usaha Jamur.Melalui status seorang sahabat jamur, saya mendapatkan link webinar tentang Kiat Sukses Usaha Jamur dengan pembicaranya Ir. Triono Untung Priyadi, owner CV. Asa Agro Corporation Cianjur. Tentunya sebagai pembudidaya jamur tiram tidak ingin melewatkan kesempatan emas ini.

"Kesuksesan seorang pengusaha itu tidak didapatkan dalam sekejab. Tetapi, seorang pengusaha dikatakan sukses apabila dia tetap bertahan meskipun pernah jatuh bangun dalam usahanya." 

Webinar ini diselenggarakan oleh Keluarga Alumi Gajah Mada (KAGAMA). Meskipun diselenggarakan oleh organisasi tertentu tapi webinar ini terbuka untuk umum. Sehingga siapa pun bisa mengikutinya.

Sebelum masuk pada materi utama tentang bagaimana perjalanan Pak Triyono bisa sukses dalam menjalani usaha jamur ada sambutan dari Koordinator bidang pemberdayaan yaitu Bapak Cahyono Hadi. Beliau mengatakan bahwa dalam situasi pandemi yang belum tahu berakhir kapan, kita bisa berkelit dan tetap survive. Dengan membuka usaha, sehingga bisa membantu ekonomi keluarga dan masyarakat.

Sosok Pak Triono sendiri sudah tidak asing di kalangan petani jamur. Beliau merupakan salah satu pakar jamur yang sangat low profil dan tidak pelit ilmu. Bahkan mendorong para pengusaha jamur untuk berkembang. Beliau juga salah satu pendiri Perkumpulan Petani Jamur Nusantara (PPJN) yang setiap tahun mengadakan kopdar. Sudah dua kali mengadakan kopi dar (kopdar) akbar di Yogyakarta dan Malang. Berhubung tahun ini ada Pandemi maka seminar PPJN ketiga yang rencananya akan di adakan di Jepara ditiadakan demi keamanan bersama.

Pak Triono sudah menekuni dunia jamur sejak masih kuliah yaitu sekitar tahun 1985. Hanya sekedar saja belum besar. Karena waktu itu beliau masih kuliah.

Berikut ini langkah-langkah usaha jamur

1. Apakah jamur itu?

  • Organisme berinti sejati
  • Tidak berklorofil
  • Berbentuk thalus
  • Pada umumnya tubuh somatik berbentuk benang
  • Bijinya berbentuk spora
  • Pengambilan makanan secara absorpsi 
  • Makanannya bahan jadi
  • Dilihat dari filogenetik jamur mendekati kerabat hewan(animalia)
2. Kiat Sukses Usaha Jamur
  • Komoditi
  • Keunggulan komparatif
  • Peluang pasar
  • Critical point
           - on farm
           - off farm


3. Komoditi Jamur
  • Syarat tumbuh
  • Bahan baku
  • Teknologi
  • Self life pendek
  • Perishable

 4. Keunggulan komparatif jamur dibandingkan  sayuran lain:

  • Kandungan gizi lengkap dan tinggi
  • Pangan fungsional
  • Alternatif pengganti daging
  • Bisa dibuat berbagai olahan
  • Tidak memerlukan tempat yang luas
  • Panen bisa diatur

5. Perbandingan kandungan gizi jamur dengan bahan pangan lainnya (per 100gr berat kering)



6. Jamur sebagai pangan fungsional



7. Jamur sebagai alternatif pengganti daging


8. Aneka produk berbahan dasar jamur




Setelah mengetahui dasar-dasar usaha jamur. Langkah selanjutnya ada mempersiapkan modal yaitu mental dan dana.

Sebelum memulai usaha sebaiknya berkunjung ke tempat-tempat usaha yang sudah terlebih dahulu memiliki usaha jamur. Kita bisa mendengar pengalaman mereka dalam usaha jamur. 

Menurut pak Triono juga setiap usaha itu pasti ada pasang surutnya. Beliau pernah berada pada titik nol, bahkan minus pada tahun 2009. Waktu itu sedang kemarau panjang, air sulit didapatkan. Padahal air merupakan faktor utama dalam usaha jamur. Sudah berusaha membuat sumur bor, tetapi air tidak juga keluar. Akhirnya memutuskan pindah lokasi yang tersedia air dengan modal kembali nol.

Saat ditimpa masalah seseorang memang mempunyai dua keputusan. Menyerah dan meninggalkan usaha tersebut ataukah bertahan untuk memperbaiki dan berkembang. Pak Triono memilih tetap bertahan hingga saat ini omzet jamur tiram perharinya bisa sampai 2 ton. Dengan jumlah baglog lebih dari 200ribu.

Untuk prospek usaha jamur ke depan masih sangat bagus. Karena masyarakat sekarang sudah mengenal berbagai olahan jamur. Selain itu jamur merupakan bahan pangan bebas pestisida. Sehingga aman dikonsumsi oleh siapa pun.

Pesan Pak Triono untuk yang ingin membuka usaha adalah jangan mudah berubah. Setiap usaha pasti pernah jatuh bangun. Jika jatuh jangan mudah menyerah apalagi berpaling. Tetapi tetap semangat untuk kembali membangun usahamya. Karena dengan berpaling ke lain usaha berarti kita harus memulai dari awal lagi. Berbeda jika kita bertahan, kita hanya perlu belajar dari kegagalan yang pernah dialami, untuk dijadikan pelajaran langkah srlanjutnya.

Selamat berusaha, tetap semangat meraih mimpi😊😊



 


6 komentar untuk "Kiat Sukses Usaha Jamur bersama Ir. Triono Owner CV ASA"

  1. Aku senang banget makan jamur krispi. Sampai pengen punya budidayanya. Tapi ya itu... pengen doang. Hahaha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enakan beli di pasar ya mbak jamurnya. Sampai rumah tinggal goreng saja😊

      Hapus
  2. Mengolah jamur itu termasuk susah ya mba? saya baru tahu nih jamur bisa diolah jadi pempek dan nuget, btw salam kenal ya mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak susah mbak kalau terbiasa. Cukup telaten menurut saja. Nugget jamur rasanya persis seperti nugget ayam

      Hapus
  3. Saya sukai jamur karena tinggal cuci lalu iris atau robek-robek. Bumbunya juga mudah dan cepat menyerap bumbu.

    Hal penting dari jamur yang saya bilang ke anak sebagai ayam nabati adalah kandungan gizi dan mudah diolah.

    Bikin jamur krispi itu sebenarnya tidak mudah tetapi butuh ketelatenan, ya, Mbak. Jamur tiram tetao digemari masyarakat karena rasa dan kemudahan pengolahan bisa dibikin beragam alternatif.

    Sosok seperti Pak Triono Itu inspiratif. Menghasilkan berton-ton jamur adalah hal luar biasa dan merupakan hasil dari langkah gigih. Salut.

    Ngemil jamur krispi saja sudah bikin cukup kenyang. 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, anak-anak sangat suka jamur krispy. Selain itu, jamur juga bisa diolah dengan olahan lain yang tak kalah lezatnya. Memang usaha itu butuh perjuangan untuk sukses :0

      Hapus