Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Small Celebration bagi Perempuan

Manfaat Small Celebration bagi Perempuan
Source: pixabay

Kadar kebahagiaan setiap orang itu berbeda. Karena setiap orang mempunyai kondisi kehidupan yang berbeda. Tetapi, ada yang satu yang penting yaitu memberikan small celebration terhadap diri sendiri.

Sebagai seorang perempuan yang sudah menikah cukup lama, pasti timbul keinginan untuk memberikan yang terbaik bagi keluarga. Hal itu pun juga terjadi pada saya. Dulu saya menyimpan banyak keinginan, hanya karena ingin melihat keluarga saya bahagia. Saya yakin hal ini juga dilakukan oleh banyak perempuan di luar sana.

Setelah menikah, saya memang memutuskan untuk berhenti bekerja. Otomatis pendapatan keluarga hanya bersumber dari pendapatan suami yang tidak seberapa. Padahal sebelumnya, saya memiliki pendapatan yang bisa mencukupi kebutuhan pribadi. Mau tidak mau, demi bisa tercukupi semua kebutuhan keluarga, saya harus berhemat dalam keuangan. Termasuk memendam beberapa keinginan yang ingin diwujudkan. Rasa capek dan merasa menjadi pribadi yang tidak berguna karena hanya berkutat di rumah saja selalu terngiang di pikiran.

Pekerjaan rumah tangga yang seolah tidak pernah ada habisnya seakan membuat saya lupa kebutuhan diri sendiri. Ibarat kata memikirkan diri sendiri pun tidak sempat apalagi small celebration. Yang ada malah saya berusaha memberi kebahagian terhadap orang-orang di sekitar saya.

Seiring berjalannya waktu, kondisi ekonomi keluarga mulai membaik, saya pun mulai memikirkan kepentingan sendiri. Bisa dibilang mulai memberikan small celebration terhadap diri sendiri. Oh, ya small celebration adalah perayaan kecil. Bisa juga diartikan sebagai penghargaan terhadap diri sendiri.

Cara small celebration terhadap diri sendiri

Namanya juga small celebration atau perayaan kecil, ya kegiatannya pun sederhana dan tentu bisa dilakukan dengan mudah. Berikut beberapa caranya:

1. Memberikan waktu pada diri sendiri

Ada perumpamaan kalau perempuan/ibu itu tidak boleh sakit. Karena kalau ibu sakit maka seluruh rumah ikut sakit. Memang benar adanya, perempuan akan menghabiskan hampir seluruh waktunya untuk keluarganya. Meskipun hal ini baik dan memang dilakukan oleh kebanyakan perempuan. Tetapi, sisakan sedikit waktumu untuk diri sendiri. Kita butuh waktu sendiri untuk mengembalikan tenaga baik fisik maupun psikis, supaya bisa kembali semangat menjalani tugas.

Gunakan sedikit waktu tersebut untuk kegiatan pribadi yang disukai. Misalnya mencoba resep masakan, bermain game, nonton drakor atau kegiatan yang disukai lainnya.

2. Shopping atau belanja

Perempuan mana sih yang tidak suka berbelanja. Asal ada uangnya, perempuan itu pasti suka belanja. Apalagi kalau disuruh dan diberi uang. Langsung tancap gas pastinya. Pada kenyataannya kebanyakan perempuan yang sudah menikah saat sedang shopping dan ingin membeli sesuatu mikirnya bisa sepuluh kali mungkin. Bukan karena barang bagus atau jelek, tetapi lebih memikirkan uangnya kalau untuk beli ini, nanti kebutuhan anak bagaimana. Kalau ada kebutuhan mendadak bagaimana?

Boleh sih mikir sebelum membeli barang, tetapi jangan juga pelit-pelit terhadap diri sendiri. Sesekali bolehlah membeli barang pribadi yang diinginkan. Ini juga bentuk small celebration lho.

3. Hangout Bersama teman-teman  

Anak muda pasti suka hang out dengan teman-temannya. Lalu, bagaimana dengan perempuan yang sudah menikah. Yah, hang outnya sama keluarga dong. Itu pastinya. Tetapi, saat anak sudah mempunyai dunia sendiri dan lebih asyik bermain dengan temannya daripada bersama orang tuanya. Lalu perempuan dewasa hangout sama siapa?

Ada kalanya saya rindu sama masa lalu dan kangen dengan teman-teman hangout masa muda. Jadi, ada baiknya sesekali hangout dengan teman-teman kita. Tentu lebih asyik karena seumuran otomatis pembicaraan akan nyambung.

Manfaat Small Celebration bagi Perempuan
Source: pixabay 

Manfaat Small Celerabration pada perempuan

Perayaan kecil terhadap apa yang perempuan raih tersebut ternyata memberi banyak manfaat terhadap kehidupan kita. Berikut manfaatnya:

1. Lebih mengenal diri sendiri

Dengan sesekali memberi small celebration terhadap diri sendiri membuat kita lebih mengenal pribadi kita sendiri.

Kita bisa lebih memahami apa saja kebutuhan dan keinginan sendiri. Sehingga tujuan hidup pun semakin jelas. Kita menjadi tahu bagaimana meraih tujuan hidup tersebut sesuai dengan cara yang teratur dan terarah.

2. Semakin percaya diri dengan apa yang dimiliki

Seseorang yang telah mengenal dirinya dengan baik akan memiliki rasa percaya diri yang tinggi pula. Karena dia sudah mengetahui apa saya kekurangan dan kelebihan yang dimiliki.

Rasa percaya diri sangat dibutuhkan oleh setiap orang di masa mendatang. Rasa percaya diri yang tinggi bisa membantu seseorang lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan baru.

3. Lebih sabar saat sesuatu tidak sesuai dengan yang diinginkan

Saya itu dulu termasuk orang yang tidak sabaran, inginnya semua cepat dan hasilnya bagus. Berjalannya waktu, saya mulai menyadari tidak semua yang kita inginkan bisa tercapai. Ada kalanya hasilnya jauh berbeda dengan yang diharapkan.

Tetapi, saya semakin sadar bahwa tidak ada yang sempurna. Saya selalu berprinsip, setidaknya saya pernah mencoba, gagal atau berhasil itu tergantung hasil akhir.

4. Meningkatkan produktivitas

Percaya atau tidak kalau small celebration pada perempuan itu bisa membuat hatinya bahagia. Ketika hati seseorang bahagia, maka apa yang dikerjakannya pun akan membuahkan hasil. Misalnya saat memasak dan suasana hati bahagia, maka masakannya pun akan terasa lezat karena dimasak dengan bumbu cinta. Secara tidak langsung small celebration bisa meningkatkan produktivitas pada perempuan.

Teman-teman perempuan, sudahkan melakukan small celebration terhadap diri sendiri. Kalau sudah apa manfaat small celebration bagi perempuan? Kalau belum mencoba, silahkan coba dulu dan dapatkan manfaatnya.


 




Posting Komentar untuk "Manfaat Small Celebration bagi Perempuan"