Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Ada Kata Terlambat Untuk Mengejar Mimpi yang Tertunda

Jangan Ada Kata Terlambat Untuk Mengejar Mimpi yang Tertunda

Jangan Ada Kata Terlambat Untuk Mengejar Mimpi yang Tertunda - Mimpi membuat kita semangat menjalani kehidupan ini. Meskipun terkadang tidak semua yang kita impikan bisa segera terwujud. Kadang bisa tercapai dalam waktu yang lama. Bahkan, ada kalanya mimpi itu seolah tidak mungkin terwujud.

Setiap orang berhak mempunyai mimpi apa pun, bahkan sampai setinggi langit. Tapi, perlu diingat jangan hanya bermimpi tapi tidak pernah berusaha untuk menggapainya. Kalau itu namanya hanya bunga tidur saja.

Namun, perlu disadari kalau semua impian itu tidak bisa langsung terwujud. Ada kalanya kita memilih menunda suatu mimpi karena lebih mengutamakan yang lain. Jujur, saya sudah lama ingin mempunyai mobil meskipun itu second, supaya kalau pergi ke mana-mana saat hujan tidak kehujanan lagi. Alhamdulillah beberapa waktu lalu ada rejeki dan ingin mewujudkan mimpi tersebut. Tetapi, setelah melihat beberapa unit tidak ada yang cocok di hati.

Kebetulan bekas kandang ayam di samping rumah ibu sudah rusak dan perlu diperbaiki. Akhirnya uang untuk membeli mobil tersebut, saya alihkan untuk membangun sebuah kios.  Belum ada rencana untuk usaha apa, yang penting jadi bangunan. Dua tahun saya biarkan  bangunan itu dalam keadaan belum diplester, hanya sekedar berdiri saja. Alhamdulillah usaha anak yang dirintis anak saya lancar dan membutuhkan bangunan yang lebih besar. Kios itu pun saya perbaiki kembali. Yah, itulah kehidupan, kadang kita perlu menunda sesuatu demi kebutuhan yang lebih penting.

"Allah memberi yang kamu butuhkan, bukan yang kamu inginkan."

Begitu pun dalam dunia menulis dan konten kreator. Saya pun sering menunda mimpi demi mengejar mimpi yang lain. Dari dulu saya ingin sekali mempunyai penghasilan dari internet. Harapan saya supaya bisa mendapat penghasilan dari rumah. Kebetulan sekitar awal tahun 2023 lalu mengenal tentang affiliate marketplace. Saya tertarik bergabung, tetapi tidak tahu caranya. Kebetulan di twitter ada yang share kode referall, iseng-iseng daftar. Ternyata beberapa hari setelahnya diterima. Tetapi, masih bingung mau share produk apa. Dan, saya memilih tetap ngeblog.

Cukup lama saya biarkan akun affiliate tanpa pernah share link produk. Hingga akhir tahun lalu ada yang share tentang Shopee Video (SV). Melihatnya kok saya tertarik lagi. Mencoba mencari tahu tentang SV dari para senior yang sudah bergabung lama di sana. Dari mana mereka mendapat video untuk di upload di Shopee dan ilmu lainnya. Belum bisa konsisten upload. Baru mulai akhir Maret lalu mulai rajin upload dan bisa pecah telur. Dan mendapat komisi pertama di SV kurang dari 1000 rupiah. Itu sudah membuat saya senang sekali. Ternyata saya bisa menjadi affiliate Shopee. Ilmu ngeblog pun berguna sekali saat edit dan upload video.

Apakah setiap hari lancar? Oh, tentu saja tidak, sayang? Setelah dapat komisi pertama itu, tidak setiap hari ada yang check out (co) melalui video saya. Ada yang co, tetapi kadang komisinya kecil. Apalagi kebijakan Shopee baru-baru ini membuat beberapa video yang saya upload tidak mendapat komisi. Hampir putus asa tentunya. Tetapi, teman-teman di SV saling memberi support supaya tetap semangat. Dan, bulan Mei ini ada kemajuan lumayan di SV saya. Di mana setiap hari ada yang co. Meskipun komisi yang didapat belum ratusan ribu atau bahkan jutaan. Saya tetap bersyukur dengan hasilnya karena masih banyak teman-teman yang hanya dapat hikmah saja.

Menunda mimpi untuk meraih mimpi yang lain itu bukan berarti mimpimu yang dulu tidak akan terwujud suatu hari nanti. Jadi, jangan ada kata terlambat untuk mengejar mimpi yang tertunda.

Jangan Ada Kata Terlambat Untuk Mengejar Mimpi yang Tertunda

Cara menghadapi saat impian belum tercapai

1. Mengevaluasi diri

Saat mimpi yang dulu belum terwujud, namun kamu masih mempunyai keinginan untuk menggapainya, maka tak ada salahnya kamu mencoba untuk kembali meraihnya saat ini. Langkah pertama adalah mengevaluasi diri. 

Cari tahu kenapa dulu mimpi kamu belum bisa terwujud. Setelah mengetahui permasalahan, lalu kita evaluasi permasalahan tersebut untuk dicari solusi terbaik dan langkah-langkah untuk meraih mimpi itu kembali.

2. Jangan berhenti belajar

Pengalaman adalah guru terbaik. Terkadang sseorang belum percaya sesuatu sebelum mengalaminya sendiri. Misal dibilang jangan jalan ke sana karena di sana jalannya banyak lobang. Namun, orang tersebut tidak percaya dan tetap memilih melanjutkan perjalanan. Baru setelah sampai jalan itu dia percaya kondisi jalannya.

Begitu juga dalam meraih mimpi. Saat kita gagal atau menunda meraih mimpi, maka setelah  mengevaluasi diri langkah selanjutnya adalah terus belajar. Baik dari buku maupun media lainnya.

3. Menambah ilmu dari senior

Saya mempunyai prinsip saat mempunyai mimpi. Jika, ingin menjadi blogger yang sukses maka berteman dengan blogger senior. Ingin sukses menjadi petani jamur, maka berteman senior di dunia jamur. Ingin menjadi penjual gorengan, maka berteman pula dengan kumpulan penjual gorengan. 

Pertemanan yang positif, maka akan menghasilkan hal yang positif juga. Dengan berteman dari senior yang telah terjun dulu di bidang yang ingin kita tekuni, perlahan kita akan kecipratan ilmu yang mereka bagikan. Dari, smereka kita belajar bagaimana cara menggapai mimpi yang ingin kita wujudkan.

4. Berani mencoba kembali

Gagal atau tertunda bukan berarti stop atau berhenti untuk meraih mimpi. Bangkitlah kembali untuk meraih mimpi itu. Belajarlah dari anak kecil yang tidak pernah lelah belajar berjalan hingga berlari.

Kegagalan atau kesempatan bukan akhir segalanya. Jadi, jangan ada kata kata terlambat untuk meraih mimpi yang tertunda.

Posting Komentar untuk "Jangan Ada Kata Terlambat Untuk Mengejar Mimpi yang Tertunda "