Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menemukan Service Motor Terdekat yang Amanah

Tips Menemukan Service Motor Terdekat yang Amanah

Tips Menemukan Service Motor Terdekat yang Amanah - Banyaknya bengkel motor menjadi kemudahan bagi pemilik motor untuk menservice kendaraannya. Dan, kebanyakkan mereka memilih mengunjungi bengkel terdekat dari rumah.

Salah satu alasan memilih Service Motor Terdekat dari rumah adalah jika terjadi masalah dengan kendaraan, kita bisa dengan cepat menghubungi pemilik bengkel karena sudah saling mengenal. Bahkan, tak jarang seorang pelanggan meminta pemilik bengkel untuk mengambil motor yang akan diservice di rumah.

Saya pribadi untuk urusan motor tidak terlalu pusing,  soalnya kakak dan anak saya membuka usaha bengkel. Jadi, service motornya tidak hanya terdekat bahkan paling dekat karena ada dalam satu rumah. Sehingga urusan perbengkelan saya serahkan pada mereka. Tetapi, yang sering saya alami yaitu kalau sudah bilang motor perlu di service pada mereka, dijawab iya. Tetapi, untuk memperbaikinya nanti dan nanti. Bahkan, sampai mogok kehabisan oli. Ini parah kan? Alasan mereka sih masih menyelesaikan motor orang lain. Dan, menomer dua kan motor sendiri.

Meskipun urusan service motor saya tidak masalah, tetapi saya juga mengetahui apa saja yang perlu dilakukan untuk merawat sepeda motor supaya awet dan tidak terjadi kendala saat digunakan. Oh ya, saya semenjak remaja sudah menggunakan motor untuk aktivitas harian. Dulu sebelum motor matic muncul, masih motor dua tak dan empat tak saja untuk bebek. Kalau sekedar membersihkan dan menganti busi motor, saya bisa melakukan sendiri. Begitu juga untuk menambah air accu. Sementara untuk ganti oli biasanya langsung di tempat beli oli yang menyediakan gratis ganti oli (ini sebelum dirumah buka usaha bengkel ya). Ketika muncul motor matic, saya jadi lemot soal mesin, karena untuk perbaikan kecil saja harus buka ebek (bahasa Indonesianya apa ya) motor.  Pokoknya penutup rangka mesin itu lho.

Perawatan sederhana pada motor

Tentunya kita tidak ingin motor kita cepat rusak kan? Apalagi mengalami kerusakan parah yang harus mengeluarkan uang cukup banyak untuk perbaikan. Supaya hal itu tidak terjadi, maka motor pun perlu dirawat untuk meminimalisir kerusakan. Dan, uang untuk service bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya. Berikut perawatan sederhana harian pada sepeda motor.

1. Cek tekanan angin

Cek tekanan angin setiap hari terutama sebelum mengendarai motor apalagi akan digunakan untuk jarak jauh. Ban yang kekurangan angin akan mudah bocor apalagi kalau motor digunakan untuk mengangkut barang berat. Sekali ban bocor meskipun sudah ditambal biasanya akan bocor kembali dalam waktu yang tidak lama. 

Selain itu pengecekan angin juga membantu shockbeker lebih awet karena mengurangi tekanan pada shockbeker.

2. Ganti oli secara rutin

Rutin menganti oli mesin motor akan membuat mesin lebih awet karena bagian dalam mesin tidak terjadi gesekan antar komponen. Biasanya jadwal rutin menganti oli adalah setelah menempuh jarak 2000 km atau pemakaian sekitar dua bulan. 

Jadwal ini bisa berubah kalau motor digunakan untuk perjalanan jauh. Maka, setelah sampai rumah, oli mesin perlu segera diganti.

3. Cek kelistrikan

Kelistrikan merupakan salah satu komponen utama motor yang bersumber dari aki. Saat kelistrikan motor bermasalah maka akan membuat masalah komponen yang terhubung, seperti starter, lampu dan bel. Dulu meskipun starter mati, masih mudah menggunakan starter kaki karena hanya tinggal engkol saja. Sekarang motor matic ampun kalau harus pakai starter engkol, karena posisi motor harus di standarkan dan itu bagi saya cukup kesulitan.

Untuk menjaga kelistrikan awet adalah dengan rutin mengecek ketersedian air accu, jika menggunakan aki basah. Sementara, untuk yang menggunakan aki kering bisa dengan menggunakan starter engkol saat pagi hari untuk menyalakan motor.

4. Servis rutin

Jika ketiga hal di atas sudah dilakukan, bukan berarti motor tidak perlu diservice. Usahakan beberapa bulan sekali cek motor kita ke bengkel minimal untuk membersihkan karburator motor. Biasanya dilakukan bersamaan dengan ganti oli.

Saat berada dibengkel, minta mekanik untuk mengecek komponen motor yang lain. Apakah ada masalah atau tidak. Hal ini untuk mencegah terjadinya kerusakan lebih parah.

Meskipun di rumah sudah ada tukang service motor, bukan berarti saya tidak pernah pergi ke bengkel lain. Biasanya hal ini saya lakukan ketika berada jauh dari rumah, lha iya masa saat motor kita mogok di jalan dan jauh dari rumah, kita harus ngerepoti orang rumah. Kalau misalnya kerusakan nya ringan, ya saya pilih ke bengkel motor terdekat dari tempat mogok. Tetapi, jika kerusakan parah dan butuh bongkar mesin, saya memilih telepon orang rumah untuk dijemput. Dan, motornya distep untuk pulang.

Tips Menemukan Service Motor Terdekat yang Amanah

Tips Menemukan Service  Motor Terdekat yang amanah

Bicara tentang bengkel, sebagai pengguna tentunya kita berharap setelah menservice motor, maka motor akan bisa digunakan kembali. Tetapi, pada kenyataannya ada beberapa bengkel yang masih nakal. 

Kenakalan bengkel biasanya saya dengar dari konsumen kakak saya. Mereka bilang kalau motornya baru satu minggu dari bengkel si A, tapi sudah rusak lagi. Ada lagi bengkel yang suka bilang onderdil motor rusak dan harus diganti. Tetapi pada kenyataannya orderdilnya tidak apa-apa. Hal itu hanya alasan bengkelnya saja. Ini tentu membuat rugi konsumen karena harus mengeluarkan uang dua kali untuk service motor. 

Memang ada beberapa bengkel yang melakukan kecurangan dalam perbaikan. Tetapi, bukan berarti semua bengkel melakukan hal yang sama. Masih banyak servis motor terdekat yang profesional dan amanah. Berikut tips untuk menemukan service motor terdekat yang amanah agar tidak berkali-kali melakukan perbaikan kendaraan.

Salah satu bengkel yang amanah adalah Planet Ban. Planet Ban adalah toko ritel yang mengkhususkan diri dalam menyediakan susu cadang yang berkualitas tinggi bagi sepeda motor. Dengan didukung oleh produk dan teknis yang canggih, sehingga proses servis menjadi lebih cepat, efisien dan tentunya lebih hemat.

Tips Menemukan Service Motor Terdekat yang Amanah

Berikut tips menemukan service motor terdekat yang amanah:

1. Bertanya pada teman dan tetangga

Tetangga dan teman adalah orang-orang yang dekat dengan diri kita. Ada baiknya sebelum melakukan service kendaraan bertanya-tanya terlebih dahulu kepada mereka tentang service motor terdekat yang amanah dan profesional.

Berdasarkan pengalaman mereka, kita akan mengetahui bengkel mana yang baik dan tidak baik.

2. Melihat rating di google map

Saat ini sudah banyak bengkel yang terhubung ke internet. Mereka sudah memasang alamat bengkel di google map. Kita bisa melihat review di google map tentang bengkel tersebut. Apakah banyak komentar positif atau negatif.

Meskipun review di google map tidak sepenuhnya benar. Akan tetapi, sedikit banyak kita bisa mengetahui pelayanan di bengkel tersebut.

3. Menggunakan media sosial untuk mencari informasi

Malu bertanya sesat di jalan. Jika, tak ada teman yang bisa ditanyai tentang bengkel yang profesional dan amanah. Maka, cobalah menggunakan media sosial untuk menemukan bengkel sesuai keinginan kita.

Saya beberapa kali menemui postingan yang menanyakan keberadaan suatu bengkel di group facebook. Ruang lingkupnya biasanya satu daerah yang terdiri dari beberapa kecamatan. Ada yang bertanya tempat perbaikan shockbeker, ada yang bertanya tentang bengkel khusus dua tak yang bagus. Dan, respon anggota grup pun cukup baik, dengan memberitahukan letak bengkel sesuai pengalaman masing-masing.

Itu tadi sedikit tips Menemukan Service Motor Terdekat yang amanah. Asal kita mau berusaha mencari tahu pasti akan menemukannya. Semoga kendaraan teman-teman selalu mandali, sehingga bisa menikmati keseharian masing-masing.

21 komentar untuk "Tips Menemukan Service Motor Terdekat yang Amanah"

  1. Memang penting itu, nyari tempat servis motor terdekat yang amanah. Yang ngerjain sepenuh hati...

    BalasHapus
  2. Media sosial sekarang memang sengaruh itu sih untuk mencari apapun, termasuk service motor yang amanah. Dari medsos kita bisa tau lokasinya, foto-fotonya biar tau situasi di sana terus ratingnya juga. Biasanya pelanggan sebelumnya ngasih rating atau komentar, bisa dilihat dari sana apakah pelayanannya oke dan amanah atau tidak.

    BalasHapus
  3. Aku juga kalau mau service motor di tempat baru, nyari referensi di google dan lihat reviewnya. Takut aja kita kena getok harga hihi. Itulah pentingnya mencari referensi yang tepat untuk mencari tempat service motor yang amanah.

    BalasHapus
  4. Baca ini, jadi inget belum service motor lagi. Sudah waktunya ganti oli sih, ini.
    Biasanya memang ke tempat service motor terdekat. Namun, tetap pilih yang terbaik dan terpercaya.

    BalasHapus
  5. Service motor ini penting banget untuk kita yang kerjanya menggunakan sepeda motor. Seperti suami saya nih, sehingga setiap bulan wajib service motor. Nah kebetulan di dekat rumah kami juga ada langganan bengkel

    BalasHapus
  6. Memiliki kendaraan pribadi seperti motor tentu membawa banyak manfaat. Namun, kendaraan tersebut juga membutuhkan perawatan rutin agar tetap dalam kondisi prima. Salah satu cara untuk merawat motor adalah dengan membawanya ke bengkel service.

    Menemukan bengkel service yang amanah dan terpercaya bisa menjadi suatu hal yang rumit, terutama bagi kamu yang baru pindah ke suatu daerah.

    BalasHapus
  7. Untunglah selama ini aku sudah menitipkan motor untuk diperbaiki di tangan yang tepat. Planet ban ini ternyata dimana-mana ada ya kak

    BalasHapus
  8. Seketika saya geli juga, Mba. Sering gitu, ya, dalam hubungan persaudaraan. Iya-in-ya cepat tetapi pelaksanaannya sering tertunda. Btw, demi kelancaran penggunaan sepeda motor emang mesti banget kita tahu informasi bengkel terdekat sih.

    BalasHapus
  9. Karena sepeda motor ini sudah seperti teman dalam keseharian, emang penting sekali tentang perawatannya menjadi prioritas.

    BalasHapus
  10. appaun jenis motornya mau yang matic apa tidak, perawatan mesin dengan cara service dan ganti oli teratur menjadi salah satu kunci merawat motor yang baik. Apalagi, jika sudah emnemukan temat service terpercaya dan dekat dari rumah, iyain aja

    BalasHapus
  11. Terimakasih tipsnya buat aku yang tahunya cuman ganti oli, ngjsi bensin, sama nambah angin berguna banget. Biasanya kalau servis semua diserahin ke tukang bengkel langganan, manut aja. Hehe. Tapi beneran loh kadang ternyata ada bengkel nakal yang pengennya kita servis motor biar enak dipakai, eh abis dari sana malah makin nggak nyaman digunakan.

    BalasHapus
  12. adanya servis motor yang lokasinya terjangkau dengan tempat tinggal, jadinya lebih memudahkan untuk secara berkala melakukan pengecekan. dengan begitu kan gak ada alasan lagi untuk malas servis motor ya hehe

    BalasHapus
  13. servis motor itu kayak check up rutin kesehatan kita ya, bahkan bisa jad nih lebih sering ke servis motor ya daripada ke lab untuk checkup rutin heheh.
    cara nomor 3 itu udah gak terbantahkan dah, bahkan malah sekarang kayaknya orang nyarinya ke sosmed atau internet dulu dah sebelum phone friend, tanya teman atau tetangga :D

    BalasHapus
  14. aku termasuk cuek sama urusan perawatan motor, padahal sadar diri kalau motor yang dikendarai sudah waktunya servis
    kalau udah nggak enak dipake, baru berangkat ke bengkel.
    bahkan dulu pernah sampe oli motor habis, untung motornya masih bisa jalan
    kalau tekanan angin yang paling sering aku isi, soalnya kalau bannya terlalu empuk, jalannya kayak mleyot-mleyot

    BalasHapus
  15. Saya juga suka k Planet Ban cabangnya ada di mana mana dan terpercaya soal harga terjangkau pula

    BalasHapus
  16. judulnya menarik nih. Apalagi buat perempuan yang kadang taunya pake aja tanpa tau rusaknya apa. Maka penting banget cari tempat servis motor yang amanah dan nggak dibohongin.

    BalasHapus
  17. Memang kamu nggak mau susah menentukan bengkel yang amanah. Kadang kita diakalin masalah sparepart yang mau diganti. Tepat sekali artikel ini mengatakan bisa melihat review Google untuk melihat penilaian yang udah pernah bengkel di sana. Atau bisa juga menggunakan rekomendasi dari teman sebagai pertimbangan memilih bengkel. (Padil)

    BalasHapus
  18. Saya nih tipe yang mager kalau service motor jauh dari rumah wkwwk
    terima kasih tipsnya ya, walaupun di dekat rumah, kadang terlewat nih, rekom tetangga biasanya lebih valid ya

    BalasHapus
  19. Service motor di bengkel non resmi memang sering jadi dilema. Kalau di tempat resmi sering kena rekomendasi ganti ini-itu dengan sparepart yang ori (yang tentu harganya mahal), di bengkel non resmi isunya adalah skill. Memang harus banyak tanya informasi ke yang lebih ahli mana bengkel yang bagus.

    BalasHapus
  20. Seneng banget kalau ada bengkel yang amanah, komplit layanan dan produknya, plus dengan service memuaskan di dekat rumah. Service motor jadi semakin rajin.

    BalasHapus
  21. Wah bermanfaat banget nih tipsnya aku tuh bisanya pakai motor doank tapi males service hehehe pdhal service motor tuh penting banget ya

    BalasHapus