Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Sumber Pendapatan Blogger yang Perlu Diketahui

7 Sumber Pendapatan Blogger  yang Perlu Diketahui
Source: koleksi pribadi

Bicara tentang pendapatan blog, jujur saya belum seberapa ya. Karena memang saat ini ngeblog masih sebagai tempat untuk menuangkan hobi menulis. Belum bisa full time sebagai blogger.

Pada dasarnya semua keahlian asal ditekuni dan dikembangkan, lama-lama akan membuahkan hasil juga. Begitu juga ngeblog. Pada awalnya saya pun membuat blog juga sekedar iseng saja, belum tahu kalau blog itu bisa menghasilkan uang. Hanya sekedar menulis saja. Tetapi, setelah lama berteman dengan para blogger dari berbagai daerah, baru deh tertarik ingin mendapatkan uang dari blog juga.

Bagi saya saat ini pendapatan dari blog itu merupakan bonus tambahan, yang penting bisa menutupi biaya untuk membayar domain. Karena manfaat lain yang saya dapat jauh lebih banyak, saya mendapat banyak ilmu saat ngeblog. Bertambah juga jaringan pertemanan yang tentu saja juga membuka peluang rejeki yang lain.

5 Sumber Pendapatan Blogger 

1. Google Adsense

Saat kita mencari informasi tentang sesuatu hal di internet pastinya pilihan pertama adalah google. Yup,  Google lah tempat kita menemukan solusi dari berbagai pertanyaan. Saat mengunjungi sebuah website atau blog, sering kita melihat beberapa iklan yang ada di halaman website tersebut. Nah, itu yang dinamakan Google Adsense.

Google adsense adalah sebuah layanan dari Google dimana sebuah blog bisa menghasilkan uang dengan menampilkan iklan. Singkatnya Google adsense adalah jembatan antara pemilik blog dan pengiklan yang ingin menampilkan iklan produknya di blog kita. Sebagai imbalan pemilik blog akan menerima uang dari iklan yang diklik oleh pengunjung.

Teman-teman tentu bertanya, kenapa blog ini tidak ada iklannya berarti belum dipasang Google adsense? Benar sekali, blog ini memang belum saya pasang iklan adsense karena berbagai pertimbangan. Salah satunya karena trafficnya baru ratusan perhari. Jadi, kalau dipasang iklan entah berapa tahun baru bisa ditarik uangnya (Google adsense bisa ditarik saat saldo sudah mencapai minimal $100 ). 

7 Sumber Pendapatan Blogger  yang Perlu Diketahui
Source: pixabay

2. Content Placement 

Content Placement adalah strategi pemasaran digital dengan cara menempatkan content berupa artikel di sebuah website atau blog. 

Isi content placement biasanya review, testimoni dan edukasi produk atau jasa. Sementara untuk penulisan artikel bisa dilakukan oleh pemilih website. Bisa juga disediakan oleh pihak pengiklan. Jadi, pemilik website tinggal posting saja artikel yang sudah disediakan. Tentu saja dengan harga yang berbeda.

Sehingga banyak para blogger yang bisa mendapatkan tambahan pendapatan dari content placement ini. Untuk rate nya tergantung dari kualitas website itu sendiri.

3. Tambahan pendapatan dari affiliasi

Website juga bisa digunakan sebagai media affiliasi suatu produk atau jasa. Affiliasi yaitu kerja sama antara dua pihak untuk memasarkan produk atau jasa secara online.

Cara menjadikan website sebagai affiliasi produk atau jasa yaitu terlebih dulu kita mendaftarkan website atau blog kita ke pada perusahaan atau pihak lain yang membuka jasa affiliate. Misalnya marketplace, bisa juga theme blog atau website. Setelah website kita terdaftar dan disetujui pihak affiliate, kita tinggal mempromosikan barang atau jasa di website dengan menyertakan link pembelian.

Ketika ada orang yang membeli barang atau produk melalui link referensi yang kita bagikan, maka kita akan mendapatkan pendapatan sekian persen dari pembelian. Untuk besarnya tergantung dari masing-masing produk yang ditawarkan, bisa 5%, 10% dan lain sebagainya dari harga penjualan.

4. Lomba blog

Blogger juga bisa mendapatkan pendapatan dari lomba blog. Saat ini sering sekali diadakan lomba blog yang diadakan oleh perusahaan atau brand besar. Besaranhadiahnya bervariasi, tergantung dari siapa penyelenggara lomba. Mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah.

Teman-teman bisa mengikuti lomba blog jika ingin mendapatkan pendapatan tambahan dari blog. Tentu saja akan banyak saingannya. Untuk itu kita harus membuat artikel sebaik mungkin supaya bisa menang lomba. Saya pribadi belum pernah menang lomba blog dalam suatu kontes. 

5. Menjual Produk sendiri

Blog bisa juga digunakan sebagai sarana untuk memasarkan produk kita sendiri. Tetapi diusahakan produk yang dijual juga sesuai dengan niche blognya. Seperti blog saya ini dengan niche yang dominan tentang dunia literasi, bisa digunakan untuk memasarkan buku karya sendiri. Berhubung belum punya buku, jadi tidak ada yang produk yang dipasarkan di blog ini.

6. Review Produk

Review produk hampir mirip dengan content placement. Untuk review produk ini biasanya isi artikel berdasarkan pengalaman pribadi kita setelah menggunakan produk atau jasa tersebut. 

Pendapatan blog dari review produk ini terjadi setelah ada kesepakatan antara dua belah pihak. Apakah barter dengan produk ataukah berupa uang untuk pengganti penulisan artikel yang di posting di blog.

7. Pendapatan dari event

Blogger juga bisa mendapat tambahan pendapatan dari mendatangi event dari suatu brand. Tentu saja setelah ada undangan yang menghampiri kita. Biasanya teman-teman blogger di Ibu kota sering menghadiri event-event, misalanya peluncuran mobil, ponsel, laptop atau pun event-event lainnya yang diselenggarakan oleh perusahaan besar.

Sementara untuk blogger daerah harus berpuas diri sebagai penonton keseruan teman-teman blogger menghadiri event. Sebenarnya blogger daerah juga bisa menghadiri event ya asalkan mau keluar uang untuk ongkos sendiri ke tempat event, hahaha. Kalau saya yang lebih sayang uangnya ya, mungkin akan berubah pikiran kalau ongkos ditanggung event.

Yups itu tadi 7 sumber pendapatan blogger yang perlu diketahui. Sebenarnya masih ada beberapa seperti penampilan iklan selain adsense ya, tetapi saya kurang paham. Semoga tulisan singkat ini bisa membantu menjawab pertanyaan teman-teman tentang sumber pendapatan bloh itu dari mana saja.


Posting Komentar untuk "7 Sumber Pendapatan Blogger yang Perlu Diketahui"