Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilih Memakai Kacamata atau Soflens? Yuk, Ketahui Kekurangan dan Kelebihannya

Pilih Memakai Kacamata atau Soflens
Source: Unsplash

Memilih memakai kacamata atau soflens memang tergantung masing-masing orang. Tetapi, sebelum memutuskan memakainya sebaiknya mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya masing-masing alat bantu penglihatan tersebut.

Saya pribadi sudah cukup lama sebenarnya mengetahui permasalahan di mata saya yaitu berkurangnya kemampuan melihat jauh. Dulu sewaktu masih sma dan duduk di bangku paling belakang, saya tidak bisa membaca tulisan di papan tulis. Sehingga saya memilih duduk di bangku deretan depan. Tetapi, hal itu saya biarkan saja hingga bertahun-tahun.

Hingga beberapa tahun lalu saya memutuskan membeli kaca mata. tentu saja kaca mata minus ya. Namun, meskipun sudah memiliki kaca mata, saya masih enggan untuk memakainya. Hanya memakai si saat-saat tertentu saja. Misalnya saat mengendarai sepeda motor atau membaca. Hal ini disebabkan karena saya merasa pusing dan sakit di pelipis mata tempat kaca mata menempel. Mungkin karena belum terbiasa saja sih.

Sempat terbesit memakai soflens karena menurut saya kok praktis gitu. Tetapi, setelah membaca beberapa literatur tentang soflens akhirnya berpikir ulang kembali untuk memakainya. Ternyata pemakaian soflens itu tidak sesimpel seperti yang kita lihat, tetapi juga perlu perawatan supaya tidak merusak mata. Ada nggak teman-teman nih yang juga masih bingung memilih memakai kacamata atau soflens nih? Yuk, cari tahu dulu kelebihan dan kekurangan masing-masing alatnya dulu!

Fungsi Kacamata dan Soflens

Kacamata dan soflens atau biasa disebut lensa kotak pada dasarnya memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai alat bantu penglihatan bagi yang membutuhkan. Baik itu yang minus, plus maupun silinder. Hanya bentuk fisik kedua alat bantu penglihatan saja yang berbeda.

Pilih Memakai Kacamata atau Soflens
Sources: unsplash

Perbedaan Kacamata dan Soflens

A. Kacamata

1. Kelebihan Kacamata

a. Lebih mudah dipakai dan dilepaskan. 

Kacamata mudah dipakai dan dilepaskan saat kita merasa mata tidak nyaman. Untuk membersihkan pun kaca mata juga lebih mudah yaitu tinggal mengelap dengan kain halus atau kalau perlu mencuci dengan air.

b. Wajah menjadi lebih berkarakter

Berbagai bentuk kacamata mulai dari bundar, oval, kotak dan bentuk lainnya akan membuat wajah pemakai lebih berkarakter. Tetapi, sebelum memilih bentuk kacamata perlu disesuaikan terebih dahulu frame kacamata dengan bentuk wajah masing-masing pemakai.

c. Menghindari mata dan debu

Kacamata yang dipakai menutupi mata selain berfungsi membantu penglihatan, kacamata juga berfungsi untuk melindungi mata dari debu, sinar matahari dan polusi. Selain itu memakai kaca mata saat musim dingin atau dalam ruangan berAC akan mencegah mata pedih karena kering.

2. Kekurangan Kacamata

a. Mudah berembun 
Saat berada di lingkungan panas atau makan makanan panas akan membuat kacamata lebih mudah berembun. Hal ini tentu akan mengganggu penglihatan kita dan membuat kita tidak nyaman.

b. Tidak nyaman
Bagi yang baru memakai kacamata pasti akan merasa kurang nyaman saat memakainya. Karena kacamata menggantung di telinga, ada juga bagian yang menempel di hidung. Tetapi, kalau sudah terbiasa akan biasa saja.

c. Mudah pecah
Namanya saja sudah kacamata maka otomatis bahannya juga dari kaca yang rawan pecah saat terjatuh. Untuk itu kita perlu berhati-hati saat memakai atau pun menyimpan kacamata supaya tidak jatuh.

B. Soflens

1. Kelebihan Soflens

a. Lebih percaya diri 
Saat ini soflens sudah tersedia dengan berbagai warna pilihan dan ukuran diameter. Sehingga saat dipakai akan memberi membuat mata menjadi indah bercahaya dan bulat. Hal ini tentu akan meningkatkan rasa percaya diri pemakainya.

b. Penglihatan menjadi lebih baik
Tidak ada jarak antara mata dengan soflens membuat penglihatan menjadi lebih baik. Selain itu sudut pandang mata juga makin melebar karena lensa soflens yang menempel langsung pada mata.

c. Lebih bebas beraktivitas
Memakai kaca mata seringkali menghambat aktivitas kita terutama saat olahraga dan mobilitas tinggi. Dengan memakai soflens, kita lebih bebas beraktivitas atau pun olahraga. Namun, pastikan membawa peralatan soflens saat di luar rumah, sehingga saat tidak nyaman memakai soflens, kita bisa langsung melepas dan meneteskan tetes mata.

d. Lebih nyaman
Soflens terletak menempel langsung pada mata, lebih tepatnya di atas kornea mata. Sehingga pemakai soflens lebih nyaman daripada memakai kacamata yang menggantung di telinga.

2. Kekurangan Soflens

a. Bisa menyebabkan iritasi mata
Penggunaan soflens yang terlalu lama dan terjadi kesalahan dalam perawatannya bisa menjadi sumber penyakit pada mata. Alih-alih membantu penglihatan, bisa jadi soflens menjadi penyebab iritasi pada mata yang cukup serius.

b. Membutuhkan perawatan extra
Berbeda dengan kacamata yang mudah dalam perawatanya, soflens membutuhkan perawatan yang lebih teliti dan lebih sulit. Jika, salah dalam perawatan, soflens justru bisa menjadi tempat tumbuhnya virus dan kuman yang bisa mengganggu kesehatan mata.

c. Mata kekurangan oksigen
Penggunaan soflens terlalu lama akan membuat mata kering dan kekurangan oksigen. Hal ini bisa menyebabkan gangguan pada mata seperti iritasi, edema kornea, infeksi dan gangguan serius pada mata lainnya.

d. Memiliki resiko koyak pada mata
Soflens yang kita gunakan bisa saja koyak saat dipakai. Misalnya tidak melepas soflens saat tidur atau tidak memakai obat tetes mata khusus untuk soflens. Soflens yang masih dipakai saat tidur bisa berpinah-pindah temapt di dalam mata. Dan, ini bisa saja koyak. Koyaknya soflens di dalam mata tentu sangat berbahaya bagi mata kita karena akan melukai mata kita. Untuk itu jangan pernah lupa melepas soflens saat akan tidur.

Itu tadi kelebihan dan kekurangan kacamata dan soflens. Setelah mengetahuinya, teman-teman memutuskan memakai kaca mata atau soflens nih? Pilih sesuai kebutuhan dan tentu saja kenyamanan masing-masing ya.






Referensi
1. https://www.tokopedia.com/blog/kacamata-vs-softlens-mana-yang-lebih-baik/

 



Posting Komentar untuk "Pilih Memakai Kacamata atau Soflens? Yuk, Ketahui Kekurangan dan Kelebihannya"