Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terima Kasih 2023 dan Resolusi 2024 Lebih Semangat Menulis

Terima Kasih 2023 dan Resolusi 2024 Lebih Semangat  Menulis
Source: pixabay.com 
Hari berlalu begitu cepat. Perasaan baru kemarin tahun baru 2023. Tanpa terasa saat ini, kita sudah berada di tahun 2024. Ya, waktu memang begitu cepat berlalu, suka atau tidak suka, waktu tetap berjalan.

Begitu cepatnya waktu, terkadang membuat kita lupa kalau umur kita juga bertambah angkanya. Ini berarti, jatah kita tinggal di dunia juga semakin berkurang. Ada rasa senang dan juga susah. Pernah merasa kehilangan, namun tergantikan dengan cara yang tak terduga.

Banyak tawa juga tangis yang membuat kita makin mengerti tentang kehidupan ini. Bawasannya apa yang kita inginkan tidak bisa selamanya kita wujudkan. Ada batas-batas tertentu yang harus kita pahami yaitu rasa syukur atas segala yang sudah kita miliki.

Terimakasih tahun 2023

Bagi saya di tahun 2023 sangat banyak hal yang saya temui dalam dunia literasi. Berbagai kejutan yang sebelumnya tidak pernah saya bayangkan datang menghampiri begitu saja. Berikut beberapa keberhasilan saya di dunia menulis:

1. Di bulan Juni saya mendapatkan $100 pertama dari ngeblog..

Saya mendapat $100 pertama dari intellifluence yaitu marketplace nya para influencer dan blogger. Padahal sudah cukup lama saya mempunyai akun di marketplace ini. Namun, untuk apply job yang ditawarkan, saya masih ragu. Karena takut tidak memenuhi syarat. 

Iseng-iseng saya apply job bulan Mei dan ternyata di approve setelah tiga hari pengajuan. Dan, ketika naskah disetorkan, dua minggu kemudian gajian di bulan Juni.

2. Mendapat hadiah dari KEB memperingati Hari Blogger kategori update terajin.

Menulis 1000 kata itu biasanya saya lakukan sekitar 3 hari. Bahkan, bisa ─»uga lebih kalau tulisan itu bukan untuk job. Sifat yang mestinya perlu dihilangkan, tetapi ternyata sangat susah sekali.

Singkatnya ada event di KEB (Kumpulan Emak Blogger) untuk memperingati hari blogger bulan Oktober 2023 dengan mengadakan one day one post selama 7 hari. Tetapi, harus ditulis 1000 kata. Sempat ragu untuk ikut, tetapi mencoba mengalahkan rasa takut sendiri dan alhamdulillah bisa menyelesaikannya dan mendapat bonus apresiasi sebagai blogger terajin untuk ikut chachallenge.

3. Mendapat beberapa job 

Katanya rezeki itu akan datang sendiri tinggal kita mau menjemputnya atau tidak. Beberapa job yang mampir di tahun 2023 tentu bukan datang begitu saja pada diri saya. Ada job yang terlewat karena telat mengetahui penawarannya. Ada job yang datang tapi saya ragu untuk mengisi form karena takut tidak diterima.

Ada juga job yang datang pada saat sayq online dan pada waktu pengajuan diterima. Itulah rezeki manusia yang bisa datang dan pergi begitu saja. Kalau memang rezeki itu sudah jatah kita, maka akan ada yang menggerakan kita untuk menjemputnya 

Resolusi di 2024

Awal tahun selalu berharap bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari tahun lalu terutama dalam dunia literasi. 

1. Memisahkan pendapatan menulis

Selama ini sayq masih mencampur pendapatan menulis dengan pendapatan lainnya di satu rekening. Jadi, seolah uang hasil menulis itu hilang begitu saja. Padahal ada hasilnya yang cukup lumayan. Dan, mulai akhir tahun 2022, saya memisahkan pendapatan dari menulis ke dalam satu rekening. Berharap kegiatan ini bisa terus dilakukan tahun-tahun seselanjutnya.

2. Mencatat pendapatan dari Menulis

Akhir tahun saatnya tutup buku termasuk para blogger. Biasanya ada yang posting penghasilan selama setahun dari menulis. Sementara, saya sibuk mengingat-ingat jumlah uang yang saya dapat dari menulis. 

Untuk itu, mulai tahun ini saya berniat mencatat penghasilan dari menulis, meskipun saat akhir tahun hanya tertinggal catatannya. Paling tidak ada bukti kalau menulis itu juga bisa menghasilkan uang. 

Selain itu dengan mencatat job yang pernah dikerjakan bisa berguna juga untuk menambah portfolio cv kita.

4. Lebih semangat menulis

Seperti tahun-tahun sebelumnya, awal tahun 2024 saya juga berkeinginan supaya lebih semangat lagi untuk menulis baik di blog maupun aktivitas literasi yang lain.

Setiap pergantian tahun akan menyisakan kenangan yang bisa diambil hikmah. Dan juga akan ada harapan untuk lebih baik di tahun yang baru dijalani. Terima kasih 2023, tetaplah menjadi kenangan dan mari menjemput asa di tahun 2024 untuk hidup yang lebih baik.

 


Posting Komentar untuk "Terima Kasih 2023 dan Resolusi 2024 Lebih Semangat Menulis"