Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Decluttering Digital Mampu Meningkatkan Performa Ponsel

Decluttering Digital Mampu Meningkatkan Performa Ponsel


Decluttering Digital Mampu Meningkatkan Peforma Ponsel - Trend hidup minimalis mulai banyak dilakukan banyak orang. Salah satu satu caranya adalah dengan melakukan decluttering barang-barang yang ada di rumah. 

Sering saya membeli sesuatu itu bukan karena membutuhkan tetapi karena tertarik membeli, bisa dusebabkan bentuknya yang unik, model nya bagus. Akibatnya banyak barang mengganggur dan hanya ditumpuk saja. Padahal, andaikan kita hanya membeli barang yang diinginkan, pasti tidak akan ada barang yang menumpuk yang tidak digunakan.

Beruntung saat ini banyak orang yang tidak ingin menumpuk barang yang tidak berguna dan jarang dipakai. Sehingga mereka melakukan decluttering terhadap barang-barang tersebut.

Pengertian Decluttering

Declutettering adalah upaya untuk menyingkirkan barang-barang yang tidak terpakai di rumah. Hal ini bukan berarti membuang semua barang-barang di rumah, tetapi memilah barang mana yang perlu untuk disimpan dan mana barang yang tidak perlu untuk dibuang.

Ternyata decluttering tidak hanya terjadi pada barang-barang dirumah saja. Tetapi decluttering juga perlu dilakukan terhadap barang-barang digital kita. Ini juga bukan berarti kita membuang barang-barang digital kita lho. Aktivitas decluttering terhadap barang-barang digital disebut decluttering digital.

Decluttering digital adalah aktivitas untuk membersihkan komputer, tab, ponsel dari berbagai aplikasi dan file yang jarang atau bahkan tidak dibutuhkan lagi.

Dunia digital bagi sebagian besar orang sudah menjadi dunia kedua. Dunia yang hanya ada di depan layar tanpa bisa diajak berjabat tangan langsung, namun luasnya sampai seluruh dunia.

Tanpa sadar saat kita sedang beraktivas online baik secara sengaja atau pun tidak sengaja mengunduh file untuk suatu keperluan. Lama-kelamaan file-file tersebut menumpuk semakin lama semakin banyak. 

Saya termasuk salah satu yang suka download atau screnshoot foto yang bermanfaat, seperti info kesehatan, tips dan lain-lainnya. Tujuannya sih supaya nanti mudah menemukan jika ingin mencari informasi. Tetapi pada kenyataannya, pada saat mencari foto atau file yang dibutuhkan saya kesulitan untuk menemukannya. Hal ini karena terlalu banyaknya foto yang ada di galeri ponsel. 

Belum lagi saat merekam untuk bahan membuat konten. Itu bisa dilakukan berulang kali. Tetapi tidak semuanya bisa digunakan karena berbagai alasan. Dan, itu juga lama kelamaan akan mengurangi kapasitas memori di ponsel saya.

Manfaat Decluttering Digital

1. Mampu meningkatkan performa ponsel

Pernah merasa kalau ponsel kita mulai terasa lambat loading nya, baik saat membuka aplikasi itu bisa disebabkan karena memori ponsel kita terlalu over. Hal ini berakibat ponsel menjadi lemot. 

Dengan melakukan decluttering digital bisa meningkatkan performa ponsel kembali tanpa terkendala lemot.

2. Memudahkan kita menemukan file yang dibutuhkan

Dengan melakukan decluttering, kita akan membuang file yang tidak berguna dan hanya menyimpan file yang masih digunakan saja. Selain itu decluttering juga akan memisahkan file berdasarkan pengelompokkan nama file.

3. Decluttering media sosial membuat kita mudah mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Pertemanan di media sosial yang random sering membuat kita terlewatkan info penting. Untuk itu decluttering digital perlu dilakukan untuk memilih pertemanan yang mendatangkang manfaat bagi kita.

4. Menjaga kesehatan mental kita

Banyaknya informasi yang ada di dunia digital terkadang membuat kita ikut pusing memikirnya. Sering gemes saat mendengar berita aneh-aneh. Dengan decluttering digital membantu menyeleksi informasi yang memang sesuai dengan keinginan kita.

Dengan adanya filter informasi membuat kesehatan mental kita tetap terjaga dari informasi yang tidak bermanfaat.

Cara Decluttering Digital pada Ponsel 

1. Mulai memilih file dokumen yang ada di ponsel.

Langkah ini bisa dimulai dari galeri. Lihat berapa banyak foto dan video yang ada di galeri yang mungkin sudah dibutuhkan lagi. Pilih foto dan video yang masih digunakan. Lalu hapus foto dan video yang sudah dibutuhkan lagi.

2. Back up foto dan file penting

Foto kenangan atau file penting akan sangat berguna jika diperlukan nantinya. Untuk menjaga foto dan file penting tidak hilang atau terhapus saat ponsel mengalami trouble bisa dengan cara memindahkan file tersebut ke Google Drive, icloud atau ke hard disk.

Untuk foto bisa juga dengan mencetaknya kemudian ditaruh di album foto. Sehingga mempermudah kita saat ingin melihatnya.

3. Pisahkan file digital berdasarkan spesifikasinya.

Untuk foto di ponsel kita bisa dengan cara membuat album foto di galeri. Beri nama album sesuai kategorinya. Misalnya foto travelling ke suatu tempat, foto keluarga dan spesifikasi lainnya.

Dengan memisahkan file berdasarkan spesifikasinya akan mempermudah kita saat mencari file tersebut.

4. Uninstall aplikasi yang tidak digunakan

Banyaknya aplikasi akan membuat performa ponsel menurun yang biasanya menyebabkan lemot saat loading. Untuk itu hapus aplikasi yang jarang digunakan. Hal ini akan memperbaiki performa ponsel lebih baik.

5. Bersihkan browser pencarian 

Saat menulis artikel untuk blog, saya biasanya membuka beberapa tab browser pencarian untuk mencari referensi tulisan. Bahkan terkadang sampai diatas 50 jendela browser yang saya buka. Hal itu tentu saja akan membuat ponsel menjadi lemot.

Bersihkan browser pencarian mulai dari history, cache and cookies yang menumpuk akan meningkatkan peforma ponsel kembali.

6. Periksa email dan unsubscribe email yang jarang dibaca

Saat kita mendaftar di suatu situs, biasanya secara otomatis kita terdaftar newsletter dan akan menerima email promosi yang setiap saat masuk. Jika memang tidak membutuhkan newsletter tersebut, cari opsi unsubscribe untuk menghentikan newsletter nya.

7. Periksa akun media sosial

Unfollow akun media sosial yang memberika efek tidak baik untuk diri kita. Misalnya akun yang sering menebar kejahatan, melontarkan perkataan kasar, akun yang sudah tidak aktif lagi dan lain sebagainya.

Dengan melakukan decluttering digital mampu meningkatkan performa ponsel memang benar adanya. Dan, teman-teman bisa mencoba melakukan pada ponsel masing-masing.


Posting Komentar untuk "Decluttering Digital Mampu Meningkatkan Performa Ponsel "