Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menikmati Progres Menulis untuk Terus Belajar

Menikmati Progres Menulis untuk Terus Belajar

Sesuatu yang besar berasal dari kecil yang mengalami progres. Sehingga lama kelamaan bisa semakin besar. Begitu juga dalam menulis, untuk menghasilkan tulisan yang bagus, seorang penulis harus terus berlatih dan menikmati progres menulisnya.

Kata progres biasanya digunakan untuk menggambarkan perkembangan seseorang atas suatu pekerjaan atau pencapaian yang bisa diraih. Meski, sering digunakan, namun banyak yang belum mengerti tentang arti progres, tentu termasuk saya.

Arti Progres

Secara etimologi, kata progres berasal dari Bahasa Inggris yaitu “progress”. Kata ini sudah dipakai sejak abad 14, yang juga diambil dari Bahasa Latin “progressus” yang memiliki arti selangkah lebih maju.

Progres menurut kamus online Bahasa Oxford berarti kemajuan yang dimaksud adalah gerakan menuju kemajuan untuk menggapai suatu tujuan.

Sementara progres menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artinya kemajuan. Kata ini merujuk pada perubahan ke arah kemajuan atau bidang tertentu.

Menikmati progres menulis

Dulu saya hanya suka menikmati tulisan orang lain alias hanya sebagai pembaca saja. Kemudian ada keinginan untuk membuat tulisan juga. Awalnya sih dari cerita kehidupan sehari-hari atau berdasarkan pengalaman saja. Karena jenis tulisan ini menurut saya paling mudah karena menceritakan pengalaman yang pernah dialami.

Pada awal-awal menulis, jangan tanya tentang EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) masih cukup amburadul. Saya belum bisa membedakan penggunaan awalan “di” untuk kata kerja atau menunjukkan tempat, padahal suka membaca. Kondisi yang saya alami ini tentu banyak yang mengalaminya. Suka membaca tapi untuk membuat tulisan sejenis masih bingung. Berkat ikut komunitas kepenulisan saya mulai bisa membedakan penempatan awalan “di”.

Saya suka mencoba berbagai jenis tulisan yang menurut saya bisa dilakukan. Mulai dari cerpen, cernak, novel dan tentu saja belajar tentang blog. Sebagai media belajar, saya ikut beberapa grup kepenulisan dan tentu saja kelas-kelas kepenulisan. Dari berbagai grup dan kelas yang sudah saya ikuti, saya mendapatkan banyak ilmu dan tentu saja ada progres di kepenulisan.

Dulu itu saya kalau menulis di blog, ya hanya sekedar menulis saja. Tetapi, berkat bergabung dengan berbagai komunitas dan kelas blog, saya mulai mengetahui tentang berbagai istilah di blog. Saat ini blog saya cukup lumayan daripada yang dulu, sedikit-sedikit sudah mengenal tulisan SEO, meskipun sering lupa untuk menerapkannya. Meskipun perlahan progress dalam menulis, namun saya sangat bersyukur bisa ada di tahap sekarang ini.

Setiap perubahan dalam suatu bidang itu pasti ada, dan tentunya kita berharap ada kemajuan dari setiap usaha yang kita lakukan. Setiap progres kecil bisa menjadi progres besar asalkan kita berusaha untuk berubah.

Cara mewujudkan progress

Suatu niat atau impian akan terwujud progresnya kalau kita mau berusaha semaksimal mungkin. Berikut beberapa cara mewujudkan progres dalam kehidupan:

1. Tentukan progres yang ingin diwujudkan

Setiap orang memiliki berbagai keinginan dalam kehidupan dan itu wajar adanya. Tetapi,dari sekian keinginan yang ingin diwujudkan, tentukan dulu salah satu progres yang ingin dicapai. Misalnya ingin menjadi konten creator di youtube hingga bisa monet atau menghasilkan uang.

2. Catat setiap progres 

Mencatat progress sejak awal akan memberi kita semangat untuk mewujudkannya. Teruslah mencatat setiap ada progress baru yang berhasil dicapai. Untuk mencatat progres yang sudah dicapai, kita bisa menggunakan berbagai media baik offline maupun online. Misalnya menggunakan buku, handphone, tab, laptop atau media lainnya.

3. Segera mulai

Yang paling bagus dari suatu Impian adalah segera memulai. Jangan menunggu nanti dan nanti. Semakin lama menunda untuk memulai, maka akan muncul rasa kekhawatiran dan rasa takut akan gagal.

Namanya usaha untuk mencapai Impian pasti akan mengalami halangan dan hambatan. Namun, itu hal yang biasa dalam sebuah perjalanan. Yakin saja pasti ada jalan untuk mengatasi segala hambatan yang ada.

4. Pelajari ilmu tentang impian kita

Teori tanpa praktek tentu tidak akan berguna. Begitu juga sebaliknya praktek tanpa ilmu tentu kita akan sulit bertemu jalannya. Untuk itu perlunya kita mempelajari ilmu tentang impian yang ingin diraih. Dengan bekal ilmu yang ada, akan mempermudah kita dalam mewujudkan Impian.

5. Buat target progres

Buat target proges dari tujuan kita. Misalnya seorang konten youtube ingin segera channelnya termonetisasi. Maka, dia harus memenuhi persyaratan monetisasi dari Youtube terlebih dahulu. Buat target untuk memenuhi persyaratan monetisasi dalam waktu sebulan. Dengan adanya target yang sudah kita buat, maka akan timbul semangat kita untuk segera mencapai target tersebut.

6. Berdoa

Iringi setiap usaha yang kita lakukan dengan doa supaya apa yang ingin dicapai bisa terwujud. Doa bisa merubah sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin. Maka, apapun hasil dari suatu usaha, kita akan menerima dengan lapang hati.

Setiap orang punya mimpi dan tujuan dalam kehidupan. Dan, berharap ada progres dari impian tersebut. Sehingga mimpinya bisa terwujud. Begitu juga dalam menulis, membutuhkan waktu yang panjang supaya apa yang diinginkan tercapai. Nikmati progres menulis

 

 



2 komentar untuk "Menikmati Progres Menulis untuk Terus Belajar"