Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sinopsis Drakor Miss Hammurabi, Hakim Muda yang Berjuang untuk Keadilan

Sinopsis Drakor Miss Hammurabi

Teman-teman masih ingat tentang seorang nenek yang dituntut oleh pemilik lahan karena dituduh telah mengambil 60 butir kelapa dan diminta membayar kerugian sekitar 6 juta. Bagaimana hakim akan memutuskan masalah ini? Apakah mengabulkan atau membebaskan tuntutan tersebut?

Ada juga kasus koruptor yang baru ditangkap beberapa tahun lalu. Ternyata saat ini sudah keluar penjara dan saat menjelang pemilu, namanya terdaftar sebagai calon legistatif. Ini mah memang hukum di negeri Konoha yang memang pasal-pasalnya sering diganti-ganti saat memberi putusan.

Saat ini saya akan membahas tentang hakim di Korea dalam drakor Miss Hammurabi. Dari drakor mungkin bisa memberi sedikit gambaran tentang kerja keras seorang hakim korea dalam memberikan putusan terhadap suatu masalah.

Tentang Drama Korea

Judul                                    : Miss Hammurabi

Genre                                  : Drama Hukum

Berasal dari Buku             : The Hankyoreh              

Penulis                                : Moon Yoo -seok

Sutradara                           : Kwak Jung-hwan

Produser                             : Kim Da-yea, Kwon Ji-young, Park Woo-ram, Shin Yoon-ha

Episode                               : 16

Pemain Drakor Miss Hammurabi

  • Go Ara sebagai Park Cha Oh-reum, seorang hakim muda yang mempunyai sifat idealis dan selalu ingin memberi putusan seadil mungkin.
  • Kim Myung-soo sebagai Im Ba-reun, seorang hakim muda yang pintar dan selalu menaati peraturan dan mempunyai sifat idualisme.
  • Sung Dong-il sebagai Han Se-sang, seorang kepala majelis hakim yang bersifat kasar, namun selalu rendah hati dan adil dalam memberikan putusan. Dia bersikap seperti itu karena pengalaman dan pengetahuannya dalam dunia kehakiman cukup keras.
  • Ryu Deok-hwan sebagai Hakim Jung, hakim muda dari Departemen 43, sahabat Im Ba-reun. Dia berasal dari keluarga kaya raya, sehingga belum pernah merasakan hidup susah.
  • Lee Elijah sebagai Lee Do-yeon, seorang notulen atau sekretaris di Departemen 44. Dia berasal dari desa dan mempunyai pekerjaan rahasia di malam hari.
Jika teman-teman ingin menonton drakor yang lucu bisa mencoba menontor drakor Strong Women Do Bong Soon, dijamin teman-teman akan selalu tersenyum.
Sinopsis Drakor Miss Hammurabi

Sinopsis Miss Hammurabi

Park Cha Oh-reum diterima menjadi hakim muda. Di hari pertama dia berangkat bekerja, saat sedang naik kereta, dia melihat lelaki paruh baya sedang berusaha untuk melakukan pelecehan sexual kepada penumpang wanita. Saat itu kondisi kereta sedang penuh sesak oleh penumpang.

Oh-reum kemudian memvidio apa yang dilakukan oleh lelaki tersebut dan langsung menegurnya. Ternyata lelaki tersebut merupakan seorang professor bagian penelitian pabrik kosmetika. Selanjutnya, lelaki tersebut ditangkap polisi berdasarkan bukti dari video rekaman dan perempuan yang menjadi korban.

Dan, tanpa sengaja hari itu juga, Oh-reum bertemu dengan teman sma yang dulu pernah dikagumi nya. Dia adalah Im Ba-reun, seorang hakim muda yang bertugas satu ruangan dengan Oh-reum.

Park Cha Oh-reum kemudian dipanggil dengan Hakim Park, sementara Im Ba-reun dipanggil dengan Hakim Im. Mereka bertugas menjadi hakim anggota di ruangan 44, yang dikepalai ketua majelis hakim Han Se-sang, dia dipanggil Hakim Han. Selain itu, masih ada satu sekretaris di ruangan tersebut yaitu Lee Do-yeon, biasa dipanggil Miss Lee.

Sebagai seorang hakim muda, hakim Park selalu mempelajari kasus yang dibebankan padanya dari sudut kemanusiaan. Dia ingin membantu orang-orang yang tidak punya dan tidak mempunyai koneksi untuk memperoleh keadilan. Sikap ini banyak ditentang oleh para hakim yang sudah lama bekerja. Dengan sikapnya yang ramah, dia mudah bergaul di mana pun dia berada.

Padahal, semasa sekolah Hakim Park, merupakan siswi yang pendiam, cantik seperti puteri. Namun, musibah tiba-tiba datang menimpa keluarganya. Ayahnya bunuh diri karena perusahaannya bangkrut, disusul ibunya yang depresi menyaksikan kematian suaminya. Bahkan, kondisi ibu hakim Park saat ini sudah tidak mengenali anaknya. Perjalanan hidup yang berat dan keras tersebut telah merubah sifat Hakim Park yang pendiam menjadi energik dan selalu berusaha membantu orang lain untuk menyelesaikan masalah.

Sementara hakim Im selalu bersikap apatis terhadap orang lain. Dia merasa orang yang mendekatinya, ujung-ujungnya hanya ingin minta tolong saja. Hal inilah yang membuat sikap hakim Im pendiam dan cenderung sulit bergaul dengan orang lain.

Begitu juga Hakim Han, di luar dia terlihat suka berteriak dan marah-marah di segala suasana pertemuan dengan hakim lain. Tetapi, sebagai hakim senior, dia cukup melindungi anak buahnya yaitu Hakim Park dan Hakim Im. Dia juga termasuk hakim yang cukup teguh memegang prinsip hukum. Meskipun gajinya kecil, tetapi dia tidak tergiur untuk mendapatkan jabatan dan kekayaan melalui jalan yang salah.

Tak kalah seru kisah Hakim Jung teman Hakim Im yang sering berkunjung ke ruangan 44. Dia naksir Miss Lee, kisah lucu pun terjadi diantara mereka yang beradal dari latar belakang yang berbeda.

Hikmah yang bisa dimbil dari drama

1. Hindari sifat indivisualis. Sebagai mahkluk social kita tidak bisa hidup sendiri. Ada kalanya, suatu saat kita akan membutuhkan bantuan orang lain.

Seperti Hakim Im yang selalu menjauh saat ada teman atau saudara yang mendekatinya. Hingga sebuah kejadian telah menyadarkannya tentang artinya bantuan dari orang lain yaitu saat ibunya tiba-tiba sakit luar biasa dan tidak cepat ditangani oleh dokter. Dia dengan terpaksa minta tolong temannya untuk meminta dokter segera memeriksa ibunya. Ternyata, sikap yang  selama ini dibencinya, suatu saat dia juga lakukan.

2. Cara mencari keadilan setiap orang berbeda sesuai kemampuannya.

Orang miskin mencari keadilan dengan mengelar demostrasi di jalanan. Orang kaya mencari keadilan dengan menyewa pengacara hebat. Sementara, orang dalam posisi menegah dan berpendidikan akan mencari keadilan dengan mengumpulkan atau menggalang petisi.

3. Don’t judge the people by the cover (Jangan menilai orang dari luarnya saja)

Hakim Im telah membenci ayahnya sekian lama, karena menduga ayahnya telah menduakan ibunya. Ternyata ayah Hakim Park mempunyai golongan darah yang langka sehingga dia sewaktu-waktu harus siap mendonorkan darahnya untuk orang lain. Dan, orang yang disangka adik tiri oleh Hakim Park ternyata anak sahabat ayahnya yang sudah meninggal dan dibiayai sekolah ayahnya.

Begitu juga pandangan orang-orang pengadilan terhadap Miss Lee, dengan gaji yang tak seberapa dia mampu membeli mobil mewah dan barang branded. Padahal, barang-barang tersebut dibeli dari hasil kerja sampingannya di malam hari.

3. Dalam menyelesaikan masalah jangan hanya menyelesaikan masalah yang ada saja tetapi juga sumbernya.

Hakim Park menjadi penanggung jawab pencurian yang dilakukan oleh seorang anak broken home yang tinggal di gereja. Pada awalnya anak itu sangat pintar, tetapi lama kelamaan anak itu berubah sikap. Hal itu disebabkan karena anak tersebut kecanduan menghirup lem, ini menyebabkan anak ini tingkat kecerdasannya semakin berkurang dan jika dibiarkan akan berakibat tidak bisa bicara.

Akhirnya Hakim Park mendatangi beberapa toko bangunan untuk tidak menjual lem terhadap anak di bawah umur. Bukan itu saja, dia bersama para para relawan rela mendatangi pabrik lem yang berada di gunung supaya tidak memasok sementara lem tersebut ke daerah tertentu.

Nah, itu tadi sinopsis tentang drakor Miss Hammurabi, hakim muda yang berjuang untuk keadilan. Meskipun drakornya terlihat datar, namun drakor ini cukup rekomended untuk ditonton

 

2 komentar untuk "Sinopsis Drakor Miss Hammurabi, Hakim Muda yang Berjuang untuk Keadilan"

  1. Salah satu genre drama yang ga bisa dikalahkan dari drakor ya drama hukum. Bagus aja si menurut saya semuanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, saya kadang berpikir kok di Indonesia nggak ada ya ide drama seperti drakor, jangan hanya tentang harta, tahta dan wanita saja.

      Hapus