Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sinopsis Doctor Cha, Tidak ada Kata Terlambat untuk Meraih Mimpi

Sinopsis Doctor Cha, Tidak ada Kata Terlambat untuk Meraih Mimpi

Jalan meraih mimpi setiap orang berbeda. Ada yang mulus seperti jalan beraspal goreng (aspal yang mulus itu lho), ada yang penuh liku namun sampai dan ada pula yang terpaksa mengubur mimpinya karena merasa mimpinya tidak bisa diraih.

Apalah arti hidup tanpa mimpi. Tentu hidup tanpa tujuan. Saat ingin meraih mimpi, seorang perempuan apalagi yang sudah menikah harus berfikir berulang kali antara mengejar mimpi atau keluarga. Seperti yang dialami Doctor Cha, yang dengan kesadaran penuh memilih keluarga dan meninggalkan kariernya sebagai dokter. Tentu itu pilihan yang sangat sulit baginya.

Doctor Cha adalah drama korea bertema keluarga dengan perselingkuhan sebagai sumber konflik. Drakor ini mendapat rating yang cukup bagus dan begitu ditunggu oleh pemirsanya. Yuk, kupas tuntas tentang drakor keren ini.

Tentang Drakor Doctor Cha

Judul : Doctor Cha Jung-sook

Genre : Komedi Romantis, Drama medis

Pengarang : Jung Yeo-rang

Sutradara : Kim Dae-jin dan Kim Jung-wook

Jumlah episode : 16

Tayang : JTBC dan streaming Netflix April -Mei 2023

Pemeran Doctor Cha

  • Uhm Jung-hwa sebagai Cha Jung-sook
  • Min Woo hyuk sebagai Profesor atau Dokter Roy Kim
  • Kim Byu-chul sebagai Profesor Seo in-ho suami dokter Cha
  • Myung Se-bin sebagai Profesor Choi, selingkuhan Profesor Seo
  • Song Ji-ho sebagai Seo Jeong Min, anak pertama Dokter Cha
  • Lee Seo-Yeon sebagai anak kedua Dokter Cha
  • Park Jun-Geum sebagai Mertua Dokter Cha atau Ibu dari Profesor Seo
  • Kim Mi-kyung sebagai Oh Deok-rye, ibu dokter Cha
  • Jo Ah-ram sebagai Jeon So-ra, pacar Seo Jeong Min
Sinopsis Doctor Cha, Tidak ada Kata Terlambat untuk Meraih Mimpi

Sinopsis Doctor Cha Jung-suk

Doctor Cha Jung-Suk adalah ibu rumah tangga yang mendedikasikan seluruh waktunya untuk melayani suami, anak dan mertua. Dulu dia sebenarnya merupakan seorang dokter residen yang pintar dan sangat berbakat di rumah sakit. Namun karena hamil, dia memilih meninggalkan kariernya saat itu untuk mengurus anak.

Sebagai seorang ibu rumah tangga, Cha Jung-suk memperhatikan semua kebutuhan keluarganya. Mulai dari makanan, pakaian serta perlengkapan apapun yang dibutuhkan keluarga tersebut. Demi itu semua, dia rela mengesampingkan kebutuhan diri sendiri.

Semua berubah pada saat Cha Jung Suk tiba-tiba pingsan dan setelah diperiksa membutuhkan transpalantasi hati supaya dia bisa sembuh. Dan, orang yang sesuai dengan hatinya adalah hati suaminya Seo In-Ho. Namun, ternyata sang suami tidak bersedia mendonorkan sebagian hatinya untuk sang isteri. 

Dari kejadian tersebut, Doctor Cha sadar bawasannya pengorbanannya selama ini tidak berarti bagi keluarganya. Beruntung ada pasien korban kecelakaan yang hatinya sesuai dengan Doctor Cha, sehingga nyawanya bisa diselamatkan.

Semenjak operasi itulah Doctor Cha bertekad untuk lebih memperhatikan dirinya sendiri. Dan, dia memilih untuk kembali ke profesi sebelumnya sebagai dokter. Meskipun pekerjaan tersebut telah ditinggalkannya lebih dari 20 tahun.

Akhirnya Doctor Cha berhasil diterima menjadi dokter residen di rumah sakit tempat suaminya bekerja sebagai dokter bedah. Tentu bukan karena rekomendasi sang suami melainkan berdasarkan nilai ujian pada saat tes masuk. Dan, di rumah sakit ini pula, dia bertemu dengan cinta pertama suaminya yang juga berprofesi sebagai dokter.

Karena lama berhenti dari profesi sebagai dokter, Doctor Cha pada awal bekerja sangat kesulitan untuk melakukan pekerjaannya. Belum lagi rekan-rekan kerja yang seumuran anaknya selalu menyindirnya sebagai perempuan tua untuk apa bekerja kembali. 

Berkat bekerja di rumah sakit ini pula, Doctor Cha mengetahui tentang perselingkuhan yang telah dilakukan suaminya dengan mantan pacarnya. Dan, yang lebih menyakitkan, perselingkuhan itu telah terjadi selama belasan tahun dan yang telah menghasilkan seorang putri seumuran dengan anak keduanya.

Di rumah sakit itu pula Doctor Cha bertemu dengan profesor Kim yaitu dokter yang telah melakukan transplantasi hati dirinya. Meskipun usia prof. Kim lebih muda dari Doctor Cha, namun ternyata dia jatuh cinta pada doctor Cha yang usia nya lebih tua.

Drama ini cukup asyik ditonton, lucu tapi juga romantis. Penasaran? Tonton keseruannya di channel kesukaanmu.

Tak Ada Kata Terlambat untuk Meraih Mimpi

Banyak alasan orang menunda untuk meraih mimpinya, bisa karena waktu itu tidak mempunyai biaya, mungkin juga tidak ada kesempatan. Seperti yang Doctor Cha alami, dimana dia lebih memilih mengurus keluarga daripada menjadi dokter.

Mengejar mimpi di usia yang sudah dewasa, bisa dibilang tua tentu membutuhkan perjuangan tersendiri. Usia Doctor Cha sudah diatas 40 tahun dan jika selesai menjadi dokter residen, usia dia sudah 50 tahun untuk bisa mulai praktek sebagai dokter. Usia dimana teman-teman seangkatannya sudah mencapai kemapanan dalam karier. Sementara, dia baru memulai saat usia tersebut.

Tentu akan banyak kendala yang dihadapi, mulai pola pikir dan daya ingat yang sudah berbeda,  teman-teman yang tidak seusia dan banyak tantangan lainnya. Belum lagi cemohan dan hinaan dari orang-orang yang mengetahui kalau kita ingin meraih sesuatu di saat usia tidak muda lagi.

Namun, segala tantangan dan hinaan tersebut tidak seharusnya membuat kita mundur bahkan berhenti untuk meraih mimpi. Bahkan dari hinaan tersebut kita jadikan sebagai semangat untuk membuktikan kalau kita bisa mewujudkan apa yang kita mimpikan meskipun tidak muda lagi.

Hikmah yang Bisa Diambil

Drakor Doctor Cha ini cukup bagus lho, meskipun tokoh utamanya sudah dewasa bukan berarti tidak asyik ditonton. Dengan genre drama komedi romantis, membuat banyak orang tersenyum juga sebal melihat akting pemainnya. Apalagi saat melihat Seo in-ho yang menyebalkan yang telah berbuat selingkuh.

Bukan hanya menyebalkan dan membuat tersenyum, drama ini juga memberikan hikmah yang bisa kita ambil saat menontonnya. Berikut hikmah yang bisa diambil:

  1. Jangan menyia-nyiakan orang yang tulus menyanyangi kita. Ketika dia sudah lelah dan memilih pergi, maka hanya penyesalan yang ada. Seperti Seo in-ho yang telah menyia-nyiakan perhatian penuh isterinya dan memilih berselingkuh. Akhirnya menyesal, saat Cha Jung-suk memutuskan berpisah.
  2. Ajari anak-anak untuk bersikap mandiri semenjak dini. Melayani mereka setiap saat akan membuat mereka tidak dewasa. Karena orang tua tidak selamanya bisa melayani mereka. Ada masanya mereka harus bisa mengurus diri mereka sendiri. Hal ini seperti yang dilakukan Cha Jung-suk yang melayani semua kebutuhan keluarga.
  3. Raihlah mimpimu saat mempunyai kesempatan. Karena kesempatan itu tidak datang dua kali. Selagi masih ada kesempatan, raih dan kejarlah mimpi itu sampai dapat.
  4. Jangan merusak kehidupan keluarga orang lain atau menjadi pelakor. Karena bukan hanya kehidupan keluarga orang lain yang hancur, tetapi kehidupan diri sendiri pun akan hancur. Ingat hukum karma akan berlaku. Seperti yang dlakukan mantan pacar Seo in-ho yaitu Doktor Choi, keluarga Cha Jung-suk berantakan, Doctor Choi pun tidak akan pernah diakui sebagai menantu oleh ibu Seo in-ho. Dan, paling menyebalkan Seo in-ho saat ditanya tentang pernikahan selalu menghindar, dengan kata lain dia tidak ingin menikah dengan Dokter Choi. Belum lagi anaknya yang tidak mendapatkan kasih sayang dari seorang ayah.
  5. Sayangi pasangan mu apa pun keadaan nya. Karena di luar sana banyak yang mendambakan bisa memiliki pasanganmu. 
Nah, itu tadi sinopsis dan review singkat tentang drama korea Doctor Cha, Tidak ada kata terlambat untuk meraih mimpi. Next time, saya akan tulis tentang drama dan film lainnya yang tentu juga menarik.
 
Have a nice day.




4 komentar untuk "Sinopsis Doctor Cha, Tidak ada Kata Terlambat untuk Meraih Mimpi"

  1. Semoga drama ini dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk tetap bersemangat dan percaya bahwa mereka dapat mencapai apa pun yang diinginkan dalam hidup. Terima kasih atas sinopsis dan review singkatnya, dan semoga pesan dari drama "Doctor Cha" terus menyala di hati kita.

    BalasHapus
  2. Seneng juga ngikutin drama Korea dokter Cha ini, walaupun endingnya tak sesuai dengan harapan banyak netizen, tapi kalau kita wise, justru endingnya membawa kedamaian bagi semuanya. Tak ada yang menang dan tak ada yang kalah, semua berjalan dengan keputusan dan pilihan masing-masing

    BalasHapus
  3. Nonton sambil nyeriain tissue. Relate banget sama kehidupan asli masyarakat kita. Saya mulai menyenangi Drakor, karena ternyata budaya dan pemikirannya tidak terlalu jauh dengan kita, ya kak. Tergambar dalam Drakor dokter Cha ini punya pemikiran yg sama tentang status wanita pekerja yg masih jadi polemik perbincangan.

    BalasHapus
  4. Nonton ini ga full banget, tapi untuk ukuran diriku yang jarang banget nonton drakor, drakor ini terbaik sih

    BalasHapus