Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Meningkatkan Konsentrasi Dengan Main Game

Cara Mudah Meningkatkan Konsentrasi Dengan Main Game

Akhir-akhir ini saya merasa sering bingung mau mengerjakan apa. Saat mau masak, sudah mempersiapkan segala bahan, eh malah ditinggal ke kamar dan main hp. Sepertinya daya fokus saya mulai menurun ini dan perlu segera mencari cara meningkatkan konsentrasi.

Kurang konsentrasi memang mengganggu bahkan bisa membahayakan orang lain. Bayangkan kalau saat sedang masak karena kurang konsentrasi ingin menambahkan gula ke masakan yang ada mungkin kita salah ambil garam. Bisa-bisa masakan kita keasinan nanti.

Cara Meningkatkan Konsentrasi

Kurang konsentrasi tentu akan mengganggu aktivitas harian kita. Pekerjaan yang seharusnya bisa selesai cepat, tetapi karena kurang konsentrasi jadi lama selesainya. Bayangkan kalau ini terjadi pada karyawan, tentu akan mendapat teguran dari atasannya. Untuk itu, kita perlu mencari cara supaya tetap bisa berkonsentrasi dan fokus terhadap apa yang dikerjakan.

Berikut ini beberapa cara mudah untuk meningkatkan konsentrasi:

1. Istirahat

Kurang atau tidak konsentrasi bisa terjadi karena kita kurang istirahat. Perlu diingat kalau kita bukan mesin yang bisa nonstop kerja. Jika, tenaga dan pikiran terlalu diforsir akan memicu pada stres. Sehingga berakibat kerja otak melemah dan daya ingat yang menurun.

Usahakan segera istirahat sekitar 30 menit saat tubuh merasa lelah.Jika, tubuh lelah dipaksa bekerja pun hasilnya tidak akan memuaskan.

2. Olahraga

Orang yang hanya duduk sepanjang hari bukan berarti tidak capek ya. Mereka juga capek, tetapi terkadang tidak tahu ingin melakukan apa. Apalagi mereka yang bekerja, tentu merasakan lelah dan kejenuhan. Sempatkan waktu untuk olahraga meskipun hanya sekitar 30 menit setiap harinya supaya keluar keringat.

Selain supaya sehat, olahraga juga bisa membantu meningkatkan konsentrasi. Karena gerakan olahraga yang kita lakukan bisa membantu kelancaran peredaran darah. Sehingga kecukupan oksigen dan kalori otak tetap terjaga. Kita bisa memilih yoga atau senam aerobik yang bisa dilakukan di rumah saja.

3. Memperhatikan cairan dan buah yang kita konsumsi.

Kondisi tubuh yang kekurangan cairan tentu akan mudah capek dan sulit konsentrasi. Untuk itu cukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 8 gelas per hari.

Selain itu, kita juga perlu mengkonsumsi buah karena konsumsi buah dipercaya bisa meningkatkan konsentrasi. Salah satu buah yang direkomendasikan adalah alpukat Karena alpukat dipercaya mampu memperbaiki fungsi kognitif dalam otak.

4. Melatih otak untuk konsentrasi

Menurut para peneliti bawasannya orang yang  sering melatih otaknya akan memiliki daya ingat, konsentrasi, dan perhatikan yang tinggi.

Salah satu cara melatih otak adalah dengan main game. Seseorang yang suka main game dipercaya memiliki fungsi otak yang lebih kuat.

Alasan Memilih Main Game 

Dari dulu saya suka sekali main game, baik game offline maupun online, meskipun tidak sering, tetapi ketika lagi suntuk dan lagi malas mau ngapa-ngapain, biasanya saya memilih main game. Terus terang saya orang nya tidak suka ngerumpi dengan tetangga atau teman-teman. Karena, biasanya kalau kita ngobrol dengan teman ujung-ujungnya pasti akan ghibah. Nah ini yang saya hindari.

Dengan main game di ponsel atau PC baik secara online maupun offline bisa dilakukan kapan saja dan tidak perlu teman. Kalaupun ada teman biasanya juga mereka yang juga suka main game. Jadi, tidak takut terjadi ghibah yang tidak perlu.

Rekomendasi Game Online untuk Meningkatkan Konsentrasi

Selama ini saya sangat malas untuk mendownload aplikasi game. Tentu alasannya karena menghemat space memori hp. Kebetulan beberapa waktu lalu menemukan website Solitaire.org yaitu sebuah website yang menyediakan ratusan permainan yang menarik. Untuk memainkannya kita tidak perlu mendownload aplikasi. Jadi, kita bisa langsung bermain secara online.

Ada ratusan game online yang bisa kita mainkan di solitaire.org, berikut beberapa diantaranya:

1. Game Solitaire 

Cara Meningkatkan Konsentrasi
Classic Solitaire 

Game Solitaire ini merupakan permainan dengan menggunakan kartu, biasanya kalau kita menyebutnya dengan kartu remi. Kita hanya perlu mengurutkan kartu-kartu tersebut berdasarkan warna gambar dan angka-angkanya. Seperti A, K, Q, J, 10 dan seterusnya.

Untuk bisa menyelesaikan permainan ini, kita harus benar-benar konsetrasi pada saat memindahkan kartu. Karena, satu langkah saja salah, maka game tidak akan bisa selesai.

Ada 6 varian game Solitaire yang bisa kita pilih, mulai dari Klondike (biasanya disebut Classic Solitaire), Freecell, Spider, Pyramid, Tripeaks dan Golf. Jadi, kita bisa memilih jenis yang game yang kita sukai.

2. Game Hidden Object

Cara Meningkatkan Konsentrasi
Hidden Object 

Bingung atau tidak bisa main kartu? Tenang, masih banyak permainan lain yang bisa kita mainkan di solitaire.org. Kita tinggal pilih permainan yang kita suka seperti Hidden Object. Aturan permainan untuk Hidden Object adalah mencari barang-barang yang disembunyikan. Terdapat 12 barang yang disembunyikan dan akan ditampilkan 6 barang di bagian bawah permainan untuk dicari terlebih dahulu. 

Jika dari 6 barang yang ditampilkan ada barang yang tidak ditemukan, kita bisa memutar barang yang lain. Sehingga, barang-barang lain  dapat segera ditampilkan satu-persatu.

Meskipun terlihat sederhana, namun permainan ini membutuhkan kejelian untuk mencari barag-barang yang disembunyikan. Karena, terkadang warna barangnya hampir sama dengan latar permainan. 

Asyiknya lagi, untuk bermain ini ada banyak latar dari game mulai dari Garden Screet Hidden Object, China Temple, Circus Adventure dan latar game lainnya.

3. Zuma Ball

Cara Meningkatkan Konsentrasi
Zuma Ball

Ada lagi permainan yang disukai oleh anak maupun dewasa yang disediakan oleh solitaire.org yaitu Zuma Ball yang bisa dimainkan secara online. Kenapa permainan ini disukai oleh anak-anak dan orang dewasa? Jawabnya karena permainan ini cukup mudah dimainkan.

Cara bermainnya adalah dengan cara menembakkan bola bersayap yang ada di bagian bawah ke bola-bola yang meluncur di lintasan. Saat membakkan bola-bola tersebut kita tidak boleh asal karena perlu menyesuaikan ke arah mana kita menembakkan dan bola yang ditembakkan  warnanya harus sama dengan bola yang bergerak. 

Saat bola yang kita tembakan berhasil mengenai minimal dua buah bola yang warnanya sama, maka bola tersebut akan hancur dan mengurangi panjang bola yang bergerak. Tetapi, jika gagal, maka bola yang kita tembakan akan menambah panjang bola yang meluncur di lintasan.

Meskipun sederhana, namun permainan ini  bisa membantu untuk meningkatkan konsentrasi kita. Karena, saat bermain kita dibatasi waktu untuk segera menembakkan bola supaya bola yang melintas tidak masuk kembali ke dalam lubang yang artinya kita kalah.

Dalam Zuma ball juga dibutuhkan fokus pandangan. Supaya bola yang ditembakkan sesuai dengan yang meluncur. Karena, perbedaan warna bolanya menurut saya sangat tipis. Apalagi kalau main game nya malam-malam pasti sering keliru menembakkan bola.

Oh ya, Zuma ball juga cocok untuk dimainkan anak-anak. Karena cara mainnya mudah. Selain itu melalui game ini kita juga sekaligus mengajari anak-anak tentang warna dari bola-bola tersebut.

Kita juga bisa menshare hasil poin yang kita dapat ke media sosial dan mengajak tenan-teman untuk bermain juga. Sehingga, kita bisa membandingkan poin yang kita peroleh dengan poin teman.

Bermain game online memang mengasyikan dan memberi banyak manfaat. Tetapi, harus tahu waktu kapan bermain dan kapan melakukan aktivitas lainnya. 

Itu tadi Cara Mudah Meningkatkan konsentrasi denga Game. Oh ya ada game apa lagi ya yang yang bisa membantu meningkatkan konsentrasi. Share di kolom komentar ya teman-teman.

Salam sehat selalu untuk semua.



6 komentar untuk "Cara Mudah Meningkatkan Konsentrasi Dengan Main Game "

  1. Saya juga suka main di solitaire. Paling suka main Zuma Ball sama Atlantis Treasure, jadi kaya flash back ke masa lalu kalau main di solitaire itu. Game nya juga ringan, ga bikin stress

    BalasHapus
  2. Memang ya mbaa.... Game tuh kadang bisa juga jadi pereda stress lho... Akupun meetimenya main game sekarang... eheheheh

    BalasHapus
  3. Iya ya betul banget main game bisa melatih konsentrasi meleng dikit kalah deh kita.

    BalasHapus
  4. Aku banget nih, yang makin "berumur" makin susah fokus 🥴
    Dan baru tau juga kalau ternyata game bisa jadi semacam terapi untuk melatih fokus ya kak.

    BalasHapus
  5. wah ini sih game jadul banget, saya dulu suka nih main Solitaire pas jam istirahat, kadang lomba sama teman juga wkwkwk

    BalasHapus
  6. Game ini menjadi buka kenangan masa kecil ya mbak. kwkkk. seru, apalagi Zuma Ball, salah dikit nembak bolanya, makin panjang deretan bolanya

    BalasHapus