Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Website yang Membayar Karya Puisimu

7 Website yang Membayar Karya Puisimu

Menulis kata-kata yang indah dalam sebuah puisi tentu suatu yang menyenangkan bagi yang menguasainya. Meskipun saya tidak ahli dalam membuat puisi, tetapi saya termasuk yang suka membaca puisi. Suka bukan berarti bisa kan?

Untaian bait-bait puisi yang indah tersebut tidak sekedar enak dibaca lho, tetapi juga bisa mendatang cuan yang lumayan. Caranya dengan mengumpulkan puisi yang sudah kita tulis kemudian disatukan menjadi sebuah buku puisi. Dan, buku itu bisa dijual kepada orang-orang yang menyukai puisi.

Selain dijadikan buku, puisi-puisi tersebut juga bisa kita kirimkan ke media. Di beberapa media disediakan honor bagi tulisan yang berhasil dimuat. Dulu, kita bisa mengirimkan puisi kita ke media cetak. Tetapi, saat ini selain media cetak, kita juga bisa mengirimkan karya ke website tertentu. Pengin tahu? Yuk, simak ulasannya di bawah.

7 Website yang Membayar Karya Puisimu 

1. Basabasi.co

7 Website yang Membayar Karya Puisimu

Basabasi.co adalah sebuah website yang mempunyai niche tentang dunia litersi. Website ini digagas dan dikelola oleh Diva Press dan #KampusFiksi. Ada berbagai jenis tulisan yang bisa kita baca di website ini, mulai dari cerpen, puisi, tajalli, esai, hibernasi dan lain sebagainya.

Selain bisa membaca berbagai tulisan di sana, kita juga bisa berkontribusi dengan mengirimkan karya terbaik kita ke website tersebut. Mereka menerima karya-karya terbaikmu yang tentu saja harus sesuai dengan visi misi website tersebut. Salah satunya, mereka menerima karya puisi dan karya puisimu akan mendapatkan honor sebesar Rp 250.000; jika berhasil dimuat.

Untuk cara pengiriman karya bisa mengikuti panduan cara pengiriman karya yang ada di website basabasi.co. Sebelum mengirimkan karya kita, pastikan terlebih dahulu semua syarat-syarat pengiriman terpenuhi. Sehingga karya kita bisa dimuat. Kirim melalui email ke gerobaknaskah@basabasi.co

2. Beritabaru.co

Beritabaru.co merupakan sebuah website berita yang berisi tentang berbagai informasi yang actual dan informatif. 

Dengan slogannya hadir untuk meluruskan distorsi informasi, sehingga masyarakat terselamatkan dari serbuan berita bohong dan Hoax.

Website ini digawangi oleh para jurnalis muda berkompeten yang bekerja dengan etika, kejujuran dan ketulusan. Mereka berharap dengan kehadiran website ini dapat mengatasi berita hoak yang ada dan berkembang di masyarakat.

Kabar baiknya, website ini menyediakan kolom khusus bagi kontributor yang ingin karya mereka dimuat di website ini. Kita bisa mengirimkan karya berupa opini, cerpen dan puisi. Bagi mereka yang karyanya berhasil dimuat akan mendapatkan honor.

Untuk tata cara pengiriman karya ke beritabaru.co bisa langsung mengunjungi website ini. Di bagaian bawah website akan terlihat cara mengirim karya baik puisi, opini maupun cerpen. Kirim karya cerpen dan puisimu melalui email ke sastraberitabaru@gmail.com

3. Buruan.co

7 Website yang Membayar Karya Puisimu

buruan.co adalah media online yang berisi berbagai kajian dan aprisiasi. Website ini mempunyai niche tentang dunia sastra.

Buruan.co didirikan oleh Yopi Setia Umbara, Heri Maja Kelana, Dian Hardiana dan M.Irsyad. Tujuan pendirian website ini adalah untuk mengakomodasi minat serta potensi baca-tulis di media siber. Website ini pertama kali diluncurkan pada 15 Oktober 2014, sebagai sarana untuk berbagi gagasan, cerita dan kegembiraan seputar kegiatan baca-tulis melalui catatan yang ditayangkan di website.

Ada banyak karya sastra yang bisa kita nikmati di website ini, mulai dari cerpen, puisi, buku serial dan lain sebagainya. Selain membaca, kita juga bisa menjadi kontributor untuk website ini dan tentu saja karya yang dimuat akan mendapatkan honor. Website ini menerima karya berupa cerpen, puisi, resensi dan jeda. 

Untuk tata cara pengiriman karya, silahkan kunjungi website buruan.co. Di bagian kiri atas dan kiri bawah terdapat tulisan "kirim tulisan". Klik tulisan tersebut untuk mengetahui tata cara pengiriman karya. 

Email pengiriman karya melalui redaksi@buruan.co

4. Takanta.id

Takanta.id adalah website yang menyajikan tulisan-tulisan kreatif dari penulis-penulis pemula hingga yang sudah terbiasa menulis. Konten-kontenya dikemas ringan, sedikit nakal dan menggemaskan selayaknya kita saat menikmati secangkir kopi di warung.

Terdapat lima rubrik yang bisa kita nikmati di Takanta.id yaitu cerpen, puisi, apacapa, mored dan fulitik. Selain membaca, kita juga dapat menjadi kontributor dari berbagai latar belakang. Mulai dari guru, siswa, dosen, penelitidan lain sebagainya bisa menjadi kontributor di website ini. Tentu saja dengan syarat, karyanya layak dimuat dan sesuai dengan visi dan misi website ini.

Untuk tata cara pengiriman karya, silahkan langsung mengunjungi takanta.id. Pada bagian bawah website terdapat tulisan "Berkontribusi". Silahkan klik tulisan tersebut. Website ini menerima karya berupa cerpen, puisi dan esai. Untuk karya yang dimuat pertama kali, kita akan mendapatkan sebuah kaos. Untuk karya selanjutnya kita akan mendapatkan honor sebesar 50 ribu rupiah untuk setiap karya.

Kirimkan karya terbaikmu melalui email ke takanta.id@gmail.com

5. Kurungbuka.com

Kurungbuka.com adalah website yang menyuguhkan berbagai informsi mengenai kegiatan literasi baik lokal maupun nasional. Ada berbagai rubrik yang bisa kita nikmati di website ini. Mulai dari warta, sastra, esai, piknik dan rubrik lainnya.

Selain menyajikan berbagai jenis tulisan, website ini juga menerima karya dari para kontributor berupa cerita anak, cerpen, puisi dan tulisan lainnya. Untuk para kontributor yang karyanya berhasil dimuat akan disediakan honor sebesar 50.000 atau berupa voucher.

Silahkan kirimkan karya terbaikmu melalui email redaksi@kurungbuka.com 

6. Magrib.id

Magrib.id merupakan sebuah website yang berisi tentang dunia literasi. Ada berbagai rubrik literasi yang bisa kita nikmati di website ini, seperti warta, cerpen, puisi, esai dan rubrik menarik lainnya. Jadi, jika kita suatu saat sedang mengalami writer's block bisa mengunjungi website ini. Sehingga semangat menulis bisa tumbuh lagi.

Selain dapat menikmati berbagai karya sastra di website ini, kita juga dapat mengirimkan karya sastra kita ke website ini. Mereka menerima karya cerpen dan puisi baik asli maupun terjemahan. Untuk cerpen maupun puisi yang berhasil dimuat akan ada imbalan honornya.

Website ini juga menerima tulisan warta seputar kegiatan seni budaya baik yang akan berlangsung maupun catatan atas perhelatan tersebut. Tetapi, untuk jenis tulisan ini tidak disediakan honor. 

Tata cara pengiriman karya ada di website magrib.id. Klik tulisan "Tentang magrib.id" yang ada pada bagian kanan bawah website. Silahkan kirimkan karya terbaik teman-teman melalui email editormagrib@gmail.com

7. Maarifnujateng.or.id

maarifnujateng.or.id adalah website resmi milik Lembaga Pendidikan Ma'arif NU Jawa Tengah. Website ini merupakan media penerbitan multisegmen yang memfasilitasi dan memotivasi pendidik dan peserta didik khususnya LP Ma'arif NU untuk memahami, menjiwai dan mencintai Ahlussunnah Waljamaah Annahdliyah dan untuk mengembangkan kemampuan literasi.

Ada banyak rubrik yang ada di website ini, mulai dari berita, sastra, esai, opini serta artikel bermanfaat lainnya.

maarifnujateng.co.id juga menerima karya dari teman-teman yang tertarik untuk menjadi kontributor di website ini. Salah satu karya yang diterima adalah puisi. Dan, setiap karya yang dimuat akan mendapatkan honor sebesar 50.000 rupiah. 

Kirimkan karya terbalik teman-teman melalui email ke asnapustaka@gmail.com

Sebelum mengirimkan karya, teman-teman perlu kiranya mengetahui tata cara pengiriman naskah dari setiap website. Karena setiap website akan mempunyai persyaratan yang berbeda.

Oh ya setiap website memiliki visi misi yang berbeda-beda. Sebaiknya karya yang kita kirimkan sesuai dengan visi misi atau niche website. Hal ini akan memperbesar peluang karya kita untuk dimuat.

Selain itu, jangan sampai melakukan pengiriman karya yang sama ke beberapa media secara bersamaan. Kirimkan karya yang berbeda untuk website yang berbeda. Jika, ada satu penolakan dari sebuah website ke karya kita, baru kita boleh mengirimkan karya tersebut ke website lain. 

Nah, itu tadi 7 website yang menerima dan memberikan honor karya puisi. Selain 7 website di atas, masih ada beberapa website lain yang menerima karya dan memberikan honor. Tetapi, berhubung saya belum mengetahui detail cara pengiriman karya, jadi website tersebut tidak saya cantumkan. Tetap semangat berkarya untuk teman-teman. 

Yakinlah bahwa setiap tulisan akan menemukan pembacanya.




3 komentar untuk "7 Website yang Membayar Karya Puisimu "

  1. Wah....banyak juga ternyata media online yang masih mau bayar kontributor ya .. bisa dijadiin referensi OTM nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Saki, sebetulnya banyak media yang menghargai karya kita kok.

      Hapus
  2. Terimakasih untuk informasinya. Bisa nambahin referensi ni

    BalasHapus