Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Tetap Bugar di Usia 40. Hindari 6 Makanan ini!

Ingin Tetap Bugar di Usia 40. Hindari 7 Makanan ini!
Ayam goreng/ source: pixabay

Sebagian orang memandang usia 40 belum tua. Karena masih terlihat muda dan kuat. Tetapi di usia ini sebenarnya banyak hal yang mulai perlu diperhatikan supaya tubuh tetap sehat dan bugar di masa tua.

Perlu diingat bawasannya pada usia 40 kondisi tubuh kita tidak sebaik saat masih muda. Metobalisme tubuh juga akan berkurang seiring bertambahnya usia. Untuk itu perlu segera menerapkan pola hidup sehat, salah satunya menghindari beberapa macam makanan yang tidak baik untuk kesehatan.

Makanan yang Perlu dihindari  Supaya Tetap Bugar di Usia 40

1. Daging Olahan 

Makanan yang terbuat dari daging olahan seperti ham, sosis banyak mengandung minyak jenuh yang tidak baik untuk tubuh.

Kandungan lemak pada daging olahan dapat memicu peradangan terhadap sendi, dapat meningkatkan tekanan darah, dan juga bisa menyebabkan penyakit jantung.

Selain itu, daging olahan juga mengandung nitrat yang merupakan salah satu bahan kimia penyebab kanker. Untuk itu mulai usia 40, kita sebaiknya menghindari mengkonsumsi daging olahan dan mengantinya dengan daging bebas nitrat, seperti daging organik.

2. Makanan instan

Di saat sedang sibuk atau tidak ada waktu untuk memasak, makanan instan atau makanan cepat saji banyak dipilih sebagai solusinya. Tetapi, makanan ini harus mulai dikurangi dikonsumsi oleh orang yang sudah berusia 40 tahun.

Makanan instan banyak mengandung berbagai makanan yang tidak baik untuk tubuh, seperti gula, natrium, lemak jenuh. Jika, makaanan ini terlalu sering dikonsumsi bisa memicu timbulnya berbagai macam penyakit. Karena, makanan instan biasanya menggunakan gula terlalu banyak. Hal ini bisa menyebabkab penyakit diabetes dan juga obesitas.

Selain itu makanan instan juga banyak menggunakan garam dan nitrat sebagai pengawet makanan. Konsumsi garam berlebih ini bisa memicu tekanan darah dan dapat  menyebabkan perut kembung.

3. Karbohidrat Olahan

Makanan yang perlu dihindari selanjutnya adalah makanan dari karbohidrat olahan seperti pasta, roti putih, kue kering, donat dan makanan olahan lain. Berbagai jenis makanan ini banyak mengandung indeks glikemik tinggi. Hal ini berarti jenis makanan ini bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat.

Seperti yang kita ketahui kalau kadar gula darah tinggi bisa sangat berbahaya bagi tubuh kita karena memicu datangnya diabetes, obesitas dan jantung. Selain itu juga bisa mempengaruhi kadar hormon kita, sehingga menyebabkan masalah kulit muncul seperti jerawat.

4. Minuman kemasan atau kalengan

Minuman kemasan memang sangat menarik dan menggoda untuk menikmatinya. Apalagi saat cuaca panas kemudian melihat berbagai macam minuman kemasan yang berwarna warni dan dingin, tentu akan sangat segar meminumnya. Tetapi, apakah cukup aman mengkonsumsi minuman itu?

Banyaknya iklan yang menyatakan bawasannya minuman itu terbuat dari 100% jus alami tentu membuat kita tertarik untuk menikmatinya dan menganggap kalau minuman itu aman-aman saja. Tetapi, pada kenyataannya kandungan gula yang terdapat pada berbagai jenis minuman itu tidak baik untuk tubuh kita terutama orang yang sudah berumur.

Selain itu jus kemasan tersebut ternyata sudah dihilangkan kandungan seratnya, sehingga minuman tersebut tidak mengandung vitamin sama seperti saat kita mengkonsumsi buah segar. 

5. Kue-kue Manis

Aneka kue manis seperti donat, muffin, cup cake selalu saja menggoda untuk disantap. Apalagi rasanya yang manis dan lezat akan membuat kita semakin menyukai makanan ini. Tetapi, tau nggak sih dibalik kelezatan kue manis itu terdapat berbagai bahaya yang mengintai tubuh kita.

Dalam kue-kue manis tersebut mengandung banyak gula tambahan yang bisa mempercepat penuaan dini. Kadar glukosa dan fruktosa bisa menyebabkan kerusakan pada kolagen dan elastin yang mendukung elastisitas kulit. Jadi, sebaiknya bagi yang berusia 40-an mulai mengurangi jenis makanan ini supaya penuaan dini tidak terjadi.

6. Ayam Goreng

Menikmati nasi panas dengan lauk ayam goreng tentu sangat nikmat. Cita rasa ayam goreng yang kriuk di luar dan empuk di dalam membuat banyak orang menyukainya. Mulai dari anak sampai orang tua menyukainya. Tetapi, apabila usia kita sudah memasuki usia 40 hendaknya mulai mengurangi mengkonsumsi makanan ini.

Dilansir dari thehealty.com, " Memasak makanan dengan menggunakan suhu yang tinggi bisa meningkatkan kadar HCAs yaitu bahan kimia yang disebut amina heterosiklik dalam protein, yang berisat karsinogenik," kata Palinski-Wade. 

Menurut beberapa penelitian mengkaitkan konsumsi tinggi daging goreng atau dipanggang dapat menyebabkan penyakit kanker kolorektal, prostat dan pankreas. Meskipun tidak menyatakan hal ini, tetapi demi kesehatan kita ada baiknya kita mulai mengurangi konsumsi makanan ini.

Itu tadi 6 makanan yang perlu dihindari supaya tetap bugar di usia 40. Hidup itu pilihan, jika kita ingin tetap sehat dan bugar di masa tua, maka menerapkan pola hidup sehat sejak dini adalah cara terbaik untuk mewujudkan keinginan tersebut.




Posting Komentar untuk "Ingin Tetap Bugar di Usia 40. Hindari 6 Makanan ini!"