Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Malas Minum Air Putih? Yuk, Ketahui Manfaatnya Biar Tidak Menyesal

Manfaatnya air putih
foto ilustrasi segelas air putih/pixabay @congerdesign

Hari gini masih malas minum air putih dan lebih memilih minum-minuman berwarna. Yuk, Ketahui Manfaat air putih Biar Tidak Menyesal. Karena air putih itu baik sekali manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Dulu saya juga termasuk orang yang malas minum air putih. Biasanya kalau jalan-jalan paling malas kalau harus bawa bekal dari rumah termasuk air putih. Soalnya lebih enteng saat di jalan. Kalau haus tinggal beli minum, toh banyak yang jual aneka minuman. Jadi, bisa memilih minuman yang kita sukai.

Namun, kebiasaan malas membawa minum air putih itu terjadi saat belum menikah. Saat sudah mempunyai anak, mau tidak mau harus membawa botol minum untuk susu, karena saat anak haus sewaktu-waktu tidak perlu repot. Ternyata mulai dari sana kebiasaan membawa minum air putih saat bepergian itu mulai menjadi kebiasaan. Selain saat bepergian, di rumah pun saya juga lebih sering minum air putih daripada minuman berwarna. Minuman berwarna yang masih rutin saya minum sampai saat ini adalah secangkir kopi tanpa gula. Rasanya gimana kopi tanpa gula? Hambar dan sedikit pahit pastinya, tetapi karena sudah terbiasa yang enak saja kok.

Saat ini dengan beragamnya jenis minuman yang ditawarkan tentu akan menarik minat siapa pun untuk mengicipinya. Tetapi, saya sering ngeri lho sebenarnya kalau melihat tayangan tentang minuman manis yang beredar itu. Sudah minum manis, masih ditambahi aneka topping rasa manis juga. Membayangkan itu minuman apa racun tubuh sih. Kalau sekali-kali sih ngak apa-apa tapi kalau berkali-kali tentu akan sangat berbahaya untuk tubuh. Dan, saya lebih memilih untuk minum air putih untuk menghilangkan rasa haus dan untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh.

Kebutuhan Cairan dalam Tubuh

Kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda, seperti kebutuhan cairan untuk anak, dewasa dan orang tua berbeda-beda sesuai dengan aktivitas yang mereka lakukan.

Namun, rata-rata kebutuhan cairan untuk perempuan dewasa sekitar 8 gelas sehari. Gelas berukuran 200 ml. Jadi, rata-rata kebutuhan minum untuk wanita dewasa sekitar 1,6 liter perhari. Sementara untuk laki-laki disarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi air putih lebih banyak dari perempuan yaitu sekitar dua liter perhari.

Selain dari minuman, kita juga bisa mendapatkan cairan dari tubuh melalui makanan yang kita makan yaitu dari buah dan sayuran, seperti semangka dan bayam.

Beberapa tanda yang dialami saaat kekurangan cairan seperti merasa pusing, kurang berenergi serta warna urine yang lebih pekat dan berbau lebih menyengat. Jika, kondisi tersebut ditemukan dalam tubuh, kita perlu segera mengembalikan cairan tubuh yang hilang dengan cara minum atau makan makanan yang mengandung banyak air.

Oh ya untuk kebutuhan cairan tubuh juga bergantung pada situasi tertentu, misalnya para atlit atau mereka yang bekerja di cuaca yang panas tentu akan membutuhkan lebih banyak air minum. 

Manfaat Minum Air Putih

1. Menurunkan berat badan

Teman-teman yang ingin menurunkan berat badan bisa dengan memperbanyak minum air putih di siang hari. Karena konsumsi munum air putih mampu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga tubuh lebih mudah dalam proses pembakaran lemak, mempermudah membuang kotoran melaui air besar maupun kecil serta keringat. Dengan lancarnya proses metabolisme dalam tubuh, berat badan pun akan semakin ringan.

Air putih juga mempunyai efek mengeyangkan perut. Coba saja minum satu gelas air beberapa menit sebelum makan, tentu porsi makan kita akan lebih sedikit daripada tidak minum air sebelum makan. Dengan hal inilah proses penurunan berat badan akan terlihat perlahan.

2. Menjaga Fungsi Ginjal 

Sebagian besar tubuh kita terdiri dari cairan. Kebutuhan cairan dalam tubuh sangat penting untuk kesehatan tubuh kita. Untuk mengatasi kekurangan cairan dalam tubuh, kita perlu banyak minum air putih. Karena air putih akan membantu menjaga kesehatan ginjal kita. 

Fungsi ginjal dalam tubuh kita adalah untuk menyaring atau membersihkan kotoran atau senyawa beracun dalam darah yang kemudian akan dialirkan ke seluruh tubuh. Jika, tubuh kita kekurangan cairan, maka kerja ginjal akan lebih berat. Jika, terlalu sering bekerja keras, lama-lama ginjal juga akan kelelahan atau rusak. Untuk itulah kita perlu membantu kerja ginjal dengan cara minum air putih yang banyak.

3. Mencegah dehidrasi

Kekurangan cairan akan menyebabkan dehidrasi tubuh. Kita perlu minum air putih bukan hanya saat kita haus saja, tetapi kita perlu minum air putih karena tubuh memerlukannya.

Mungkin kita pernah merasakan agak pusing atau mudah lelah, bisa jadi itu tanda tubuh mulai kekurangan cairan. Kondisi dehidrasi yang parah dapat menyebabkan berbagai penyakit yang berat seperti kejang, bengkak otak dan gagal ginjal.

5. Memperbaiki Kondisi Kulit

Kondisi kulit kita juga bisa dipengaruhi oleh asupan cairan (air putih) yang masuk ke tubuh kita. Jika, kondisi kulit kita saat ini kusam atau cenderung kering, bisa dicoba dulu dengan memperbanyak minum air putih untuk mengatasinya, sebelum memilih menggunakan skincare.

6. Menjaga Tekanan darah tetap normal

Bagian terbesar dari darah adalah air. Jika, darah kekurangan air, maka kondisi darah akan lebih pekat atau kental. Hal ini menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit, seperti kalium dan natrium yang ada di darah.

Kekurangan cairan tubuh dapat berdampak dalam penurunan tekanan darah. Mungkin kita pernah merasa pusing seperti ingin pingsan, bisa jadi saat itu tekanan darah kita menurun. Untuk itu kita perlu rutin minum air putih untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

Nah, itu tadi teman-teman kenapa kita tidak boleh malas minum air putih. Karena manfaat minum air putih itu banyak sekali lho. Jadi, mulai sekarang sayangi tubuh kita dengan minum air putih sekitar dua liter perhari.



Posting Komentar untuk "Malas Minum Air Putih? Yuk, Ketahui Manfaatnya Biar Tidak Menyesal"