Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ingin Membuat Konten Berkualitas? Ikuti 5 Tips ini

Membuat Konten Berkualitas

Ingin Membuat Konten Berkualitas? Ikuti 5 Tips ini - Jika ada orang bertanya, apa sih tujuanmu menulis di blog? Jawaban kebanyakkan teman-teman adalah supaya tulisannya bisa dibaca orang lain. Dan untuk mendatangkan pembaca itu perlu membuat konten berkualitas yang dapat menarik minat orang untuk membaca.

Konten berkualitas itu sangat penting bagi kemajuan suatu website. Dengan artikel yang berkualitas, maka traffic website pun akan ikut naik.

Website yang mempunyai artikel bagus akan membuat para pembaca kembali  mencari informasi di website kita. Karena mereka memandang website kita mempunyai tulisan yang bagus dan lengkap serta memenuhi apa yang dicari pembaca. Untuk itulah sebagai pemilik blog, kita perlu belajar cara membuat artikel yang baik. 

Cara Membuat Konten Berkualitas 

Membuat Konten Berkualitas

1. Riset Keyword

Keyword merupakan kata kunci yang dituliskan orang di kolom pencarian. Nah sebelum menulis konten biasanya saya akan mencari kata kunci dari konten yang akan saya tulisankan.

Dengan melakukan riset keyword, kita akan mengetahui berapa banyak tulisan sejenis yang sudah ditulis orang lain. Selain itu juga Kita juga mengetahui apa saja keyword turunannya.

Lalu di mana kita bisa riset keyword? Saya biasanya menggunakan semrush, jika menggunakan yang free ada 10 kata kunci gratis setiap hari yang bisa kita gunakan. Bisa juga melalui Ubbersuggest, riset keyword di Google Trends, treading twitter atau di Google pencarian. Tergantung masing-masing pribadi lebih nyaman memakai riset keyword yang mana.

2. Riset konten di GSC

Bingung mau menulis tentang apa? Coba buka buka Search Google Console (GSC), kemudian klik tanda 3 baris kecil di bagian kiri atas. Klik Performa, setelahnya seret krusor ke bagian bawah dan akan ketemu Kueri. Pada Kueri kita bisa melihat tulisan apa saja yang banyak dibaca oleh pengunjung. Maka, kita bisa membuat tulisan baru berdasarkan kueri di GSC.

3. Mencari referensi konten

Setelah menemukan kata kunci yang tepat beserta kata kunci turunannya. Kita tinggal action yaitu menulis artikel. Supaya artikel kita berkualitas tentu dibutuhkan referensi dari sumber yang terpercaya.

Dalam mencari referensi saya biasanya mengetikkan kata kunci di Google pencarian  kemudian membaca beberapa artikel yang berkaitan dengan artikel yang akan saya tulis. Selanjutnya saya akan menulisnya dengan gaya sendiri. Pernah menulis tentang beberapa warung makan, saat dicek lokasinya ternyata warung makannya sudah tutup permanen atau pindah. Padahal tulisan itu tinggal edit saja. Kalau warungnya tutup ya terpaksa diganti tulisan warung yang lain. Sementara kalau pindah ya dicari alamat barunya di mana.

4. Menambahkan ilustrasi yang menarik

Menambahkan gambar ilustrasi yang menarik ke dalam konten bagi saya adalah bagian yang membuat tidak percaya diri. Karena terus terang jiwa seni menggambar saya cukup memprihatinkan. Dulu waktu sekolah dasar menggambarnya dua gunung kemudian ada matahari di tengah gunung. Di tambah jalan yang berkelok, itupun terasa kaku sekali.

Tetapi demi sebuah artikel yang bagus, mau tidak mau harus belajar mengedit foto dan video. Meskipun tidak bagus tetapi cukup lumayan lah daripada tidak ada gambar sama sekali. 

Saya biasanya menggunakan aplikasi Canva, Picsart untuk mengedit foto. Sementara untuk edit video menggunakan VN dan Capcut. Kalau teman-teman m Ingin Membuat Konten Berkualitas? Ikuti 5 Tips ini enggunakan aplikasi apa untuk edit foto dan video.

5. Cek Plagiarism 

Setelah konten sudah melalui fase pengeditan, langkah selanjutnya adalah mengecek plagiat konten kita. Jangan sampai konten kita terdeteksi plagiat, apalagi sampai 100 % plagiat. Bisa-bisa om Google tidak mau melirik blog kita lagi.

Saya biasanya melakukan cek plagiat setelah artikel selesai ditulis dan sebelum ditambahi gambar ilustrasi. Hal ini untuk memudahkan copy paste artikel ke website cek plagiat. Saya biasanya menggunakan duplichecker. Untuk versi gratisan satu kali cek bisa maksimal 1000 kata. 

Nah itu tadi tentang 5 Tips membuat konten berkualitas menurut versi saya tentunya. Tentu teman-teman mempunyai cara tersendiri bisa share di kolom komentar. Yang pasti tetap semangat menulis.

2 komentar untuk "Ingin Membuat Konten Berkualitas? Ikuti 5 Tips ini "

  1. Balasan
    1. Masih dong. Ini blog pertama yang dibuat kok, dari iseng-iseng dan tulisan masih jadul kok hehe

      Hapus