Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indonesian Social Blogpreneur (ISB), Komunitas Blogger yang Asyik untuk Belajar Ngeblog

Indonesian Social Blogpreneur (ISB)

Sebagai mahkluk sosial kita tidak bisa hidup sendiri. Begitu juga dengan kegiatan ngeblog. Untuk menambah  pengetahuan tentang blog, saya bergabung dengan beberapa group blogger, salah satunya Indonesian Social  Blogpreneur (ISB). 

Awal Bergabung dengan ISB

Kenal dengan Komunitas ISB berawal dari postingan Admin ISB kalau tidak salah Mbak Liswasti di Instagram yang berisi tentang adanya pembukaan kelas blogger untuk pemula. Meskipun, sudah punya blog, tetapi saya merasa ilmu tentang blog saya masih sangat minim. Sehingga, saya memutuskan bergabung dengan ISB. Tepatnya lupa kapan bergabung, seingat saya awal tahun 2022, kemudian bulan Mei ISB mengadakan one day one pos dan saya mengikutinya.

Alasan lain saya bergabung dengan ISB waktu itu adalah bahwa setiap guru itu akan mempunyai cara yang berbeda dalam menyampaikan materi, meskipun materi yang disampaikan sama. Dengan semakin banyak kita menimba ilmu pada banyak orang, tentu kemampuan kita juga akan meningkat dengan sendirinya.

Pada waktu ikut workshop yang diadakan oleh ISB saya banyak belajar dari Teh Ani tentang cara menulis postingan di blog dengan metode story telling. Selain itu ada juga materi untuk membuat infografis yang menarik untuk blog dari Mas Adhe Albian menggunakan aplikasi VN, Canva dan Snapseed. Sementara untuk materi SEO diberikan oleh Mas M. Jumardan atau biasa dipanggil dengan Mas Ardan. Ketiga materi tersebut sangat membantu sekali saya dalam membuat postingan di blog.

Tentang ISB

Komunitas Indonesian Social Blogpreneur didirikan oleh Teh Ani Berta, dibantu beberapa admin yaitu Mbak Liswanti Pertiwi, M. Jumardan, Adhe Albian dan Riri Restiani. Sementara untuk anggota komunitas ini terdiri dari para blogger Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Bahkan, ada beberapa blogger yang tinggal di luar negeri. tempat tinggal saat ini bukan masalah lagi, karena saat ini kita bisa belajar dengan sistem online.

Mungkin ada teman-teman yang penasaran dan ingin tahu tentang ISB dapat melihat langsung di akun media sosilanya. Di IG @komunitasisb, Twitter @komunitasisb dan akun Fb @komunitasisb. Dari akun media sosisal ISB tersebut, kita dapat mengetahui berbagai informasi tentang komunitas ISB, informasi kepenulisan (blog) dan cara bergabung dengan komunitas ini.

Kegiatan di ISB

1. Selasa sharing

Selasa sharing ini dilakukan melalui group whatshapp, untuk waktunya selonggarnya pemateri. Selasa sharing ini tidak hanya membicarakan tentang blog saja, tetapi banyak hal dibicarakan oleh teman-teman yang memang sudah menguasai dibidangnya. Misalnya sharing tentang usaha yang dijalani, menjadi conten kreator dan tema lainnya.

Pemateri sendiri bisa dari anggota ISB maupun dari luar. Berhubung sering dilaksanakan siang hari, saya sangat jarang mengikutinya. Meskipun jarang aktif, tetapi saat malam hari saya luangkan waktu untuk membaca tentang selasa sharing. Meskipun, mungkin kita tidak mampu mengikuti langkah teman kita, tetapi paling tidak, kita ketahui tentang ilmunya.

2. ODOP

Teman-teman pasti tahu kan tentang odop atau one day one posMeskipun tulisannya odop tetapi setoran tulisan tidak setiap hari, tetapi dua atau tiga hari sekali. Kebetulan saya sudah mengikuti ODOP ISB dua kali kalau tidak salah. 

Tema-tema yang di hadirkan untuk Odop cukup beragam, tidak hanya tentang menulis dan blog, tetapi juga tentang kehidupan sehari-hari. Bahkan ada tema-tema tentang kenangan juga lho. Tema odop ini sangat membantu sekali saya dalam mengisi postingan di blog. Karena, saya sering bingung mau nulis apa ya untuk posting di blog.

3.  Webinar

Pada saat-saat tertentu ISB bekerja sama dengan nara sumber yang sangat kompeten dibidangnya dan mengadakan webinar yang bisa diikuti oleh anggota ISB. Saya pernah mengikuti salah satu webinar yang diadakan ISB dengan Dandiah yang bertema Bertemu dengan Innerchild. Saya sangat senang sekali karena berkesempatan mengikuti webinar ini. Karena materi ini baru sekali saya dapatkan di webinar tersebut. Dengan mengikuti webinar tersebut, saya jadi mengetahui bawasannya bukan hanya anak yang durhaka, tetapi orang tua pun bisa menjadi durhaka.

Saran untuk ISB

Untuk Selasa sharing yang sudah saya sebutkan di atas karena waktunya tidak tentu dan juga karena saya dan teman-teman lain juga mempunyai kesibukkan masing-masing, mungkin waktunya bisa diperhitungkan kembali. Saya yakin teman-teman yang hanya silent reader seperti saya ini pasti menyimak obrolan di group meskipun telat. 

Mungkin waktu untuk selasa sharing bisa diperpanjang misalnya pemateri atau admin drop materi pagi hari dan memberi kesempatan bertanya teman-teman untuk bertanya sampai sore atau malam. Dan, pemateri membalas pertanyaan jika sudah terkumpul semua pertanyaannya.

Harapan untuk ISB

Harapan saya untuk ISB semakin lebih berkembang sebagai komunitas blogger. Dan, bagi teman-teman yang belum bergabung dengan ISB bisa segera bergabung karena banyak sekali manfaat yang didapatkan. Selain menambah ilmu tentang blog juga bisa menambah jaringan pertemanan. Karena Indonesian Social Blogpreneur (ISB) merupakan komunitas Blogger yang Asyik untuk Belajar Ngeblog


.



Posting Komentar untuk "Indonesian Social Blogpreneur (ISB), Komunitas Blogger yang Asyik untuk Belajar Ngeblog"