Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Destinasi Wisata Madiun dari Sejarah, Religi dan Alam yang Mengagumkan

Destinasi Wisata Madiun
Monumen Kresek/foto:Arif Wahyu Efendi

Destinasi Wisata Madiun dari Sejarah, Religi dan Alam yang Mengagumkan- Pernah dengar tentang daerah Madiun? Yang pelajaran sejarahnya bagus pasti pernah mendengar tentang daerah ini. Yups Madiun merupakan markas pemberontakan PKI Muso pada tahun 1948. Namun, kali ini saya tidak membahas tentang PKI, melainkan tentang destinasi wisata Madiun.

Madiun berada di Jawa Timur bagian barat dekat dengan perbatasan Jawa Tengah. Daerah ini jauh dari pantai dan tidak terdapat gunung yang tinggi. Namun, hal itu bukan berarti di Madiun tidak ada destinasi wisata yang menarik.

Oh ya Madiun memiliki beberapa nama lain seperti kota Pecel, hal ini karena setiap sudut dari kota sampai desa, terdapat penjual Pecel Madiun. Ada juga yang menyebut Kampung Pesilat karena di daerah ini banyak sekali perguruan silat. Juga ada yang menyebut Kota Brem, yaitu makanan yang terbuat dari sari tape. Apa pun namanya Madiun merupakan daerah yang indah.

Kembali ke destinasi wisata Madiun, di sini ada banyak tempat tujuan wisata. Mulai dari wisata religi, sejarah maupun wisata alam. Jadi, jika teman-teman berkunjung atau sekedar singgah di daerah Madiun tidak perlu takut tidak ada tempat wisata di sini. Supaya tidak penasaran berikut ini beberapa obyek wisata yang ada di Madiun

1. Air Terjun Seweru

Daerah Madiun di bagian timur berada di lereng Gunung Wilis bagian barat.  Sehingga  tempatnya lebih sejuk karena berada di ketinggian. Di daerah bisa ditemukan destinasi wisata berupa air terjun yaitu Air Terjun Seweru.

Air terjun Seweru mempunyai beberapa nama seperti Air Terjun Serondo dan Air Terjun Selampir.

Untuk mencapai lokasi air terjun, kita perlu berjalan atau melakukan trekking cukup jauh melewati jalan setapak dan perkebunan kopi.

Namun, rasa lelah karena perjalanan yang cukup jauh akan tergantikan dengan pemandangan dan segarnya air di sana.

Dengan ketinggian sekitar 30 meter, Air terjun Seweru seperti keluar dari celah bebatuan. Karena air terjun ini terdiri dari beberapa cabang yang kemudian jatuh bersamaan.

Lokasi Air Terjun Seweru berada di Dsn. Seweru, Kare, Madiun. Jatim.

Untuk masuk ke lokasi ini tidak diperlukan tiket masuk atau gratis.

2. Waduk Kedung Brubus

Destinasi Wisata Madiun
Waduk Kedung Brubus

Waduk Kedung Brubus merupakan bendungan buatan yang berfungsi sebagai tempat untuk menampung aliran Sungai Kedung Brubus.
Jika kamu hobi mancing, di sini merupakan tempat yang tepat. Di sini ditemui banyak orang yang memancing.

Waduk Kedung Brubus terletak di Desa Dawuhan, Pilangkenceng, kab. Madiun. Jatim.

Untuk masuk lokasi, kita dikenakan tiket masuk sebesar Rp. 2.000; Tempat wisata ini buka 24 jam setiap Hari. Jadi, kamu bisa datang kapan saja ke sini untuk memancing atau menikmati pemandangannya.

3. Sun City Water&Themepark Madiun

Setelah menikmati keindahan alam di wilayah kabupaten, sekarang kita berpindah lokasi ke Kota Madiun di bagian Timur. Di sini terdapat waterpark yang lokasinya sama dengan Sun City Mall (salah satu mall terbesar di Madiun). Jadi, setelah lelah bermain di waterpark, Kita bisa lanjut berbelanja di Mall nya.

Terdapat banyak wahana permainan yang menyenangkan dan tentu saja seru di tempat ini. Permainan air merupakan salah satu permainan favorite di sini dan menjadi tujuan utama pengunjung.

Selain permainan air, di sini juga terdapat wahana bermain lain yang tak kalah serunya, seperti bom-bom car, Trampolin, kereta api mini dan pemainan lainnya.

Sun City Water&Themepark berlokasi di Jalan S. Parman nomer 2, Sukosari, Kartoharjo, Kota Madiun, Jatim.

Harga tiket masuk sekitar Rp 30.000-Rp 5.000; Harga tiket bisa berubah sewaktu-waktu.

Untuk jam buka setiap hari mulai 08.00-17.00 

4. Masjid Kuno dan Makam Taman Kota

Destinasi Wisata Madiun

Ingin berwisata religi di Madiun juga ada. Tempatnya berada Masjid Besar Kuno Madiun, yang dibangun pada tahun 1754 oleh Kiai Ageng Misbach.

Pertama dibangun, bangunan utama masjid ini terbuat dari kayu jadi berukuran besar dengan tiga pintu masuk. Meskipun masjid ini sudah sangat lama dibangun, namun hingga saat ini belum pernah direnovasi. Kondisi masjid pun masih sangat kokoh.

Masjid ini masuk dalam daftar peninggalan cagar budaya pada tahun 1981. Oh ya di sekitar makam terdapat makam bupati Madiun.

Masjid ini berlokasi di Jalan Asahan, Taman, Madiun, Jawa Timur.

5. Monumen Kresek

Jas merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah. Monumen ini didirikan untuk mengenang para korban yang meninggal dibantai Partai Komunis Indonesia (PKI) pada tahun 1948.

Jaraknya dari Madiun Kota sekitar 8 kilometer ke arah timur. Di sini terdapat patung yang merupakan ikon monumen yaitu seorang lelaki yang berdiri sambil mengayungkan pedang (lelaki ini menggambarkan Muso, pemimpin pemberontakan PKI tahun 1948) kepada lelaki tua yang duduk pasrah (lelaki ini menggambarkan Kiai Husen, seorang ulama dan anggota DPRD waktu itu). Selain patung itu, juga ada relief yang mengambarkan aksi-aksi PKI di masa lalu. 

Setelah capek mengamati dan belajar sejarah, kita masih bisa bermain di taman bermain yang ada di bawah. Kita juga dapat menikmati berbagai kuliner enak di sana.

Monumen ini berlokasi desa Kresek, Wungu, Kab. Madiun.  Jawa Timur.

6. Hutan Pinus Nongko Ijo

Masih di daerah Madiun bagian timur terdapat tempat wisata berupa hutan pinus yang dikenal dengan Nongko Ijo. Tempat ini sesuai untuk yang suka suasana sejuk dan jauh dari keramaian. Sehingga dapat menghilangkan rasa penat dan capek.

Rimbunya pohon pinus memberi kita rasa aman dan nyaman, sehingga membuat siapa pun yang ke sini akan betah duduk berlama-lama memandang keindahan tempat ini. 

Alam yang indah dipadu dengan aliran air sungai tentu semakin menambah suasana semakin romantis. Ada banyak spot foto di sini, dijamin koleksi fotomu makin bertambah banyak.

Nongko Ijo terletak di Desa Kare, kec. Kare, Kab. Madiun. Jatim.

Buka setiap haribmulai pukul 07.00-17.00 WIB

Tiket masuk tempat ini cukup murah yaitu Rp 5.000;

7. Taman Trembesi Kota Madiun

Taman Trembesi terletak di tengah kota Madiun. Seperti namanya, taman ini terdiri dari pohon kumpulan Trembesi di lahan seluas 0,8 hektar.

Jangan heran saat datang ke sini, karena hampir semua pohon Trembesinya besar-besar. Diameternya ada yang sampai 1 meter dengan ketinggian pohon hingga 50 meter. Hal ini membuat daerah ini teduh dan sangat sejuk.

Pengunjung yang datang ke sini selain menikmati pemandangan juga dapat menikmati wahana permainan yang tersedia. Seperti flying fox, mini trail, paintball, ATV dan wahana bermain anak yang seru.

Untuk yang suka berfoto, tidak perlu kuatir karena di sini di sediakan beberapa spot menarik untuk berfoto, seperti ayunan, papan warna-warni, tanda love dan spot foto lainnya.

Lokasi Taman Trembesi terletak di Jalan Rimbakary, Kartoharjo, Kota Madiun, Jatim.

Harga tiket masuk Rp. 6.000;
Jam buka Taman Trembesi mulai pukul 08.00 -17.00

Itu tadi Rekomendasi Destinasi Wisata Madiun dari Sejarah, Religi dan Alam yang mengagumkan. Menarik semua kan? Selain itu masih banyak tempat wisata di Madiun yang lain.




Posting Komentar untuk "Destinasi Wisata Madiun dari Sejarah, Religi dan Alam yang Mengagumkan "