Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Manfaat Positif yang didapatkan Saat Memiliki Idola

Manfaat Positif yang didapatkan Saat Memiliki Idola

Apakah memiliki idola hanya perkerjaan sia-sia ataukah ada manfaat yang bisa diambil? Bicara tentang idola, pasti sebagian besar teman-teman memilikinya. Saya pun demikian. Biasanya orang yang kita idolakan adalah publik figur yang mempunyai prestasi di bidang tertentu.

Saya pribadi idolanya berubah-ubah, menyesuaikan umur. Tidak tahu ini semacam suka, kagum atau termasuk mengidolakan ya. Dulu saat kecil, suka dengan penyanyi cilik, agak besar berubah lagi. Dan, saat ini saya menyukai public figure yang bisa memotivasi diri.

Meskipun saya mengidolakan seseorang, namun saya tidak pernah terlalu mengikuti informasi pribadi orang tersebut. Bagi saya, setiap orang itu mempunyai sisi baik maupun buruknya. Maka, saya hanya mengambil sisi baik dari orang-orang yang saya kagumi. Dan, ternyata mengidolakan seseorang itu bisa menumbuhkan manfaat positif untuk kita lho. 

1. Menjadi sumber  motivasi

Siapa sih idola kamu saat ini? Mungkin salah satu aktris, atau publik figur terkenal. Dengan mengidolakan seseorang, maka kita akan berusaha mencari tahu lebih banyak tentang latar belakang idola kita. Dengan mengetahui sejarah perjuangan para idola kita dari bukan siapa-siapa sampai menjadi orang sukses seperti saaat ini, tentu akan membuat kita termotivasi bawasannya kita pun juga sama-sama mempunyai kesempatan untuk sukses.

Misalanya saja, saya mengidolakan, lebih tepatnya mengagumi orang-orang yang sukses dari nol, bukan mereka yang suksese karena adanya relasi atau sokongan pihak tertentu. Misalnya, Saptuari Sugiharto pemilik Tengkleng Hohah di Jogja. Kang Saptu ini mulai usaha semenjak masih kuliah, jatuh bangun dalam usaha dan juga sempat terlilit hutang dalam jumlah yang sangat besar. Tetapi, setelah jatuh bangun, akhirnya dia bisa memiliki warung tekleng yang cukup terkenal. 

Dari, contoh kecil ini tentu akan menumbuhkan motivasi orang-orang yang pernah gagal dalam usaha untuk bangkit kembali dalam membangun usahanya.

2. Bertemu teman baru

Seseorang yang menjadi idola kita tentu mempunyai banyak pengemar. Nah, untuk menjaalin komunikasi dengan para penggemarnya, sang idola biasanya menggunakan media sosial. Dari sama-sama menjadi pengikut idola, biasanya kita akan saling berbalas komentar. Dari situ akan terjalin komunikasi dengan teman-teman baru.

3. Menjadi terhibur

Biar hidup tidak terlalu monoton dengan keseharian, kita perlu hiburan untuk sekedar meredakan pikiran. Salah satunya dengan menonton televisi atau pun hiburan lain.

Dengan menonton idola kita di televisi atau pun media sosial, baik itu dalam acara reality show atau pun film, tentu akan membuat kita terhibur dan bahagia. Sehingga, kita pun bisa kembali beraktifitas kembali dengan penuh semangat.

4. Memaknai Sebuah perjalanan hidup

Teman-teman tentu pernah membaca atau mendengar tentang kisah perjalanan seseorang dari bawah hingga sukses perlu perjuangan panjang bahkan terkadang menyakitkan. Tetapi, mereka tidak pernah lelah untuk terus berjuang hingga akhirnya bisa menjadi publik figur yang diidolakan oleh orang banyak.

Misalnya saja Dahlan Iskan, seorang pengusaha yang juga pernah menjabat menteri BUMN di tahun 2011 dan segudang prestasi lain yang dimiliki beliau. Dibalik kesuksesan beliau itu dulunya juga anak kampung yang tinggal di sebuah desa kecil di Magetan, Jawa Timur. Dulu, semasa kecil dia juga pernah merasakan sekolah jalan kaki dan tanpa sepatu. Namun, perjalanan hidup yang panjang telah membawa beliau pada posisi sampai saat ini.

Dengan melihat perjalanan hidup sang idola atau pun orang yang kita kagumi tentu kita pun akan membandingkan dengan perjalanan hidup yang sudah kita tempuh sampai saat ini, sudahkah begitu panjang atau masih baru beberapa langkah untuk mewujudkan mimpi kita.

5. Menjadi Terinspirasi untuk Berbuat baik Seperti sang Idola 

Mengidolakan seseorang bukan berarti kita menyukai segala hal tentang meraka. Tetapi, kita bisa memilih hal baik dan tidak baik yang perlu kita ikuti atau tidak. Misalnya saja saat idola kita mengadakan kegiatan amal, kita bisa ikut menyebarkan informasi tersebut atau juga kita bisa langsung ikut dalam kegiatan tersebut. Dengan kegiatan positif yang dilakukan idola kita, tentu akan menarik diri kita untuk berbuat baik juga.

Atau mungkin kita memilihat seorang publik figur yang tetap ingin melanjutkan pendidikannya meskipun sudah sukses secara karir dan materi. Sementara kita yang orang biasa saja terkadang masih malas untuk belajar, dengan melihat apa yang sudah dikerjakan idola kita tentu akan mendorong kita untuk kembali semangat dalam belajar.

Memiliki idola adalah hal biasanya. tetapi perlu diingat bawasannya orang yang kita idolakan adalah juga manusia yang mempunyai kekurangan dan kelebihan. Jadi, janganlah terlalu menyanjung sang idola, ambil manfaat positif yang didapatkan saat memiliki idola untuk dijadikan motivasi dan inspirasi. 


Posting Komentar untuk "5 Manfaat Positif yang didapatkan Saat Memiliki Idola"