Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Internetnya Indonesia Berperan Dalam Menemukan Ide dan Mengembangkan Usaha Keluarga

Internetnya Indonesia


"Janganlah hanya duduk-duduk dan menanti kesempatan datang. Bangunlah dan ciptakan kesempatan itu sendiri" Madam CJ Walker, self-made, milionere pertama.

Terlahir dari keluarga petani dan wirausaha telah membuat saya dan kakak saya memilih menekuni dunia usaha. Sebenarnya sih ada juga keinginan memakai seragam seperti orang lain. Namun, takdir memang telah membuat kami untuk menjadi wirausaha.

Pada akhir tahun  2012, saya berkeinginan membuka usaha, tetapi jenis usaha apa saya belum tahu. Pada awalnya ingin sekali membuka usaha rumah makan. Kebetulan orang tua mempunyai lahan di pinggir jalan besar yang sangat strategis untuk dijadikan usaha kuliner. Karena di daerah tersebut sudah banyak berbagai usaha kuliner dan semuanya laris manis.

Tetapi, ternyata ide itu tidak mendapat persetujuan dari ibu. Menurut beliau usaha makanan matang itu untungnya memang dua kali lipat tetapi capeknya juga lebih. Tidak ada waktu istirahat. Pagi jualan, malam mempersiapkan dagangannya. Begitu pula kalau jualan malam, siang harus mempersiapkan makanannya. Kalau dipikir-pikir benar juga pendapat ibu tersebut. Karena tidak disetujui, maka berpikir lagi mau usaha apa.

Menemukan Ide Budidaya Jamur Tiram melalui Internetnya Indonesia 

Di samping rumah ibu ada 2 buah kandang ayam yang cukup luas dan sudah tidak terpakai. Kandang itu dahulu digunakan untuk memelihara ayam petelur oleh orang tua. Tetapi kolaps imbas dari krisis moneter tahun 1998. Semenjak itu pula kandang kosong dan hanya menjadi tempat penyimpanan barang-barang yang tidak terpakai.

Pada akhirnya saya mendapat ide usaha untuk memanfaatkan kandang ayam tersebut. Tetapi apa? Tidak mungkin kembali memelihara ayam atau usaha peternakan lainnya. Karena di samping kandang ada beberapa rumah tetangga. Jika usaha dibidang peternakan tentu akan menimbulkan polusi udara dilingkungan tersebut.

Akhirnya saya searching di internet tentang ide usaha apa yang sesuai. Dan, saya menemukan usaha budidaya jamur tiram yang kelihatannya sesuai karena cara membudidayakannya di dalam ruangan. Sehingga saya bisa memanfaatkan kandang ayam. Tinggal merombak dalam kandang saja menyesuaikan untuk tempat budidaya jamur.

Cara Hidup Jamur Tiram

Jamur tiram biasanya dibudidayakan diruangan yang biasa disebut kumbung jamur. Supaya jamur tumbuh dengan baik, dibutuhkan kelembaban yang tinggi di ruangan tersebut. Meskipun jamur tumbuh di dalam ruangan  , namun jamur juga butuh oksigen dan juga sinar matahari. Untuk itu tempat hidup jamur(kumbung) harus diatur sedemikan rupa, supaya jamur bisa tumbuh dengan baik.

Alasan Menekuni Usaha Budidaya Jamur Tiram

  1. Alasan pertama karena memang ingin memanfaat kandang ayam supaya tidak ambruk sia-sia dan kebetulan jamur tiram untuk berkembang biak membutuhkan kumbung( tempat tumbuh jamur tiram).
  2. Laba. Tujuan orang membuka usaha adalah memperoleh laba. Untuk itu pula sebelum saya memulai usaha, saya berussaha mencari tahu tentang berapa besar laba yang akan diterima jika usaha dibidang ini. Menurut beberapa sumber yang saya baca, laba untuk budidaya jamur tiram sekitar 30-50% dari hasil panen yang didapat.
  3. Merupakan tanaman organik karena dalam proses produksi hingga panen tidak menggunakan pestisida apa pun. Jadi, aman dikonsumsi dan tidak mencemari lingkungan sekitar


"Di mana ada niat, asal mau berusaha pasti ada jalan. Mungkin jalannya tak semulus orang lain, mungkin hasilnya tak sebaik orang lain, tetapi setidaknya kitabisa menghasilkan sesuatu. Dan, sebagai awal itu sudah cukup." "Jerome Polin Sijabat.

Manfaat Tak Terbatas Internetnya Indonesia dalam Mengembangkan Usaha 

Memulai Usaha Budidaya Jamur Tiram 

Media jamur tiram
Media jamur tiram 


Berhubung usaha budidaya jamur tiram masih jarang yang menekuninya di daerah saya, maka masih bingung dari mana mengawalinya. Modal sudah ada, ilmu sedikit-sedikit sudah menguasai dari buku dan internet. Tetapi, tanpa seorang pembimbing kok rasanya kurang percaya diri.

Alhamdulillah, ternyata ada tetangga desa yang sudah memulai usaha ini. Dari dia juga akhirnya saya belajar tentang budaidaya jamur tiram. Karena masih pemula, saya memutuskan untuk membeli media tanam jamur tiram (biasa disebut baglog) terlebih dahulu. Sambil mengamati bagaimana  cara tumbuh jamur tiram .

Pada perkembangan usaha yang saya tekuni ini, akhirnya saya memutuskan belajar untuk membuat media tanam jamur tiram sendiri. Tujuannya tentu saja supaya keuntungan yang didapat lebih besar karena dengan membuat media tanam sendiri tentu akan lebih hemat.

Untuk membuat media tanam sendiri ternyata tidak semudah yang saya bayangkan. Beberapa kali gagal karena tidak sesuai dengan standart pembuatan media tanam. Untuk itu saya sering bertanya kepada tetangga saya tempat saya mengambil media jamur. Selain itu saya juga memanfaatkan media sosial facebook untuk menambah pengetahuan tentang budidaya jamur tiram.

Internetnya Indonesia


Saya bergabung dengan beberapa group pembudidaya jamur yang ada di Facebook. Berkat bergabung dengan beberapa group tersebut banyak manfaat yang saya dapati. Karena di group tersebut banyak teman yang dengan sukarela membagikan ilmu tentang jamur tiram.

Berkat bergabung dengan beberapa group di Facebook itu pula saya terus belajar dan mengetahui bawasannya jamur tiram itu bisa tumbuh dengan baik jika proses produksi juga sudah sesai standart. Seperti komposisi baglog tepat, bibit jamur yang digunakan bagus, tempat tumbuh jamur bersih dan syarat tumbuh lainnya.

Membuka usaha Jamur Krispi 

Jamur Krispi


Dari group Facebook itu pula saya berinisiatif membuka usaha baru yaitu Jamur Crispy. Usaha ini adalah merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan harga jual jamur tiram. 

Oh ya jamur tiram itu panennya tiap hari, tidak seperti padi yang 4 bulan sekali baru panen. Jadi, ada tidak pedagang, repot tidak kita, jamur tiram tetap harus dipanen. Kalau tidak dipanen, jamur akan rusak dan busuk. Sehingga tidak layak konsumsi.

Ada masa-masa pasar jamur libur. Seperti saat hari raya Idul Fitri dan idul Adha. Lalu jamurnya bagaimana? Jamurnya ya tetap panen. Dulu biasanya dibagikan pada tetangga tetapi kadang juga tidak enak ya, takut saja dibilang jamur tidak laku baru bagi-bagi dengan tetangga.

Berkat sharing dengan sesama pembudidaya jamur di media sosial tersebut akhirnya bertemu solusi saat jamur tiram tidak laku yaitu dibuat olahan. Salah satunya yaitu Jamur Krispy. 

Dan, alhamdulillah Jamur Krispy produksi saya, yang diberi nama "Qolbu Crispy" mendapat respon positif dari para konsmen. Dan, saat ini produknya sudah bisa ditemukan dibeberapa mini market di Madiun.

Selain memasarkan melalui offline, mulai bulan ini saya juga mulai memasarkan Jamur Krispy melalui marketplace. Dengan memanfaatkan internet, saya berharap produk saya ini bisa dinikmati konsumen di dalam negeri maupun di luar negeri.

Study dan bisnis anak lancar

IndiHome


Tak terasa anak sulung saya sudah satu tahun ini kuliah. Perasaan baru kemarin dia masih anak-anak. Memang waktu berlalu begitu cepatnya tanpa kita sadari

Meskipun kuliah offline sudah dimulai beberapa bulan lalu. Tetapi, pada kenyataannya masih sering kuliah online. Mungkin karena para dosen sudah nyaman pembelajaran online yang bisa dilakukan dari mana saja. Biasanya kuliah online dilakukan melalui Zoom.

Supaya kegiatan study anak tidak terganggu karena sinyal yang kurang mendukung. Maka, dibutuhkan saluran internet dengan koneksi cepat. Beruntung ada IndiHome yang jaringan sampai ke pedesaan. Sehingga, meskipun tinggal di desa (kabel telepon di depan rumah sudah ada sejak tahun 1997) study anak bisa tetap lancar. Baik dalam pembelajaran online maupun saat mengerjakan dan mengirimkan tugas-tugas kuliah.

Oh ya selain kuliah, sudah 6 bulan ini anak saya membuka usaha servis dan jual beli kaburator online. Usaha ini bermula dari hobi anak yang senang dunia otomotif. Dan, memang di rumah kegiatan anak setiap hari selain kuliah adalah ikut nembantu kakak saya dibengkel. 

Bisa dikatakan usaha anak saya ini dari hobi menjadi cuan. Awalnya sih dia menggunakan media sosial untuk memosting hasil servisannya. Teman-teman offline anak memang banyak yang mempercayakan montor mereka untuk di servis. Hanya sekedar posting saja.  Bermula dari sana, ternyata banyak teman media sosial yang tertarik untuk menservis karburator mereka ditempat anak saya. Melihat peluang tersebut akhirnya diterima juga orderan tersebut. Selain itu juga dilengkapi dengan menyediakan karburator baru dengan bonus setting, beserta segala pernak-pernik mesin lainnya.

Untuk  menjaga kepercayaan pelanggan anak saya memilih menggunakan marketplace sebagai tempat transaksi. Peran internet yang cepat dan stabil sangat besar dalam usaha ini. Karena respon yang cepat terhadap konsumen sangat diperlukan supaya tidak ada komplain negatif.

Dan, alhamdulillah usaha ini berjalan lancar. Setiap hari lebih dari 10 orderan yang masuk. Bahkan, karena permintaan yang cukup besar, anak saya harus menutup antrian servisan. Karena antriannya sudah terlalu panjang.

Makin giat ngeblog

IndiHome Aktivitas Tanpa Batas


Bagi seorang blogger, internet seperti pasangan kedua ya. Bagaimana tidak? Saat sedang menulis sebuah artikel, tentu kita butuh tulisan referensi dari berbagai sumber. Untuk mencari tulisan referensi dibutuhkan internet yang stabil dan lancar. Dapat dibayangkan, jika kita sedang mencari tulisan referensi sementara jaringan internetnya timbul tenggelam, sehingga terus loading. Hal ini tentu akan membuat mood menulis kita hilang. 

Selain itu untuk menambah ilmu kepenulisan, saya sering mengikuti webinar ataupun kelas menulis yang diadakan oleh beberapa komunitas. Bagi saya setiap orang itu memiliki ilmu sendiri-sendiri. Dengan kita belajar dari mereka, tentu bisa menambah ilmu kita dalam menulis.

Biasanya metode pembelajarannya mengunakan media Watshapp dan Zoom. Dan, Internetnya Indonesia kembali membantu saya menambah ilmu kepenulisan.

Internet juga membantu saya saat mengedit foto untuk  gambar pendukung artikel di blog.  Hal ini bertujuan supaya foto yang dihasilkan mempunyai keterkaitan dengan tulisannya. Biasanya untuk mengedit foto, saya menggunakan dua atau lebih aplikasi edit foto. Dan, untuk menjalankan aplikasi tersebut dibutuhkan jaringan internet yang kencang. 

Saat sedang longgar atau jenuh, saya mengisi waktu luang dengan menonton drakor. Menonton drakor itu bukan saja untuk hiburan, tetapi juga bisa mendatangkan ide untuk menulis. Kita juga dapat membagikan sinopsis drakor yang dilihat kepada orang lain melalui postingan di blog.

Dengan melihat betapa beragamnya kegiatan keluarga menggunakan internet. Bisa dibayangkan kalau memakai sistem kuota. Bisa habis berapa duit itu  semua. Beruntung sekali ada IndiHome, sehingga keluarga saya bisa ber Aktivitas Tanpa Batas tanpa takut kehabisan kuota internet.


Layanan Internet IndiHome Menjangkau Seluruh Indonesia dengan beragam pilihan Paket

IndiHome Internetnya Indonesia




Indihome merupakan layanan digital yang menyediakan internet dan TV interaktif dari Telkomsel Indonesia. Internet merupakan salah satu layanan IndiHome  yang menggunakan jaringan fiber optik dan sudah tersebar di seluruh negeri. Untuk ketersediaan jaringan bisa di cek di indihome.co.id.

Akses internet IndiHome lebih stabil dan tahan terhadap cuaca. Sehingga segala aktivitas berinternet seperti belajar, berjualan, bekerja, belanja online, nonton drakor hingga maen games di rumah tetap nyaman dan lancar.

Teman-teman pasti berpikir, tentu mahal ya kalau langganan IndiHome. Tenang saja. IndiHome menawarkan berbagai paket internet murah untuk rumah sesuai kebutuhan dan budget yang tersedia.

Selain itu, IndiHome juga sering mengadakan banyak promo setiap tahunnya. Jadi, buat teman-teman yang belum berlangganan IndiHome yuk segera mendaftar menjadi anggotanya. Sehingga kita bisa merasakan internet lancar dengan kecepatan tinggi. Sekaligus kita juga menikmati layanan TV interaktif dan telepon rumah yang jernih.

Orbit Solusi Internet  Cepat tanpa Perlu Berlangganan

Orbit Telkomsel


Telkomsel Orbit adalah layanan internet rumah yang menggunakan perangkat modem WiFi dengan kualitas jaringan selular terbaik, serta paket data yang bisa kita gunakan tanpa perlu berlanggan.

Bagi teman-teman yang ingin berlangganan internet IndiHome, namun terkendala jaringan yang tidak tersedia atau takut biaya bulanannya dpat memilih menggunakan Orbit dari Telkomsel ini.

Telkomsel Orbit ini cukup fleksibel karena bisa dipindahkan ke mana saja. Termasuk saat kita berada di luar rumah. Asalkan ada koneksi Internet dari Telkomsel, Orbit tetap bisa digunakan.

Mengenal Wifi.id Seamless

Wifi.id Seamless


Wifi.id Seamless adalah salah satu layanan unggulan dari IndiHome yang bertujuan untuk memudahkan para pengguna IndiHome dalam mengakses koneksi internet melalui ribuan titik jaringan Wifi.id yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk bisa menikmati Wifi.id Seamless kita harus berlangganan IndiHome terlebih dahulu dan harus mempunyai akun myIndiHome. Setelah mempunyai akun myIndiHome kita tinggal berlangganan Wifi.id Seamless.

Setelah berlanggan dengan Wifi.id Seamless kita dapat menikmati Wifi.id dengan kecepatan 100 Mbps hanya dengan 10 ribu rupiah/bulan untuk setiap perangkat. Jaringan Wifi.id biasanya dipasang di Plasa Telkom dan sarana publik seperti taman, mall dan beberapa tempat lainnya.

Bagi yang sering menggunakan internet di luar rumah, sangat disarankan untuk menggunakan fasilitas Wifi.id Seamless ini. Karena saat diluar rumah kita tidak perlu lagi membeli kuota internet. Hanya dengan log in ke akun Wifi.id Seamless, kita bisa menikmati internet tanpa batas, meskipun berada di luar rumah.

myIndiHome


Bagi teman-teman yang ingin merasakan manfaat tak terbatas dari Internetnya Indonesia bisa langsung datang ke Telkom Indonesia di Plasa Tekom terdekat. Atau bisa juga melalui https://indihome.co.id. Bisa juga melalui call center 147. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi myIndiHome.

Saya dan keluarga bisa memanfaatkan Internetnya Indonesia dalam menemukan ide dan mengembangkan usaha keluarga. Bagaimana dengan teman-teman, adalah teman-teman pengguna Indihome? Dan, sudahkah teman-teman memanfaatkan internet tersebut. Share yuk dikolom komentar.

Referensi tulisan dan foto  https://indihome.co.id

13 komentar untuk "Internetnya Indonesia Berperan Dalam Menemukan Ide dan Mengembangkan Usaha Keluarga"

  1. wah baru tau ada produk orbit bisa cocok untuk kebutuhan saya. Bisa dipindahkan reuter ke tempat kita bekerja. Terima kasih atas rekomendasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Ina, Orbit sesuai untuk teman-teman yang suka pindah-pindah tempat kerja. Jadi, bisa tetap terkoneksi dengan internet di mana pun berada.

      Hapus
  2. Aku sudah dong. Aku memanfaatkan jaringan internet IndiHome lebih banyak untuk menonton film streaming. Lancar dan jarang buffering.

    BalasHapus
    Balasan
    1. IndiHome memang jaringannya kuat dalam berbagai kondisi cuaca. Nonton streaming film pun pasti lancar

      Hapus
  3. Sekarang ini internet benar-benar jadi gabian hidup kita ya, kalau internet terhambat banyak hal juga terhambat. Jangankan internet, mati lampu setengah jam aja sudah panik karena nggak bisa kerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, saat ini listrik dan internet memang menjadi salah kebutuhan yang penting bagi usaha beberapa orang. Jika, salah satunya mengalami kendala tentu akan berdampak pada usaha yang dilakukan.

      Hapus
  4. saya jadi ingat pernah belajar budidaya jamur waktu magang KKN kuliah dulu. jamur tiram emang enak sih, peluang usahanya juga bagus baik dulu maupun sekarang. marketplace juga membuka peluang pemasaran yang lebih luas ya. untung ada IndiHome nih, internetan buat pemasaran jual beli jamur jadi lancar ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, saat ini semakin banyak yang mengenal tentang jamur tiram. Jadi, masih ada prospek ke depannya. Berkat internet saat ini kita bisa berdiskusi atau tukar ilmu dengan para pembudidaya jamur di seluruh Indonesia.

      Hapus
  5. Keren ya, IndiHome bikin peluang usaha lebih terbuka. Siapa saja bisa sela mau usaha, coba dan punya rasa ingin tahu yang tinggi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, IndiHome sangat membantu siapa saja yang ingin maju. Asal mau berusaha pasti ada saja jalannya.

      Hapus
  6. internet memang menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat saat ini, dan indihome membantu sekali, krn cakupannya sudah lebih luas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, saat ini tidak lihat handphone satu hari saja rasanya tidak bisa. IndiHome memang membantu sekali masyarakat Indonesia dalam menambah ilmu pengetahuan tentang apa saja.

      Hapus
  7. wah bener sih, berkat internet jadi makin berkembang ya banyak usaha dan industri kecil yang penjualannya sampai ke luar negeri :)

    BalasHapus