Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Aplikasi Edit Foto di Android yang Keren

Aplikasi Edit Foto di Android
Tampilan aplikasi edit foto PicsArt


7 Aplikasi Edit Foto di Android yang Keren. Mana yang teman-teman gunakan untuk membuat gambar pendukung di postingan blog?

Seperti yang kita ketahui bawasannya sebuah artikel atau tulisan hendaknya dilengkapi minimal satu gambar pendukung. Tujuannya tentu saja supaya artikel menjadi menarik, sehingga pembaca tertarik untuk membaca.

Gambar atau foto yang digunakan bisa berasal dari foto karya sendiri atau pun bisa mengambil dari website yang menyediakan foto secara gratis. Tetapi, adakalanya foto karya kita atau yang kita ambil dari website itu tidak sesuai dengan keinginan kita. Oleh karena itu perlu adanya aplikasi edit foto, untuk mengedit foto sesuai dengan keinginan kita.

Tujuan dari kita menggunakan aplikasi edit foto tentu saja supaya foto yang kita gunakan lebih menarik. Baik itu dari segi warna, cahaya, kekontrasan dan lain sebagainya.

Ada banyak Aplikasi edit foto baik di handphone maupun di PC yang bisa gunakan.  Tergantung aplikasi seperti apa yang kita butuhkan. Hasil edit foto di Android pun juga cukup bagus. Tetapi, jika ingin lebih bagus memang lebih baik mengedit mengunakan PC. Berikut ini ada 7 aplikasi edit foto di Android yang keren yang bisa kita gunakan.

7 Aplikasi Edit Foto di Android

 1. Canva

Saya mengenal  Aplikasi Canva sudah dua tahun ini. Pada awalnya karena ada teman di sosial media yang merekomendasikannya untuk membuat foto pendukung postingan di blog.

Banyak hal bisa kita buat dengan Canva. Seperti membuat kartu ucapan, menyunting foto, membuat grafik, menambahkan teks ke foto, membuat Curriculum Vitae(CV). Karena aplikasi ini sangat lengkap, Canva dianggap mampu menjadi subtitusi dari berbagai aplikasi desain grafis yang rumit.

Untuk menikmati fasilitas lengkap dari aplikasi ini kita perlu beralih ke premium. Namun, versi gratisan pun juga sudah cukup lengkap. Memang tidak selengkap versi premium dimana kita bisa bebas menggunakan semua fasilitas aplikasi. Seperti penghilangan latar belakang foto. Kita juga bebas menggunakan berbagai font yang tersedia. Sehingga desain foto yang kita hasilkan bisa lebih menarik.

Dengan Canva premium kita juga bisa membuat poster berukuran besar yang menarik dan cepat tanpa harus membayar jasa desain poster.

Bagi pelaku bisnis, Canva dapat membantu kelancaran bisnis. Karena aplikasi ini bisa membantu kita membuat poster iklan yang menarik. Selain itu Canva juga ahli dalam membuat selebaran digital di berbagai media sosial. Untuk ukuran foto kita bisa menyesuaikan sendiri sesuai kebutuhan. Seperti ukuran untuk story atau feed di Instagram ataupun media sosil lainnya.

Kabar baiknya selain bisa edit foto, kita juga bisa mendaftar sebagai contributor Canva yang bisa menjadi sumber pendapatan kita.

2. Snapseed 

Dulu Snapsees merupakan merupkan aplikasi berbayar khusus untuk iPad. Kemudian pada tahun 2012, Google membeli perusahaan induk aplikasi ini. Semenjak itu pula aplikasi ini menjadi gratis dan tersedia untuk banyak flatform termasuk Android. 

Aplikasi Snapseed Photo Editor menawarkan berbagai fitur edit foto yang cukup lengkap, baik manual maupun otomatis. Baik pemula maupun profesional mampu menjalankan aplikasi ini.

Selain itu Snapseed memiliki sejumlah besar alat penyuntingan yang dapat memberi kontrol pada pengguna terhadap eksposur dan pewarnaan. Snapseed juga memiliki berbagai filter seperti black anda white, vintage, HDR, hingga blur. Kita juga dapat membuat filter mandiri yang dapat disimpan dalam akun Snapseed-nya sendiri.

3. Pixlr

Pixlr dulunya lebih dikenal dengan nama Pixlr Express. Aplikasi ini membantu pengguna untuk menyunting foto dari berbagai momen dengan banyak kombinasi efek, overlay hingga fllter gratis.

Pixlr berasal dari Autodesk, sebuah perusahaan di bidang teknik dan perangkat lunak desain 3D. Aplikasi ini merupakan aplikasi edit foto yang unik dengan fitur-fitur yang cukup lengkap. Untuk mengoperasikan pun sangat mudah, meskipun pada layar yang relatif kecil.

Pada dasarnya Pixlr memiliki semua fitur yang ada pada Snapseed. Sehingga kita tidak kekurangan fitur saat menggunakannya. Beberapa fitur utama dalam aplikasi ini adalah kolase foto, pengaturan rasio, penyesuaian background, hingga memperbaiki warna foto secara otomatis. Selain itu aplikasi ini juga memiliki efek utama, antara lain Stylize, Color Splash, Focal Blur dan efek lainnya.

4. PicSay

Gambar saja terkadang tidak cukup membuat orang untuk mengerti maksudnya. Untuk itu dibutuhkan kata-kata untuk menjelaskan gambar tersebut. PicSay merupakan salah satu aplikasi edit foto yang bisa memujudkan keinginan kita untuk membuat foto lebih menarik dengan adanya tulisan yang menyertainya.

Aplikasi PicSay cukup irit di memori. Sehinga aman untuk Android. Selain itu memang PicSay memang dirancang untuk memudahkan penggunadalam menempelkan berbagai teks atau font ke dalam foto. Sehingga, kita bisa lebih bebas berkreasi dengan aneka foto lucu dan menarik.

Selain itu PicSay juga memiliki berbagai fitur tambahan seperti shadow dan efek cahaya dalam foto dengan mudah. Siapa pun dapat dengan mudah menjalankan aplikasi ini.

5. PicsArt

PicsArt merupakan salah satu Aplikasi untuk edit foto terpopuler.  Hal berdasarkan hasil unduhan aplikasi sebanyak setengah miliar. Sehingga aplikasi ini menjadi aplikasi edit foto yang paling banyak diunduh untuk ponsel. Beberapa fitur unggulan PicsArt adalah penyesuaian dasar seperti eksposur, kontras hingga pewarnaan sinematis dan beberapa filter dramastis yang dapat membuat foto kita lebih menarik.

Penggunaan dan pengaturan pada PicsArt cukup mudah karena dapat dilakukan menggunakan gerakan satu jari saja. Kita bisa memanipulasi, memotong(crop) dan menempelkan gambar lain diatasnya. Selain itu ada opsi juga untuk mengambil gambar, menambahkan filter, sticker dan menulis di foto atau menambahkan teks di atas foto.

Untuk mendapatkan fitur-fitur canggih dalam Aplikasi ini, kita perlu merogok kocek untuk beralih ke member premium. Versi gratis juga bisa kita nikmati, namun dengan batas tertentu dan banyaknya iklan yang muncul kadang membuat kita harus menunggu beberapa saat, untuk dapat menggunakan aplikasi ini. 

6. Adobe Lightroom 

Adobe Lightroom bisa digunakan secara gratis. Meskipun gratis, aplikasi ini dapat menghasilkan foto yang profesional. Selain itu aplikasi ini juga membutuhkan ruang yang lumayan besar untuk menyimpannya dalam handphone. Tetapi, hal ini tidak mengapa, karena fitur penyuntingan Adobe Lightroom cukup lengkap.

Aplikasi Adobe Lightroom dapat membantu kita mendapatkan foto yang halus meskipun hanya melalui handphone. Kita dapat mengatur kontur foto, pencahayaan hingga menerapkan sunting otomatis. Hal ini bisa membuat foto yang sedang kita edit secara otomatis menjadi tegas dan memiliki kekontrasan yang tepat.

Fitur yang sering digunakan dari aplikasi ini adalah adjustment brush dan spot removal. Fitur ini biasanya digunakan untuk menghilangkan jerawat pada wajah. Selain itu, aplikasi ini mampu memanipulasi warna sesuai dengan keinginan kita.

7. Cymera Photo Editor

Ingin aplikasi untuk edit foto yang lebih dekat dengan hiburan dan membuat gambar lucu? Kita bisa memilih Cymera Photo Editor sebagai solusinya.

Aplikasi ini menawarkan berbagai pilhan penyesuaian yang sederhana dengan cepat. Jadi, aplikasi ini memang sesuai untuk pengguna biasa yang suka bersenang-senang.

Aplikasi ini menawarkan banyak sekali fitur. Seperti filter, sticker dan bingkai dapat digunakan. Bahkan juga terdapat fitur untuk meningkatkan gambar, bahkan dapat juga menghilangkan bagian-bagian foto yang sekiranya mengganggu. 

Selain itu, aplikasi ini juga dapat membuat kolase foto dengan banyak pilihan untuk mengatur letak foto. Seperti halnya aplikasi lainnya, untuk menikmati semua fitur yang ada kita harus membayar. Tetapi, versi gratisan pun sudah cukup untuk kita gunakan.


Itu tadi 7 Aplikasi edit foto yang keren yang bisa kita gunakan untuk mengedit foto. Adakah salah satunya yang teman-teman gunakan. Kalau saya biasanya menggunakan Canva dan PicsArt. 

Posting Komentar untuk "7 Aplikasi Edit Foto di Android yang Keren"