Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Membaca Buku dalam Kehidupan

Manfaat membaca buku


Manfaat membaca buku dalam kehidupan itu banyak lho. Salah satunya adalah menambah ilmu pengetahuan. Sehingga mempermudah kita dalam berkomunikasi dan bergaul.

Membaca buku bagi sebagian orang adalah kegiatan yang menyenangkan. Bisa dikatakan hobi membaca. Tetapi, sebagian orang juga mengganggap membaca merupakan pekerjaan yang sia-sia. Yang hanya menghabiskan waktu dan uang saja. 

Saya mempunyai pengalaman, tepatnya lupa kapan waktunya. Waktu itu saya menghentikan penjual koran di depan rumah(tidak langganan koran). Kebetulan ada tetangga yang sedang main di depan rumah dan bertanya berapa harga korannnya. Harganya sekitar 5-10 ribu, tepatnya lupa. Dan, tetangga itu bilang, uang segitu mending dibelikan makanan daripada dibelikan kertas. Dalam hati saya ngomong kalau makanan dimakan keluarnya kotoran, sementara ini dibaca, kita dapat ilmu. 

Pola pikir membeli bacaan hanya buang-buang uang itu menunjukkan tidak adanya minat ntuk membaca. Dan, ini banyak ditemukan di lingkungan masyarakat. Hal ini membuat minat baca dinegara kita rendah. Tetapi, untuk mengedukasi orang untuk gemar membaca itu juga sulit. Ada saja alasan yang dikeluarkan. Padahal manfaat membaca buku, baik fiksi maupun non fiksi itu sangat banyak.

"Manusia hanya mempunyai dua cara untuk belajar, satu dengan membaca dan satunya lagi berkumpul dengan orang-orang yang lebih pintar."  - Will Rogers


9 Manfaat Membaca Buku dalam kehidupan

1. Mengisi waktu luang sekaligus hiburan

Bingung tidak ada kegiatan. Coba isi dengan membaca buku. Membaca buku merupakan salah satu kegiatan yang bermanfaat di waktu luang. 

Membaca buku selain bisa untuk mengisi waktu juga bisa sekaligus hiburan. Saat kita membaca buku tentang kehidupan di luar negeri, kita akan terbawa suasana kehidupan luar negeri. Lumayan Kan tidak perlu mengeluarkan uang ticket, bisa mengetahui kehidupan luar negeri.

2. Membantu mengurangi stress

Membaca juga bisa mengurangi stress lho. Coba kamu ambil buku dengan genre humor atau komik. Bisa dipastikan akan tersenyum, bahkan mumgkin tertawa terbahak-bahak.

Selain itu membaca juga bisa digunakan untuk terapi sederhana untuk mengalihkan dari permasalahan, kepenatan dan hiruk pikuk kehidupan. Dengan teratur membaca, kita akan menemukan hal-Hal baru yang bisa menjadi pemacu semangat.


4. Menambah kosa kata

Ingin menambah perbendaharaan kosa kata? Cobalah baca berbagai jenis buku. Akan kita dapatkan bermacam-macam kosa kata baru. Sehingga kita akan mudah merangkai kata menjadi kalimat yang mengalir dan enak untuk.dibaca

Dengan semakin banyaknya kosa kata yang kita miliki.tentu akan mempermudah kita dalam pekerjaan maupun pergaulan. Karena kata yang kita rangkai akan penuh makna dengan tafsiran yang kuat.


5. Meningkatkan ketrampilan menulis

Jika kamu ingin menjadi penulis. Start utamanya yaitu harus rajin membaca buku. Dengan semakin banyak buku yang kita baca, wawasan kita pun akan bertsmbah. Srhingga tulisan yang dihasilkan pun semakin berwarna dan bagus.

Misal, kamu ingin menulis kehidupan luar negeri. Tetapi, kamu belum pernah ke sana. Seharusnya kamu terbang ke luar negeri dan melihat langsung kehidupan di negara tersebut. Tetapi, jika kamu sering membaca buku, tidak perlu pergi ke luar negeri, kamu sudah bisa menulus kehidupan luar negeri.

Dengan semakin banyak membaca, sumber referensi tulisan tentu semakin banyak dan beragam. Ini tentu sangat membantu kita dalam menyusun kalimat efektif, memilih kata yang sesuai, memilih alur yang baik untuk cerita dan lain sebagainya.

Manfaat Membaca Buku


6. Membantu menstimulasi otak

Membaca secara teratur membuat pikiran orang tidak pernah kosong. Hal ini tentu bisa membantu menstimulasi kerja otak lebih baik. Meskipun usia sudah tua, orang yang suka membaca kerja otaknya tetap aktif. Hal ini bisa membantu mencegah menurunnya daya ingat atau piku

Seperti halnya otot, otak juga perlu tetap dilatih untuk menjaga kemampuan otak untuk berpikir kritis dan analitus.


7. Merangsang kreatifitas

Membaca buku akan menambah wawasan kita. Dengan bertambahnya wawasan kita akan merangsang kreatifitas kita. Ini tentu sangat berguna baik dalam pekerjaan maupun kehidupan sehari-hari.

 

8. Belajar dari pengalaman orang lain

Pernah dengar J.K Rowling penulis Harry Potter, dia dinobatkan sebagai milyader penulis pertama. Tapi, dibalik kesuksesannya tersebut tersimpan perjuangan yang berdarah-darah. Mulai dari bercerai dan membesarkan anak seorang diri. Hidup dari tunjangan pemerintah yang hanya cukup untuk membeli makanan bayi. Ditolak 12 penerbit. Ada satu yang menerima tetapi juga tidak menjanjikan tulisannya sukses. Tetapi, ternyata melalui buku Harry Potter laris manis.


9.  Menambah semangat

Jika kamu ingin motivasi atau semangat, bacalah buku-buku motivasi ayau biography tokoh yang sukses. Ini akan membantu menumbuhkan energi positif berupa semangat untuk mencapai kesuksesan seperti mereka.

Misalnya buku karya Ippho Santosa buku karyanya berisi tentang semangat untuk berwirausaha dan adanya keajaiban rejeki dari Allah.


Ternyata manfaat membaca buku dalam kehidupan itu banyak, ya. Jadi, ayo kita mengajak orang-orang disekitar kita untuk senang membaca.



Posting Komentar untuk "Manfaat Membaca Buku dalam Kehidupan"