Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sinopsis Drama Korea Jirisan. Mengungkap Misteri Pembunuhan di Gunung Jiri

foto: TvN


Sinopsis drama korea Jirisan. Banyaknya kematian di Gunung Jiri, membuat petugas Jagawana curiga, kematian para pendaki tersebut tidak wajar dengan kata lain mereka sengaja dibunuh.

Ketika menyebut tentang gunung. Apa yang akan kamu pikirkan? Sunrise, edelweiss, keindahan, ketinggian atau bahkan mungkin sesuatu yang menyeramkan. Pandangan orang tentang gunung memang berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Begitu juga tujuan orang mendaki gunung pun juga berbeda. Lalu bagaimana jika tujuan mendaki untuk menikmati  keindahan, namun ternyata bahaya sedang mengintai para pendaki?

Drama korea Jirisan ini ditulis oleh Kim Eun-hee dan disutradarai oleh Lee Eung-bok. Bergenre misteri romantis. Terdiri dari 16 episode. Mulai tanya pertama pada tanggal 23 Oktober 2021, setiap hari Sabtu dan Minggu di TvN.

Gunung Jiri merupakan gunung tertinggi kedua di Korea Selatan. Kisah dalam drama ini fiksi berdasarkan penuturan dan pengalaman para penjaga hutan di sana. 

Para pemain drama korea Jirisan

  1. Jun Ji-hyun sebagai Seo Yi-Kang. Penjaga hutan atau Jagawana yang sangat mengenal seluk beluk Gunung Jiri. Posisinya tinggi di taman nasional. Kemampuan navigasi Yi Kang sangat bagus, untuk melacak pendaki yang tersesat bisa berasal dari sehelai rambut atau rumput.
  2. Ju Ji-hoon sebagai Kang Hyun-jo. Dia merupakan lulusan akademi militer yang pernah naik pangkat kapten. Setelah mengalami insiden di Gunung Jiri yang mengakibatkan salah satu temannya meninggal dunia, akhirnya dia memilih penjadi penjaga hutan.
  3. Oh Jung-se sebagai Jung Goo-young. Seorang penjaga hutan yang sangat realistis yang hidup dengan mottp,"Saya perlu menjaga diri sendiri sebelum menjaga orang lain." Untuk itu dia mengatur jadwalnya tepat waktu. Berangkat dan pulang kerja sesuai waktu yang ditentukan. Serta mengambil semua hari liburnya.
  4. Sung Dong-il sebagai Jo Dae-jin. Kepala kantor cabang dimana Yi Kang bekerja Yang menghabiskan sebagian hidupnya untuk bekerja sebagai penjaga taman nasional. Dia pribadi yang jujur dan memiliki rasa tanggung jawab yang kuat terhadap pekerjaannya dan melihat nyawa bawahannya sebagai tanggungjawabnya.
  5. Go Min-si sebagai Lee Da-won. Seorang jagawana baru.
  6. Jo Han-cheol sebagai Park II-hae, pemimpin tim penjaga hutan.
  7. Lee Ga-sub sebagai Kim Sol. Relawan di taman nasional.
  8. Joo Jin-mo sebagai Lee Yang-sun.
  9. Kim Young-ok sebagai Lee Mooon -ok. Nenek Yi Kang, pemilik restoran di desa.
  10. Jeon Seok-ho sebagai Kim Woong-soon. Seorang petugas polisi.

Foto: TvN via twitter @CJnDrama

Baca juga sinopsis Hometown cha cha cha. Kisah tentang dokter gigi di desa Gongjin.

Sinopsis Drama Korea Jirisan

Seo Yi-kang adalah seorang wanita penjaga hutan (Jagawana) di salah satu pos di gunung Jiri. Dia sangat mengenal atau hafal gunung Jiri dengan baik. Pengetahuan navigasinya juga sangat bisa diandalkan. Dia kemudian  dipasangkan dengan jagawana baru yaitu Khan Hyun-jo, seorang mantan tentara yang memilih menjadi penjaga hutan setelah salah satu rekan militernya meninggal.

Setelah kematian teman Hyun-jo di gunung Jiri, membuatnya bisa melihat hal mistis yang ada di gunung tersebut. Bagi sebagian orang ini tentu suatu yang mustahil. Tetapi bagi yang suka mendaki gunung tentu paham akan adanya mistis di gunung atau pun di tempat lain. Hyung-jo senantiasa mendapatkan gambaran di mana tempat para pendaki yang mendapat masalah.

Yi kang sendiri meskipun menjadi Jagawana sebenarnya mempunyai kenangan buruk tentang gunung Jiri. Kedua orang tuanya meninggal saat terjadi banjir bandang dan longsor pada tahun 1995. Pada waktu itu kedua orang tuanya naik gunung tanpa    pernah diketahui apa alasannya. Hal ini membuatnya harus tinggal berdua dengan neneknya yang membuka rumah makan di salah satu desa di gunung Jiri.

Seringnya terjadi kematian di gunung membuat Hyung Jo dan Yi Kang curiga ada yang sengaja membunuh para pendaki untuk berbagai kepentingan. Meskipun kematian para pendaki itu disamarkan seolah sebuah kecelakaan biasa. Seperti terjatuh ditebing, terkena ledakan bom buatan, keracunan jamur, pendaki dibuat tersesat dengan adanya pita yang diubah arahnya. 

Kemampuan Hyun jo yang bisa melihat letak korban sangat membantu para jagawana. Meskipun pada awalnya Yi kang tidak percaya apa yang dikatakan oleh temannya tersebut. Tetapi karena terjadi berulang kali dan perkataan Hyung jo terbukti, akhirnya Yi kang mempercayai kemampuan Hyung jo tersebut.

Hyung Jo dan Yi Kang terus menyelidiki kasus tersebut dengan sembunyi-sembunyi. Hingga suatu hari di musim dingin, saat salju turun cukup lebat Yi kang berusaha mencari Hyung Jo yang naik ke gunung. Hingga terjadi kecelakaan karena mereka bertemu dengan pembunuh para pendaki. Namun, naasnya Yi kang terluka parah yang mengakibatkan lumpuh. Sementara Hyung jo nasibnya lebih parah lagi, dia tidak sadarkan diri (koma). Yang paling menyedihka jiwanya masih tertinggal di gunung. Dengan kata lain raganya di rumah sakit sementara jiwanya masih terperangkap di gunung.

Kelumpuhan Yi Kang dan Hyung jo yang koma tidak membuat penyelidikan berhenti. Komandan Jagawana secara sembunyi juga berusaha menyelidiki kematian para pendaki tersebut dan Yi kang pun memutuskan kembali ke pos untuk menyelidiki misteri tersebut. Dia meminta bantuan petugas jagawana baru yaitu Da Woon. Pada akhirnya jagawana baru ini juga terbunuh saat menyelidiki di gunung 

Berbagai spekulasi muncul tentang siapa    pembunuh para pendaki tersebut adalah salah satu dari petugas jagawana. Pembunuhan ini selanjutnya dikaitkan dengan rencana pembangunan kereta gantung dari pos menuju puncak gunung. Supaya tidak membahayakan para pendaki. Namun, rencana ini mendapat tantangan dari pemerhati lingkungan karena ditakutkan pembangunan kereta gantung tersebut akan merusak ekosistem yang ada di gunung.

Siapa sebenarnya dibalik pembunuhan di gunung Jiri? Ada yang menduga komandan jagawana, salah satu warga jembatan hitam (desa di gunung Jiri yang ditinggalkan oleh warganya), salah satu jagawana (anak buah komandan) ataukah pihak yang akan membangun kereta gantung? 

Saat ini drama masih tayang, jadi belum bisa diketahui apa yang melatar belakangi pembunuhan tersebut ? Dan siapa pelakunya? 

Foto: tvN via twitter@DJnDrama

Baca juga sinopsis drama korea Lovers of the red sky. Berkisah tentang kisah cinta segitiga pelukis wanita dengan peramal buta dan pangeran.

Hikmah yang bisa diambil dari drama korea ini adalah

Meskipun drama korea sebagai sebuah hiburan, namun kita juga bisa mengambil pelajaran dari apa yang kita lihat. Hikmat yang bisa kita ambil dari cerita tersebut bagi kita itu apa saja. Begitu juga drama Jirisan ini memberi kita pelajaran antara lain:

1. Di mana pun kita berada, kita hidup berdampingan dengan mereka yang tidak terlihat (mahkluk halus). Hendaknya kita menerapkan pepatah "Di mana bumi di pijak, di situ langit dijunjung". Kita harus bisa menyesuaikan diri di mana    pun kita berada.

2. Jangan terlalu mempercayai atau pun mencurigai seseorang secara berlebihan. Karena belum tentu apa yang kita pikiran sama dengan kenyataan yang ada.

3. Saat berada di alam bebas usahakan jangan sendirian. Sehingga saat berada dalam kondisi bahaya, ada seseorang yang membantu kita mengatasi masalah.

4. Saat mendaki, minta seseorang navigator untuk menemani. Karena kondisi alam di gunung bisa berubah setiap saat. Di gunung bisa tiba-tiba terjadi hujan lokal. Padahal di bawah cuaca cukup cerah. 


Nah, itu tadi sinopsis drama korea Jirisan. Mengungkap misteri pembunuhan di gunung Jiri. Drama ini cukup recomended untuk ditonton bagi yang menyukai genre drama misteri.











Posting Komentar untuk "Sinopsis Drama Korea Jirisan. Mengungkap Misteri Pembunuhan di Gunung Jiri"