Advertisement

Responsive Advertisement

Ingin Tidur Nyenyak dan Bangun dengan Segar? Lakukan 9 Tips Mudah berikut ini

ilustrasi tidur nyenyak(pixabay@ddimitrova)


Tidur nyenyak dan bangun dengan tubuh segar tentu menjadi harapan setiap orang. Namun, ada sebagian orang sangat sulit untuk tidur dengan nyenyak.

Setelah berkutat seharian dengan segala aktifitas, berharap pada malam hari bisa istirahat dengan tidur nyenyak. Supaya esok hari tubuh kembali segar dan bisa beraktifitas kembali seperti biasanya. Namun, adakalanya kita tidak bisa tidur dengan nyenyak karena suatu alasan tertentu. Dan ini berakibat esok harinya kita malas untuk bangun tidur karena merasa kurang tidur dan tubuh terasa sakit semua. Tentu saja hal ini akan berakibat pada kegiatan kita seharian.

Sebagian orang berfikir semakin lama tidur, akan bisa tidur nyenyak. Namun, tidur nyenyak bukan tergantung dari lamanya kita tidur dalam sehari semalam. Terlalu lama tidur justru akan membuat tubuh menjadi malas untuk bergerak.  Rata-rata jam tidur orang dewasa sekitar 6-8 jam. Bahkan, tidak sedikit yang mempunyai jam tidur kurang dari waktu itu. Tetapi mereka bisa tidur nyenyak dan bangun dengan tubuh kembali segar. 

Supaya kita bisa tidur dengan nyenyak, sebaik perlu kita ketahui terlebih dahulu penyebab kita tidak bisa tidur dengan nyenyak. Sehingga bisa diambil langkah penyelesaiannya.

Arti Tidur nyenyak menurut KBBI

Nyenyak adalah tidak ingat apa-apa lagi (ketika tidur). Arti lainnya dari nyenyak adalah sukar dibangunkan (dijagakan)

Jadi tidur nyenyak adalah saat di mana kita tidur dan tidak ingat apa-apa lagi atau tidur yang sulit dibangunkan.


Akibat yang timbul dari tidak nyenyak tidur atau kurang tidur

Tidak bisa tidur dengan nyenyak dalam waktu yang cukup  lama akan mengakibatkan berkurangnya jam tidur kita. Padahal tidur  mempunyai peran yang sangat krusial bagi kesehatan tubuh kita secara keseluruhan, tingkat energi dan kemampuan fungsi tubuh kita bisa bekerja secara optimal

Kurang tidur setiap hari dalam jangka waktu yang lama, jika dibiarkan akan menyebabkan penyakit kronis, seperti jantung, obesitas, jantung dan diabetes tipe-2. Selain itu rasa kantuk karena tidur tidak nyenyak akan menyebabkan masalah di tempat kerja, tabrakan di jalan dan suasana hati yang tidak nyaman (sering emosi).


Penyebab tidur  tidak nyenyak

Sebelum membahas tentang tips tidur nyenyak, ada baiknya kita terlebih dahulu mencari.  mengapa tidur kita tidak nyenyak. Berikut ini ada beberapa hal yang menyebabkan tidur kita tidak nyenyak:

1. Terlalu lama tidur siang

Tidur siang membantu memulihkan stamina tubuh, sehingga tubuh kembali segar. Hanya cukup 20-30 menit saja untuk tidur siang. Karena tidur siang terlalu lama akan membuat kita malas untuk beraktivitas kembali dan pada malam hari kita akan sulit untuk tidur. 

2. Terlalu banyak mengkonsumsi kafein 

Terlalu banyak mengkonsumsi kafein akan mengganggu jadwal tidur dan mengurangi kualitas tidur di malam hari.

Perlu diketahui bahwa minuman kafein memerlukan waktu antara 5-6 jam supaya zat didalamnya bisa diproses dan dikeluarkan oleh tubuh. Oleh sebab itu sebaiknya hindari terlalu banyak konsumsi kafein apalagi di waktu sore hari.

3. Terlalu banyak pikiran atau stress

Semakin banyak beban pikiran yang kita tanggung akan semakin tinggi level stress dan kecemasan, sehingga saat kita tidur di malam hari masih akan membawa kecemasan sewaktu belum tidur. Hal ini tentu saja akan berakibat tidur kita menjadi tidak nyenyak.

4. Lapar

Terkadang seseorang sudah kenyang saat waktu makan malam karena sebelumnya di sudah makan terlalu banyak. Akibat tidak makan malam terlalu awal itu terkadang membuat orang lapar di malam hari. Rasa lapar pada malam hari itu bisa membuat seseorang tidur tidak nyenyak.

5. Capek atau terlalu lelah

Kerja keras secara terus menerus akan menimbulkan rasa capek baik fisik maupun mental. Hal ini tentu akan mempengaruhi kualitas tidur kita menjadi tidak nyenyak.

6. Menderita suatu penyakit

Saat sakit tubuh kita tentu merasa tidak nyaman. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada saat tidur di malam hari. Rasa sakit yang kita rasakan akan terbawa saat tidur menjadikan tidur menjadi tidak nyenyak.


Setelah mengetahui penyebab kita tidak bisa tidur nyenyak. Maka kita akan mengetahui langkah apa yang sebaiknya perlu di lakukan.


9 Tips Mudah Tidur Nyenyak dan Bangun dengan Segar

1. Batasi waktu tidur siang

Tidur siang sekitar 30 menit akan mengembalikan stamina dan meningkatkan fungsi otak di waktu siang. Namun, tidur siang terlalu lama atau lebih dari 30 menit akan mengganggu kualitas tidur di malam hari.

2. Atur pola tidur yang konsisten

Mengatur jam mulai tidur dan bangun secara konsisten akan membantu kualitas tidur di malam hari. Karena pola tidur yang tidak teratur akan mengubah ritme sirkadian dan kadar melatonin dalam tubuh.

Misalnya saja setiap hari kita mulai tidur jam 10 malam. Jam tidur untuk orang dewasa adalah 6-8 jam. kemudian bangun jam 4-5 pagi. Jadi, kita tidur sekitar 6-7 jam. Kita buat ritme setiap hari seperti itu. Lama- kelamaan pola tidur kita akan terbiasa dengan sendirinya.

3. Atur pola makan sebelum tidur

Jangan makan malam terlalu awal. Karena hal ini akan membuat kita merasa lapar saat tengah malam nanti. Sehingga tidur menjadi tidak nyenyak.

Dan jangan pula makan  malam terlalu dekat dengan waktu tidur. Proses pencernaan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Tidur langsung setelah makan malam akan kadar asam lambung naik dan memicu penyakit maag. Terkadang juga menimbulkan rasa panas di dada, perut dan jantung. Atur jam makan malam sekitar 4 jam sebelum tidur. 

4. Mandi air hangat sebelum tidur

Mandi air hangat sebelum tidur bisa membantu tubuh kita menurunkan temperatur alaminya dan juga membantu melemaskan otot-otot tubuh. Sehingga bangun pagi menjadi lebih segar.

5. Hindari penggunaan perangkat eloktronik atau gawai sebelum tidur

Ini mungin sulit karena sebagian besar orang memilih bermain gawai  sambil tiduran. Karena memang sungguh mengasyikan tiduran sambil bermain handphone.

Tetapi jika ingin tidur nyenyak, singkirkan perangkat eloktronik dari atas tempat tidur termasuk telepon. Lupakan sejenak masalah pekerjaan, kehebohan media sosial, biarkan alam mimpi menemani kita saat malam hari.

Karena penggunaan peralatan eloktronik menjelang tidur, bisa mempengaruhi pikiran kita tentang pekerjaan dan apa saja yang kita lihat sebelum tidur. Hal inilah yang membuat tidur kita tidak nyenyak.

6. Jangan lupa minum obat saat sedang sakit

Saat tubuh kita sedang tidak sehat, tentunya seluruh tubuh terasa tidak nyaman. Supaya tidur malam bisa nyenyak, jangan lupa meminum obat sebelum tidur. Tidur yang nyenyak akan membantu pemulihan penyakit yang diderita.

7. Atur kamar tidur senyaman mungkin

Suasana kamar yang nyaman akan membantu tidur kita menjadi nyenyak. Suasana kamar yang nyaman seperti sering menganti sprei dan sarung bantal, mengatur suhu ruangan, menggunakan lampu yang redup saat tidur dan lain sebagainya.

8. Jangan terlalu banyak minum 1-2 jam menjelang tidur

Banyak minum air putih saat siang hari baik untuk kesehatan tubuh. Tetapi, hindari minum 1-2 menjelang tidur malam. Pada waktu malam hari adalah waktunya tubuh untuk istirahat termasuk organ-organ dalam tubuh. Jika kita minum banyak menjelang tidur akan membuat organ dalam tubuh masih bekerja. Dan, yang bisa dipastikan adalah tengah malam kita akan terbangun karena kandung kemih kita penuh sehingga perlu untuk dikeluarkan. Hal inilah yang membuat tidur kita tidak nyenyak.

9. Berolahraga secara teratur di siang hari

Olah raga baik untuk kesehatan tubuh karena membantu melemaskan otot-otot. Luangkan waktu 30 menit setiap hari untuk olah raga. Olah raga yang sederhana dan paling mudah dilakukan adalah jalan kaki. 


Itulah 9 tips tidur nyenyak di malam hari supaya pagi bisa bangun dengan tubuh segar. Jika, teman-teman ada yang mengalami sulit tidur atau sering terbangun saat tidur, ada baiknya mencoba menerapakan tips-tips tidur di atas.


Posting Komentar

0 Komentar