Advertisement

Responsive Advertisement

Keuntungan dan Kerugian Menulis di Aplikasi KBM





Keuntungan dan Kerugian menulis di Aplikasi KBM. Salah satu keuntungan yang didapatkan saat kita menulis di aplikasi KBM adalah mendapat uang.


Semakin banyaknya muncul platform menulis online tentu merupakan kabar gembira bagi yang suka menulis. Karena semakin banyak tempat kita bisa memposting tulisan kita di platform online tersebut.

Dahulu sewaktu media online seperti sekarang ini, kita hanya bisa membaca berita atau tulisan melalui media tulis yaitu buku atau koran. Supaya tulisan kita bisa dimuat di media tersebut, tulisan kita harus lolos kurasi yang sangat ketat. Tetapi, saat ini kita yang suka menulis tidak perlu bingung dimana kita memposting tulisan kita. Karena sekarang banyak sekali platform yang bisa kita gunakan untuk menulis hanya berbekal kuota internet saja.

Salah satu platform menulis yang cukup terkenal adalah KBM atau Komunitas Bisa Menulis. Pada awal berdirinya KBM dahulu hanya sebuah grup di jejaring sosial facebook yang didirikan penulis terkenal Asma Nadia dan suaminya Isa Alamsyah, yang juga berprofesi sebagai penulis.

Tujuan berdirinya grup facebook ini adalah sebagai sarana penulis pemula untuk belajar menulis dengan cara memposting tulisan mereka di grup itu. Selain itu juga sebagai sarana promosi buku, baik dari pendiri grup maupun dari para anggota grup. Awal grup ini anggotanya sempat mencapai i juta anggota. Ini merupakan jumlah yang sangat besar untuk sebuah grup kepenulisan. Namun, sayangnya ada pemblokiran dari pihak facebook terhadap grup itu karena suatu masalah.


Latar Belakang berdirinya Aplikasi KBM

Dengan diblokirnya grup KBM di facebook itu membuat semua tulisan yang diupload di sana hilang bersama hilangnya grup tersebut. Sehingga berawal dari sana pendiri grup berinisiatif untuk membuat aplikasi KBM untuk memfasilitasi anggota menulis. dan memudahkan para pembaca untuk membaca tulisan pengarang favoritnya tanpa harus mengaduk-aduk isi grup di facebook.

Meskipun merupakan sebuah aplikasi, namun kita tidak perlu menginstall aplikasi jika hanya untuk membaca tulisan di sana. Hal ini juga berlaku untuk top up atau membeli coin bisa dilakukan tanpa menginstall aplikasi. 

Instal aplikasi hanya diperlukan untuk menulis di sana. Tentu saja jika kita menulis menggunakan handphone. Sementara jika kita menulis menggunakan laptop atau pc tidak perlu menginstall aplikasi.


Siapa anggota KBM

Sebagian besar anggota KBM adalah perempuan. Namunu, tidak sedikit juga yang laki-laki ada di dalam grup tersebut. Tidak semua anggota grup suka menulis, banyak dari mereka yang hanya senang membaca saja.


Bagaimana cara menulis di KBM

Untuk menulis di Aplikasi KBM tentu saja yang paling awal yaitu kita mendaftar untuk memiliki akun di aplikasi tersebut. Untuk mendaftar cukup mudah, bisa memakai email atau pun akun google. Setelah memiliki akun kita bisa memulai menulis sesuai dengan genre tulisan yang kita pilih.


Keuntungan dan Kerugian menulis di Aplikasi KBM

Seperti pada umumnya sebuah platform menulis online tentu memiliki keuntungan dan kerugian yang didapat saat kita ikut berpartisipasi menulis di sana. Berikut ini keuntungan dan kerugian yang kita dapat saat menulis di KBM.

Keuntungan menulis di KBM:

  1. Tidak ada editor di KBM. Kita bisa mempublish langsung tulisan kita tanpa    melalui proses kurasi. Jadi, kita tidak perlu takut tulisan kita kena teguran editor dan disuruh merevisi naskah kita. Tetapi, meskipun kita bebas mempublish naskah, kita tetap harus ingat aturan yang ditetapkan oleh KBM. Meskipun bebas, tetapi harus tetap sopan. Karena kualitas tulisan kita bisa mempengaruhi branding kita selanjutnya.
  2. Tidak ada kontrak di KBM. Jadi, penulis bebas menulis tanpa takut akan ada ikatan kontrak.
  3. Penulis tidak dibebani berapa banyak jumlah folower atau subscriber. Jadi berapa pun jumlah folower kita, jika kita sudah menulis 10 bab di Aplikasi KBM, bab selajutnya kita sudah bisa diajukan untuk monetize dan bisa langsung dikunci saat itu juga.
  4. Harga perbabnya juga tidak terlalu mahal, hanya seribu rupiah perbab.
  5. Untuk penarikkan hasil penulis sangat mudah, minimal 100.000,- rupiah.
  6. Sistem bagi hasilnya juga menguntungkan kedua belah pihak dan cukup layak untuk penulis.
  • Penulis mendapat 70% dan pihak KBM mendapat 30%, untuk penulis yang menghasilkan 0-1.000.000.
  • Penulis mendapat 65% dan pihak KBM 35% untuk penulis yang menghasilkan penjualan 1.000.001-5.000.000.-
  • Untuk penulis yang bisa menghasilkan penjualan tulisan di atas 5.000.000 akan mendapatkan pembagian 60 %, sementara pihak KBM mendapat 40%.
  • Pembagian penghasilan tersebut sudah bersih setelah dikurangi biaya admin, biaya afiliasi dan fee perbankan.
Setiap aplikasi tentu mempunyai kelebihan masing-masing. Setelah membahas kelebihan atau keuntungan menulis di KBM. Selanjutnya kita akan membahas tentang kekurangan menulis di KBM.

Kekurangan Menulis di Aplikasi KBM:
  1. Tidak ada bonus bulanan. Di platform menulis lain mungkin disediakan fasilas bonus bulanan, namun di KBM jangan mengharapkan fasilitas tersebut. Karena, di KBM murni mengandalkan pembaca yang membeli bab-bab dalam tulisan kita.
  2. Untuk penulis pemula mungkin cukup berat karena sedikitnya pengikut, sehingga jangan berharap banyak saat bulan-bulan pertama mungkin belum bisa gajian. Jadikan platform menulis ini sebagai tempat untuk berlatih menulis. Karena untuk menghasilkan penulis yang banyak folower dibutuhkan kerja keras yang cukup lama. Intinya semua butuh proses yang panjang.
  3. Sebagian besar isi tulisan di KBM adalah drama keluarga. Hal ini mungkin disebabkan sebagian besar anggotanya adalah perempuan. Jika, ingin sukses cobalah menulis dengan ide yang lebih menarik lainnya. Sehingga kita bisa memiliki banyak pengemar dan menciptakan selera baru untuk pembaca.

Bagaimana setelah mengetahui keuntungan dan kekurangan menulis di KBM, sudah siap untuk ikut menulis dan berkompetisi di aplikasi tersebut?

Selain di KBM masih banyak aplikasi membaca novel yang bisa kita pilih. Di antaranya ada 10 Aplikasi membaca novel yang kita coba.

Happy writing....

Posting Komentar

2 Komentar

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.