Resensi Drama Korea Jewel in the Palace atau Dae Jang Geum

11.24.00


Resensi Drakor Je@wel in the Palace- Kisah tentang seorang anak dayang istana menjadi dokter wanita Korea Selatan yang hidup sekitar abad ke-15 di masa Dinasty Chousun berkuasa.


Historial and fiksi drama atau drama sejarah setengah nyata. Karena memang ada banyak bagian dari drama ini menceritakan tentang kehidupan Dae Jang Geum yang diperankan artis Lee Young-ae sebelum menjadi dokter.

Drama korea ini memang menarik untuk dilihat baik dari jalan cerita maupun pesan yang disampaikan. Dae Jang Geum salah satu yang drama yang bagus dan bisa ditonton semua kalangan dari anak sampai orang tua. 

Orang tua Dae Jung Geum adalah seorang dayang istana dan pejabat istana. Namun, karena mengetahui tentang kecurangan rekan kerjanya. Mereka difitnah dan akhirnya meninggal. Meninggalkan Dae Jung Geum sendirian.

Surat yang ditulis ibu Dae Jung Geum menjadi pemicu dan semangat untuk memenuhi harapan orang tuanya untuk menjadi dayang tertinggi di istana. Dengan kecerdasan dan kejujurannya dia mampu menarik hati rekan kerja maupun orang kerajaan.

Semakin tinggi pohon semakin kencang pula angin yang menerjangnya. Kepintaran dan kejujuran Dae Jung Geum ternyata membuat iri sebagian orang. Sehingga ada saja orang yang ingin menjatuhkannya dengan memfitnah dengan berbagai cara.

Selain belajar memasak berbagai masakan korea, Dae Jang Guem juga belajar ilmu pengobatan tradisional. Hingga akhirnya dia memilih profesi perawat dan menanggalkan impian orang tuanya untuk menjadi dayang tertinggi.

Pada episode tentang wabah penyakit untuk mengisolasi suatu desa supaya penyakit tidak menular ke mana-mana. Dae Jang Gum berjuang bersama pejabat istana Ming Jung-Ho yang diperankan aktor Ji Jin-hee untuk menemukan pengobatan dan mencari sumber masalah dari wabah tersebut. Yang akhirnya ditemukan permasalahannya bukan wabah penyakit tetapi keracunan sayuran lobak yang terserang penyakit.

Semangat belajar Dae Jang Geum dalam dunia pengobatan cukup pesat. Hingga akhirnya dia dipercaya menjadi dokter kerajaan untuk merawat raja yang berkuasa. Namun, masalah seolah tidak mau menjauh dari dirinya. Selalu saja ada orang yang iri dengan apa yang telah diraihnya. Hingga, akhirnya Raja pada waktu itu sadar akan keselamatan Dae Jang Geum, maka raja memerintahkan pengawal untuk membawa dokter tersebut ke daratan Cina.

Sebuah drama tanpa adegan cinta rasanya kurang greget ya. Dalam drama ini masalah percintaan memang bukan utama, tetapi juga mampu membuat orang menjadi tidak suka denhan seseorang. Seorang dayang istana ternyata juga menaruh jati pada pejabat istana Ming. Tetapi pejabat istana Ming ternyata lebih memilih Dae Jung Geum.

Pejabat Istana Ming dan Dae Jung Guem akhirnya menikah saat menjadi pelarian dan mempunyai anak perempuan. Dalam pelarian Dae Jang Geum tetap melakukan pengobatan terhadap orang-orang yang membutuhkan tanpa pernah memikirkan bayaran. Pada akhirnya statusnya dikembalikan oleh ibu suri. Dia dan suaminya diminta kembali ke istana untuk bertugas di tempatnya dahulu mereka bekerja.

Apakah Dae Jang Geum memenuhi permintaan ibu suri?



Istana memang tempat yang menyenangkan juga menyakitkan. Di sana dia mendapatkan banyak hal, tetapi juga kehilangan banyak hal. Pada akhirnya Dae Jang Guem menolak permintaan ibu suri untuk tinggal diistana. Karena dia tidak ingin kehilangan lagi. Akhirnya dia dan suaminya beserta anaknya hidup nahagia di luar istana untuk mengabdikan ilmu kedokterannya pada masyarakat.

Hikmah dari drama ini adalah bahwa ketekunan dan kejujuran akan berbuah baik. Begitu juga sebaliknya kecurangan dan kedengkian suatu saat akan terbongkar juga. 



You Might Also Like

7 komentar

  1. Ini kisah nyata setengah fiksi juga ya mbak. Seorang dayang yang akhirnya menjadi dokter istana. Meskipun banyak cobaan akhirnya dia dan suaminya hidup bahagia biarpun diluar istana.

    Ada juga drama China tentang tabib wanita judulnya Legend of Yunxi, ada kemiripan jalan ceritanya tapi lebih banyak bedanya sih.πŸ˜ƒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Negaranya saja juga beda. Terima kasih rekomendasi drama Chinanya. Bisa masuk daftar nonton ini😊😊

      Hapus
    2. Bisa juga, cuma episodenya panjang sampai 50 episode kalo ngga salah. Drama China memang terkenal panjang panjang.πŸ˜…

      Hapus
  2. Wah.. kalau baca jalan ceritanya koq bagus ya.. tapi kalau nonton saya gak begitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak langsung baca resensinya saja ta. Lebih singkat, tidak perlu berjam-jam nonton drama😊😊

      Hapus
  3. Dae Jang Geum memang luar biasa ya, saya suka drama Korea dari pada sinetron Indonesia.πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ada pesan-pesan yang disampaikan. Tidak hanya memgejar rating saja.

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Pages

Like us on Facebook

Flickr Images