Advertisement

Responsive Advertisement

10 Aplikasi Membaca Novel Gratis di Android yang perlu di Coba




10 Aplikasi Membaca Novel di Android yang perlu dicoba. Saat membaca novel kita sering terbawa alur cerita novel. Sehingga membuat kita penasaran dengan akhir cerita novel tersebut.

Selain untuk mengisi waktu luang  membaca novel juga bisa menambah wawasan ilmu pengetahuan. Karena dalam sebuah novel yang berbobot pasti menyisipkan ilmu yang bisa kita ambil manfaatnya. Seperti novel karya Pramoedya Ananta Toer kita bisa belajar tentang kehidupan Indonesia di masa lalu. Lewat novel karya Tere Liye kita juga bisa belajar tentang ilmu ekonomi dan politik. Serta dari penulis-penulis lain yang mempunyai ciri khas tersendiri.

Namun, bentuk fisik novel yang besar dan berat terkadang membuat kita engan membawanya ke mana-mana. Belum lagi harga buku yang masih relatif mahal, membuat kita berfikir ulang untuk membeli semua    novel yang ingin dibaca.

Dengan perkembangan teknologi sekarang ini, permasalahan di atas bisa diatasi dengan mudah. Kita tidak perlu menenteng buku
kemana-mana dan mengeluarkan banyak uang untuk membeli novel. Karena saat ini kita hanya perlu membawa handphone yang dilengkapi internet, maka kita sudah bisa membaca novel di mana pun dan kapan pun kita ingin membaca.

Berikut ini 10 Aplikasi Membaca Novel di Android yang perlu dicoba:

1. Ipusnas


Ipusnas adalah perpustakaan digital persembahan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Ada puluhan ribu buku fiksi maupun non fiksi bisa kita pinjam melalui aplikasi ini. 
Dengan hanya menginstall aplikasi in ikemudian mendaftarkan diri di Ipusnas kita sudah bisa membaca buku yang diinginkan. Kita diberi waktu tiga hari untuk membaca buku yang kita pinjam. Untuk buku-buku yang peminatnya banyak, kita harus antri terlebih dahulu untuk meminjamnya.


2. KBM(Komunitas Bisa Menulis)

Aplikasi ini dibuat oleh pendiri grup facebook Komunitas Bisa Menulis Asma Nadia, untuk memfasilitasi  para penulis di group tersebut supaya bisa lebih berkembang dalam menulis.r
Di aplikasi ini kita bisa membaca maupun @ menulis novel.
Kita bisa membaca gratis beberapa bab awal dari novel. Bab selanjutnya dikunci, untuk membuka kunc dibutuhkan koin. Koin ini bisa dengan uang atau bisa juga dengan aktif berkomentar di aplikasi ini. 

3. Wattpad



Wattpad merupakan aplikasi yang dibuat pdua orang warga Kanada yaitu Allen Lau dan Ivan Yuen. Diantara sekian aplikasi membaca novel, aplikasi ini menurut saya paling populer.
Setelah menginstal dan mendaftarkan akun kita bisa membaca berbagai tulisan di sana sesuai genre yang kita sukai. Selain itu kita juga bisa berkontrubusi dengan menulis puisi, cerpen maupun novel. Jadi bisa dijadikan tempat untuk belc
ajar menulis.
Banyak juga novel yang di publish di wattpad kemudian di cetak karena ada penerbit yang tertarik dengan karya tersebut.

4. Storial.co

Aplikasi yang tak kalah keren untuk umembaca novel lainnya adalah Storial.co. 
Saat bosan menyapa, coba buka aplikasi Storial.co. Di sana kita akan menemukan cerita dengan 40 genre. Mulai novel romantis, horor, fantasi, sampai kumpulan puisi ada di sini.

Selain itu di Storial.co juga tersedia dua fitur yang cukup keren yaitu:

  • Quotes. Kita bisa quote yang ada di storial.co kemudian kita bagiakan di sosial media.
  • Audiostory. Di sini kita tidak hanya membaca cerita tetapi juga bisa mendengarkan cerita melalui audio.
Untuk membaca cerita yang berkualitas dari penulis ternama kita membutuhkan Storial Coin untuk membaca cerita premium.

Kabar baiknya bagi penulis di Storial.co bisa mendapatkan royalti dari tulisan yang diunggah di Storial. Royalti itu didapatkan dari cerita premium yang diunggah perbab, dimana untuk membacanya diperlukan Storial coin.

Selain itu Storial.co setiap bulan mengadakan kompetisi atau perlombaan dengan hadiah jutaan rupiah.

5. Joylada

Joylada adalah aplikasi membaca dan menulis novel yang juga tak kalah keren. Ada ratusan ribu penulis maupun pembaca aktif di platform ini. 

Perbedaan Joylada dengan aplikasi lain adalah adanya adanya novel berbentuk chat. Jadi membaca maupun novel seperti pembicaraan.

Kita bisa mendapatkan penghasilan dengan menulis diplatform ini. Menurut teman-teman yang sudah menulis di platform ini cukup menjanjikan karena setiap tulisan yang kita upload akan mendapat joy. Setelah joy kita banyak dapat ditukar dengan uang.

Untuk tulisan premium akan dikunci dan untuk membukanya dibutuhkan koin.

Menurut penuturan teman juga, naskah yang perbab ditutup koin itu kontraknya seumur hidup di . Jadi, sebelum memutuskan menaikkan naskah menjadi premium pikir-pikir terlebih dahulu. Karena naskah sudah tidak bisa dihapus lagi.


6. WebRead

Aplikasi membaca novel gratis maupun premium langsung di aplikasi. Setiap hari akan ada pemberitahuan tentang novel yang recomended untuk kita baca. Jadi kita akan mengetahui mana novel yang bagus dan asyik untuk dibaca

Selain novel Indonesia, aplikasi ini juga menyediakan novel terjemahan Korea Selatan.

Untuk mendapatkan koin di aplikasi ini kita perlu mengerjakan tugas harian. Coin tersebut nantinya akan kita gunakan untuk membaca novel premium.


7. Novel Reader

NovelReader hampir sama dengan aplikasi menulis novel lainnya. Ada ribuan buku dan novel yang bisa kita baca baik secara online maupun offline dengan mengunduhnya terlebih dahulu.

Aplikasi membaca novel di sini menyedia novel terjemahan Inggris dari novel Tiongkok, Jepang dan Korea.

Tema yang disajikan NovelReader pun sangat beragam mulai dari fiksi fantasi, romantis, horor dan lain sebagainya sesuai dengan apa yang ingin kita baca.


8. Google Play Books

Dengan berbekal quota internet kita sudah bisa membaca berbagai buku yang menarik di Google play books. Mulai dari novel romantis sampai islami ada di sini.

Namun, untuk novel-novel tertentu kita juga diharuskan untuk membayar jika ingin membacanya. 

Harga novel di google play berkisar 7000 rupiah sampai ratusan ribu. Tergantung jenis novel yang ingin kita baca. Untuk membayarnya kita bisa menggunakan pulsa atau kartu credit.

9. Amazon Kindle

Bagi peminat novel klasik, aplikasi ini sangat sesuai untuk dicoba. Novel Pride and Prejudice tersedia gratis di aplikasi ini.

Aplikasi ini hampir sama dengan aplikasi lain membaca novel. Ada ribuan buku yang bisa kita baca di sini. Untuk membaca novelnya bisa dengan online maupun offline tentu saja setelah kita mendownload bukunya terlebih dahulu.

Perbedaan Amazon Kindle dan aplikasi lain adalah terhubungnya aplikasi ini dengan perpustakaan terdekat di sekitar tempat tinggal kita. Jadi, kita bisa meminjam buku digital di perpustakaan yang ada di dekat kita via Amazon Kindle.

10.  Goodreads

Sudah berapa banyak buku yang sudah kita baca. Mungkin banyak yang tidak tahu pasti jumlah buku yang sudah kita baca berapa banyak. Karena, buku yang kita baca bukan hanya milik kita pribadi, tetapi dari meminjam di perpustakaan atau teman. Ada juga buku yang kita baca melalui aplikasi digital, sehingga tidak tersisa jejaknya.

Bagi yang ingin menghitung jumlah buku yang sudah dibaca, Goodreads sesuai untuk dicoba. Di aplikasi ini merekam jumlah buku yang dibaca dan akan kita baca dengan menandai buku tersebut.

Selain itu aplikasi Goodread juga akan memberikan saran pada kita buku yang recomended untuk dibaca sesuai dengan selera kita.


Selain 10 aplikasi Membaca novel di Android di atas, mungkin teman-teman ada yang  mengetahui aplikasi lain untuk membaca novel yang lebih bagus dan recomended bisa ditambahkan.

Dengan banyak aplikasi membaca novel yang ada saat ini tentu saja semakin memudahkan kita untuk menambah bahan bacaan. Namun, bagi yang ingin ikut berkontribusi menulis di aplikasi tertentu, sebaiknya pelajari terlebih dahulu syarat dan ketentuan kontrak sebelum mulai menulis. Karena, setiap aplikasi mempunyai kebijakan sendiri-sendiri terhadap tulisan yang kita tulis di aplikasi mereka. Yb


Posting Komentar

4 Komentar

  1. Dari 10 aplikasi android itu, yang sudah aku install paling iPusnas, soalnya ebook ebook nya bagus bagus, cuma sayangnya memang kadang harus antri kalo mau pinjam novel yang laris.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pernah install Ipusnas juga, tapi karena terlalu banyak aplikasi di hp. Jadi, diuninstall lagi. Kalau baca novel saya lebih sering melalui telegram.

      Hapus
  2. Di KBM, Kalau koin perak kan sdh dijelaskan harus menyelesaikan misi dalam sehari.. Nah, kalau koin emas nya gmn ya?

    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan membeli atau top up ke akun kita. Bisa melalui transfer bank atau aplikasi pembayaran online seperti ovo.

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.