Minyak Kayu Putih Membantu Mengatasi Gatal di Tenggorokan

16.06.00



Minyak Kayu Putih Membantu mengatasi gatal di tenggorokan- Rasa gatal di tenggorokkan bisa disebabkan beberapa hal. Seperti alergi terhadap suatu makanan, gejala flu, menghirup udara yang berpolusi atau sebab lainnya.


Dalam kondisi yang cukup berat biasanya gatal tenggorokkan menunjukkan suatu penyakit dalam tubuh kita. Seperti radang tenggorokan, infeksi virus, bahkan bisa mengarah ke asma.

Saat ini yang akan saya tulis mengenai cara mengatasi rasa gatal tenggorokan yang tidak parah. Sementara rasa gatal yang cukup serius silahkan mengunjungi dokter untuk pengobatan yang lebih tepat.

Rasa gatal di tenggorokkan bagaimana pun rasanya tetap sesuatu yang tidak nyaman. Entah itu ringan maupun berat. Jika rasa gatal berada di luar tubuh, kita bisa menguranginya dengan menggaruk atau memberi minyak salep. Berhubung rasa gatal berada di dalam tenggorokkan yang tidak memungkinkan untuk menggaruknya, maka rasanya tentu akan sangat tidak nyaman. Bahkan, kita pernah mendengar gurauan memakan biji kedondong untuk menghilangkan rasa gatal di tenggorokkan. Kalau ini jangan pernah mencoba ya.


Sebelum mengobati gatal pada tenggorokan, sebaiknya kita perlu ketahui terlebih dahulu penyebab timbulnya rasa gatal tersebut. Agar pengobatan yang kita lakukan bisa tepat.
Penyebab tenggorokan gatal adalah sebagai berikut:

1. Alergi

Jika rasa gatal pada tenggorokan disebabkan karena alergi makanan. Maka segera hentikan memakan makananan yang memicu rasa gatal pada tenggorokan.

Sementara jika rasa gatal pada tenggorokan disebabkan karena menghirup udara kotor. Maka, segera tutup hidup dengan masker sehinga udara yang dihirup telah disaring.

2. Rasa gatal pada tenggorokan bisa disebabkan karena akan menderita flu dan batuk. Rasa gatal tersebut disebakan karena tenggorokan kering. Dan juga disebabkan karena ada dahak kering pada tenggorokan. Sehingga dalam pengobatannya sekalian dengan untuk pengobatan infuenza.

3. Dehedrasi
Kurang minum juga bisa memicu rasa gatal di tenggorokan. Maka untuk mengguranginya bisa dengan minum banyak air putih. Supaya terhindar dari dehidrasi.


Berikut ini beberapa cara untuk mengurangi rasa gatal pada tenggorokkan:

1. Mengoleskan Minyak kayu putih di leher

Oleskan minyak kayu putih atau balsam merk bebas pada leher. Kemudian balut dengan handuk atau kain basah. Rasa panas dari minyak kayu putih dan basah dari kain akan menimbulkan sensasi yang cukup panas dan nyaman di tenggorokan. Jika rasa gatal cukup parah yang disebabkan karena batuk berdahak. Lakukan ini saat tidur di malam hari. Setiap handuk terasa kering, segera tbasahi kembali dan balutkan pada leher.
Esok hari saat bangun tidur tenggorokan terasa lebih plong dan dahak sudah dalam kondisi encer,

2. Berkumur dengan air garam

Ambil satu gelas air kemudian tambahakan sedikit garam. Jangan terlalu sedikit atau terlalu banyak. Yang terpenting berasa asin. Gunakan air tersebut untuk berkumur dan agak ditelan sedikit di tenggorokan.

3. Makan permen pelega tenggorokan

Rasa permen pelega tenggorokan biasanya mengandung papermint, ketika permen tersebut dihisap akan merangsang produksi air liur yang membuat tenggorokan tetap basah sehingga tidak timbul rasa gatal.

4. Banyak minum air putih

Rasa gatal pada tenggorokan bisa dikurangi dengan banyak minum air putih. Dengan minum air putih hangat membuat tenggorokan basah. Sehingga tidak gatal.

5. Minum air lemon, jade dan madu hangat

Minum minuman hangat saat tenggorokan gatal akan membuat tenggorokan menjadi nyaman. Minum satu sendok madu ditambah lemon dan jahe bisa membantu mengatasi rasa gatal pada tenggorokan.

6. Istirahat yang cukup

Tidur merupakan bentuk istirahat yang sangat murah dan mudah. Kurang istirahat bisa menyebabkan  virus dan poenyakit mudah menghampiri tubuh kita.


Tidak ada seorang pun yang ingin sakit, Tetapi saat sakit menghampiri tubuh kita, maka yang perlu kita segera lakukan adalah mengobatinya. Agar penyakit tersebut semakin parah. Apapun usaha pengobatan yang kita lakukan selalu sertai doa untuk meminta kesembuhan pada Allah. Semoga sakit kita segera mendampatkan obat penawarnya.

You Might Also Like

2 komentar

  1. Olesin minyak kayu putih (atau obat oles mint lain) di dekat hidung, shg aroma mint terhirup saat ambil nafas lumayan membantu lho mbak :)

    Salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ini juga membantu melegakan hidung dan tenggorokan.

      Salam kenal kembali...:)

      Hapus

Terima kasih sudah berkunjung. Mohon tidak meninggalkan link hidup di komentar. Insya Allah saya akan berkunjung balik. Bila berkenan bisa saling follow aku media sosial saya yang lain.

Pages

Like us on Facebook

Flickr Images