Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Memasak Telur supaya Mudah dikupas

Foto: Pinterest 

5 Tips Memasak Telur supaya mudah dikupas. Memasak kemudian mengupas telur terlihat sangat mudah dan sederhana. Tetapi, pada prakteknya kadang kita kecewa dengan hasil akhirnya.

Sebelum matang terkadang telur pecah dan membuat isinya keluar. Sehingga bentuk telur tidak lagi utuh. Sering juga kita dibuat kesal meskipun sudah berhati-hati saat mengupas telur tetapi masih ada sebagian putihnya yang lengket di kulit telur. Memang tidak merubah rasa, tetapi telur tidak lagi mulus.

Foto: pixabay

Bentuk telur yang tidak mulus mungkin tidak menjadi masalah jika untuk dikonsumsi sendiri. Tetapi, bagi yang mempunyai usaha catering tentu akan berpengaruh terhadap penampilan masakan jika sudah matang.

Tentu pernah mendengar kalau ingin memasak telur rebus, pilih telur yang sudah lama atau bukan telur yang baru menetas. Tetapi, jika kita membeli telur yang ada hanya yang baru apakah untuk pesanan catering harus diundur beberapa hari. Tentunya tidak mungkin bukan?

Selain menggunakan telur yang sudah beberapa hari supaya mudah dikupas. Kita juga bisa menerapkan beberapa cara memasak telur yang benar. Sehingga telur mudah dikupas meskipun itu telur yang baru.

Ada beberapa tips memasak telur supaya mudah dikupas yaitu:

1. Jangan memasak telur dalam keadaan dingin.
Jika telur berada di dalam lemari es dan ingin direbus. Keluarkan terlebih dahulu beberapa menit sebelum dimasak. Biarkan suhu telur sama dengan suhu ruangan.
Memasak telur langsung dari lemari es akan membuat telur pecah  saat dimasak. Ini disebabkan karena telur akan mengalami perubahan suhu terlalu cepat. Dari dingin langsung menjadi hangat.

2. Masak telur bersama dengan air.
Masukkan telur saat air masih dingin atau api belum dinyalakan. Hal ini dimaksudkan supaya telur mengalami kenaikan suhu perlahan sesuai suhu air. Apabila memasukan telur ke dalam air yang memdidik akan mengakibatkan telur mudah retak atau pecah. Karena perbedaan suhu air dan telur terlalu tinggi.

3. Begitu telur masak langsung rendam dengan air dingin.
Setelah telur matang  lalu angkat dan rendam dengan air dingin. Perbedaan suhu yang mencolok membuat telur mudah dikupas.

4. Tambahkan garam ke dalam air rebusan telur.
Penambahan sedikit garam ke dalam air rebusan telur dipercaya bisa mempermudah telur dikupas.

5. Tambahkan soda, air perasan jeruk nipis atau cuka ke dalam air rebusan telur.
Penambahan salah satu bahan tersebut juga bisa membantu mempermudah telur untuk dikupas.

6. Rendam telur dalam air hangat sebelum di rebus. Hal ini dilakukan jika telur ingin segera direbus, namun tidak ada waktu menunggu sampai suhu telur sama dengan suhu ruangan.
Perendaman telur dengan air hangat, bertujuan untuk menyamakan suhu telur dengan suhu ruangan. Sehingga saat direbus, telur tidak pecah

Untuk tingkat kematangan telur tergantung selera masing-masing pribadi. Saya biasanya merebus 10 menit dihitung dari air mulai mendidih. Karena saya suka yang benar-benar matang. Tetapi ada juga yang menyarankan 7-8 menit cukup untuk memasak telur hingga matang. Untuk yang suka setengah matang waktunya tinggal dikurangi disesuaikan dengan selera.

Sekarang memasak telur bukan hal yang sulit kan. Dan, hasil telur pun akan mulus serta nyaman dilihat.

14 komentar untuk "5 Tips Memasak Telur supaya Mudah dikupas"

  1. Penting bgt nih mbk buat sekeluargaku yg suka masak telur.Paling gemes jika susah dikupas dan jadi amburadul.this tipsnya y

    BalasHapus
  2. Salam kunjungan dan follow disini ya :)

    BalasHapus
  3. Setuju tuh untuk cuka dicampur dalam rebusan air. Telur lebih mudah dikupas.

    BalasHapus
  4. ooo gitu yaa
    Pantes tiap masak telur dari kulkas selalu gagal

    Ternyata perlu didiemin sebentar ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak soalnya perubahan suhunya nanti terlalu tinggi. Mengakibatkan telur pecah saat direbus.

      Hapus
  5. Anak saya kalo minta telur rebus maunya yang setengah matang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau setengah matang sebaiknya mengkonsumsi telur ayam kampung saja.

      Hapus
  6. Waaaaa baru tau harus ada campur tangan garam sama soda :D

    BalasHapus
  7. bener tuh mbak setidaknya 10 menit supaya mudah mengupas telurnya, pengalaman saya sewaktu ngekos.

    BalasHapus