Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lebaran dan Ketupat

Foto : Pinterest

Mumpung masih dalam suasana lebaran, saya mengucapkan Taqabballahu minna wa minkum, Shiyamana wa shiyamakum (semoga Allah menerima amalan saya dan kamu, amalan puasa saya dan kamu).  Dan semoga kita semua masih diberi kesempatan untuk bertemu Ramadhan tahun depan. Amin

Lebaran selalu identik dengan ketupat. Makanan ini biasanya di sajikan dengan lauk opor ayam atau sayur lodeh. di beberapa daerah bisa kita temui saat lebaran pertama. Sementara di daerah lain biasa disajikan pada hari ketujuh lebaran. Sehingga biasa disebut dengan Lebaran Ketupat.

Lebaran hari pertama dirayakan setelah kita menjalani satu bulan puasa wajib. Sementara Lebaran Ketupat untuk merayakan setelah kita menyelesaikan puasa sunah Syawal(dilaksanakan lebaran kedua sampai lebaran keenam).

Kenapa ketupat identik dengan Lebaran?

Ketupat dalam bahasa jawa disebut dengan "kupat" kepanjangan dari "ngaku lepat". Dalam bahasa Indonesia berarti mengaku salah. Juga kepanjangan dari "laku papat" berarti empat prilaku saat lebaran(mencerminkan empat sisi ketupat). Prilaku tersebut adalah lebaran, luberan, leburan, laburan.

Lebaran berasal dari kata lebar yang berarti terbukanya pintu ampunan dan maaf secara lebar.

Luberan berasal dari kata luber atau melimpah. Karena melimpahnya kebahagiaan saat lebaran kita hendaknya berbagi kebahagiaan dengan orang lain yang kurang beruntung dengan jalan sedekah dan zakat fitrah.

Leburan berasal dari kata lebur atau hancur. Dengan adanya lebaran diharapkan segala maaf dan kesalahan bisa lebur karena momen saling memaafkan.

Laburan berasal dari kata labur atau kapur. Setelah momen lebaran hendaknya manusia bisa menjadi kembali putih baik dari hati maupun prilakunya.


Selain itu Ketupat ternyata juga memilik filisofi lho, apa saja, yuk simak
1. Cermin beragamnya kesalahan manusia.
Hal ini bisa dilihat dari kerumitan dalam membuat ketupat dari daun pohon kelapa.

2. Cermin Kesempurnaan
Bentuk ketupat sangat sempurna meski hanya terbuat dari daun kelapa. hal ini mencerminkan sifat manusia setelah menjalani puasa selama satu bulan, hendaknya bisa menjadi manusia yang sempurna pula.

3. Kesucian Hati
Ketupat setelah dibuka akan memunculkan wujud nasi putih yang kenyal. Hal ini mencerminkan hati manusia setelah hari Lebaran bisa suci kembali setelah saling memaafkan.



Oh..ya ngomong-ngomong sudah berapa kali kalian makan ketupat selama lebaran ini, hehehhe
Boleh kok bagi-bagi dengan saya,..
Selamat hari Raya, Mohon maaf lahir dan Batin.



Posting Komentar untuk "Lebaran dan Ketupat"