Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 tips agar puasa tetap segar

Alhamdulillah bertemu bulan puasa lagi. Umat Islam di seluruh penjuru dunia bersuka cita menyambut bulan penuh berkah dan ampunan ini.
Gambar : ydbp.ui.ac.id

Selama puasa akan ada perubahan terhadap asupan makanan. Biasanya setiap saat atau paling tidak tiga kali sehari, selama puasa berubah dari maghrib sampai imsyak. Perubahan ini jika tidak diatur akan menyebabkan beberapa keluhan seperti lemas, pusing, mual. Hal  ini tentu saja akan mengganggu aktifitas kita.


Meskipun tiap tahun kita menjalankan ibadah ini. Namun masih saja ada yang mengeluh lemas dan takut tidak kuat menjalani puasa. Berikut ada beberapa tips agar selama puasa ramadhan tetap segar :
1. Niat
Pekerjaan apapun mulailah dengan niat yang tulus ikhlas. Dengan niat yang ikhlas insya Allah kita akan kuat menjalani puasa seharian bahkan satu bulan penuh. Yakinlah bahwa puasa ramadhan adalah perintah Allah, maka Allah pula akan memberi kemudahan bagi hambanya yang melakukan puasa.

2. Makan sahur
Makan sahur berguna untuk mencukupi kebutuhan energi kita di siang hari. Usahakan makan sahur mendekati waktu imsya'. Hal ini merupakan sunnah dan juga bertujuan supaya saat beraktifitas siang hari kita masih punya tenaga.

3. Mandi
Puasa bukan berarti kita bermalas-malasan. Mandi di pagi hari sangat baik bagi orang yang berpuasa karena bisa menimbulkan efek segar terhadap tubuh dan pikiran.

4. Kurangi konsumsi garam saat sahur
Mengkonsumsi garam terlalu banyak memang tidak baik untuk kesehatan karena banyak penyakit berawal dari konsumsi garam yang berlebihan. Apalagi bagi kita yang sedang berpuasa, makanan yang terlalu asin akan mempercepat dehidrasi sehingga tubuh akan cepat lemas saat siang hari.

5. Minum air putih minimal 8 gelas
Meskipun sedang berpuasa, tubuh kita tetap memerlukan cairan yang cukup. Diantara waktu berbuka sampai sahur minumlah air putih sebanyak 8 gelas. Ini untuk mengurangi dehidrasi dan menjaga tubuh tetap Segar.

6. Perbanyak makan sayur dan buah
Selama berpuasa perbanyak makan buah dan sayur yang banyak mengandung serat. Selain untuk membantu menahan lapar, buah Dan sayur juga membantu mengatasi sulit buang air besar pada saat berpuasa. Dan juga untuk menjaga tubuh tetap fit dan segar.

7. Istirahat atau tidur yang cukup
Tidurnya orang puasa adalah ibadah, tapi bukan berarti seharian penuh kits tidur. Cukupi waktu tidur kurang lebih 7 jam sehari semalam. Ini akan membantu tubuh tetap segar saat puasa.

8. Tetap beraktifitas
Puasa tidak menghalangi kita untuk beraktifitas. Beraktifitaslah seperti biasanya namun sesuaikan dengan keadaan yang sedang berpuasa.

9. Buka puasa dengan yang manis dan secukupnya.
Jika saat berbuka tiba, jangan langsung gelap mata melihat makanan seperti aksi balas dendam karena seharian tidak makan dan minum. Minuman hangat dan beberapa butir kurma sangat dianjurkan untuk berbuka puasa. Karena perut dan tubuh kita perlu penyesuaian karena seharian tidak makan dan minum.

10. Makan malam sebaiknya dilakukan setelah sholat teraweh.
Ini berguna supaya sistem pencernaan bisa bekerja dengan optimal dan supaya kita bisa beribadah lebih khusu' karena tidak kekenyangan saat berbuka.

Semoga tips-tips diatas berguna dan semoga puasa kita diterima serta kita mendapatkan pahala dari puasa yang kita lakukan. Amin.


4 komentar untuk "10 tips agar puasa tetap segar"

  1. Wah alhamdulillah makasih banget tips nya. Kalo buka puasa gak makan dulu dan shalat terawehnya laper gimana?
    hmm...saya coba deh.

    okapinote.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makan sedikit dulu, kasihan perutnya seharian istirahat saat buka puasa masa suruh langsung kerja keras...:)

      Hapus
  2. Setuju, Teh, apalagi niat itu suatu hal yang sangat penting :)
    Kunjungan perdana, salam kenal ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kunjungannya....salam kenal kembali....:)

      Hapus