Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fiksi or Non Fiksi


Menulis adalah kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian orang, namun juga bisa menjadi kegiatan yang sangat membosankan bagi orang lain. Setiap orang memiliki kemampuan menulis sendiri-sendiri. Ada yang lebih suka menulis tulisan fiksi dan ada pula yang lebih memilih menulis non fiksi.


Sebelum menulis sebaiknya kita memahami dulu, apa itu tulisan fiksi dan non fiksi. Tulisan fiksi merupakan tulisan rekaan dari penulis. Bisa berbentuk puisi, cerpen ataupun novel. Meskipun berisi tulisan rekaan, tetapi tulisan fiksi biasanya berisi curahan hati pengarang dan selalu ada pesan yang disampaikan pada pembacanya.

Sedangkan tulisan non fiksi adalah tulisan yang berisikan tentang kenyataan atau realitas. Ada tanggung jawab penulis tentang kebenaran isi tulisannya. Tulisan ini bisa berbentuk artikel, opini, jurnalisme, biografi seseorang. 

Sebagian orang lebih mudah menulis fiksi karena memang lebih menguasai dalam mengolah kata-kata kiasan. Tanpa perlu menyebutkan sumber tulisan atau faktanya. Sementara sebagian orang lebih memelih menulis non fiksi karena sumber berita sudah jelas. Meskipun ada juga yang mahir menulis keduanya yaitu fiksi maupun non fiksi.

Kesulitan apapun dalam menulis, jika kita punya niat untuk terus menulis, Insya Allah semakin terbiasa menulis. Keep writing. Never give up intinya (menyemangati diri sendiri).




Posting Komentar untuk "Fiksi or Non Fiksi"