Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wujudkan Mimpi Bersama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)


ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)


"Kalau kamu bukan anak Raja, dan juga bukan anak ulama besar, maka Menulislah." (Imam Ghazali)

Siapa lah saya saat ini. Bukanlah juga anak Raja apalagi ulama. Apa yang bisa saya banggakan? Karena selama ini orang kebanyakan hanya menilai dari harts dan jabatan. Apa yang orang akan ingat tentang diri saya kelak jika saya sudah tidak ada didunia ini? Yang bisa mengingat saya hanya mereka yang pernah bertemu dengan saya, baik itu saudara maupun teman. Dan, perlahan keberadaan saya pun akan terlupakan dalam ingatan mereka.

Lalu, bagaimana agar saya ada di dalam ingatan orang-orang, meskipun mereka belum pernah bertemu dengan saya. Jawabnya adalah dengan tulisan. Dengan tulisan yang saya tulis, mereka yang belum pernah bertemu akan mengenal saya melalui tulisan tersebut. Dengan begitu keberadaan saya tidak akan terlupakan. Karena karya tulis kita merupakan bukti sejarah bagi diri kita sendiri.

Awal Menulis

Ketertarikan saya di dunia menulis hadir begitu saja. Berawal dari senang membaca buku. Kemudian berteman di sosial media dengan teman yang mempunyai circle sama. Akhirnya menumbuhkan keinginan juga untuk bisa menulis. Hingga ditahun 2011-2012 dapat menghasilkan 4 antologi. 

Mulai Usaha Budidaya Jamur Tiram

Pada tahun 2013, saya mulai merintis usaha budidaya jamur tiram dengan memanfaatkan kandang ayam petelur milik ortu yang sudah lama tidak terpakai. 

Namanya usaha ya kadang naik turun. Terkadang ingin berhenti usaha di bidang ini dan beralih ke usaha lain. Tetapi, mengingat modal yang dikeluarkan sudah cukup banyak. Pada akhirnya memilih bertahan dan berinisiatif untuk membuat jamur krispi sebagai salah satu solusi pemasaran jamur. Dan, Alhamdulillah jamur krispinya mendapat tanggapan baik di masyarakat. Dan, sudah 2 tahun ini produknya telah memasuki beberapa mini market di Madiun.

Kesibukkan mengurus usaha tersebut membuat aktivitas menulis saya  semakin jarang, pada akhirnya vakum cukup lama. 

Tetapi, ternyata aktivitas menulis tidak bisa betul-betul saya tinggalkan. Saya rindu ingin menulis lagi. Apalagi saat melihat teman-teman yang dahulu awal belajar menulis bersama, saat ini sudah menghasilkan banyak karya. Ada yang sudah berhasil menulis beberapa  novel, ada yang menjadi blogger. Sebagai manusia biasa, tentu saya juga ingin seperti mereka. Dapat menghasilkan karya dan berhasil di dunia literasi.

Asus ExpertBook B3 Flip (B3402)


Bergabung dengan ODOP

Hingga di tahun 2018, saya bertemu dengan komunitas One day one post(ODOP). Bisa dikatakan ini sebagai langkah awal saya kembali ingin fokus menulis. Dan, waktu itu saya masuk kelas non fiksi karena  merasa diksi saya kurang kalau masuk ke fiksi.

Berkat bergabung dengan ODOP lahir antologi ke-5 dengan judul Secercah Cahaya di Langit Seruni, bersama teman-teman ODOP angkatan 5 jurusan non fiksi.

Asus ExpertBook B3 Flip


Bagaimana dengan buku Solo? Sampai saat ini saya masih belum percaya diri untuk menerbitkan buku solo. Padahal sudah ada rancangan di draft hingga 50 lembar. Tetapi selalu ragu untuk meneruskan menulis.

Selain itu saya juga bergabung dengan berbagai group kepenulisan baik fiksi maupun non fiksi untuk menambah ilmu tentang dunia literasi. Karena bagi saya, selagi kita mampu dan berkesempatan mempelajari suatu ilmu. Pelajarilah! Entah kapan ilmu itu akan berguna bagi kita.

Bermimpi usaha lancar dan mempunyai Website Media

Awali semua dengan mimpi. Banyak hal terwujud berasal dari mimpi. Meskipun terkadang mustahil bisa terwujud. Tetapi, pada kenyataannya mimpi itu bisa jadi nyata asal kita mau berusaha untuk meraihnya.

Meskipun sampai saat ini semangat menulis saya masih naik turun. Namun, sebagaimana yang lain, saya juga mempunyai mimpi besar yaitu ingin usaha jamur tiramnya makin berkembang bisa parents satu kwintal perhari. Dan pemasaran jamur crispynya bisa sampai selurih Indonesia, bahkan ke luar negeri. Sementara di dunia literasi saya bermimpi mempunyai website media. Meskipun tak sebesar web Kompas, paling tidak mempunyai website yang berisi tentang Madiun, daerah kelahiran dan tempat tinggal saya. Sehingga, saat ada seseorang yang mencari informasi tentang Madiun, ulasannya ada di website saya. 

Untuk mewujudkan mimpi tersebut dibutuhkan usaha dan kerja keras. Serta dibutuhkan sarana untuk membantu tercapainya mimpi itu. Salah satu sarana yang dibutuhkan adalah laptop yang mampu mendukung kegiatan usaha untuk mencatat admistrasi usaha, supaya lebih tertata. Karena sampai saat ini, usaha saya belum menerapkan manajemen usaha. Di samping itu laptop juga dibutuhkan untuk mengelola website yang akan saya buat nantinya. Saat ini pun saya juga mempunyai laptop yang menguji kesabaran karena lemotnya minta ampun. Meskipun lemot, tapi saya cukup bersyukur memilikinya selama dua tahun ini. Karena telah banyak membantu saya dalam membuat berbagai tulisan.

Supaya mimpi saya tersebut terwujud, saya berniat menganti laptop lama dengan Asus ExpertBook B3 Flip (B3402). Karena ExpertBook B3 Flip adalah laptop bisnis keluaran Asus yang pertama kali didukung sinyal 4G LTE5, sehingga konektivitasnya aman dan cepat, kapan saja dan di mana saja kita berada.

Asus ExpertBook B3 Flip (B3402)


Wujudkan Mimpi bersama Asus ExpertBook B3 Flip (B3402)

Laptop Bisnis Asus ExpertBook B3 Flip (B3402) dirancang untuk semua kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, guru, dosen dan juga untuk para pekerja dan pebisnis. Laptop ini menawarkan teknologi Wifi 6 yang terbaru yang menghadirkan kecepatan sangat cepat dan stabil. Sehingga pembelajaran online dan pertemuan bisnis dapat berjalan dengan lancar. 

Laptop ini memiliki kontruksi bodi yang tangguh. Hal ini telah terbukti karena ExpertBook B3 Flip telah memiliki sertifikasi uji ketahanan standart militer dari AS (MIL-STD 810H). Laptop ini telah melewati berbagai pengujian, supaya bisa bertahan dalam kondisi extrem.  Mulai dari pengujian external maupun intenal, seperti pengujian terhadap suhu panas maupun dingin, badai, pengujian terhadap panel-panel tekanan, goncangan maupun kemungkinan jatuh.

Tak lupa Asus juga melengkapi keyboard ExpertBook B3 Flip dengan lapisan kedap air. Sehingga saat terjadi insiden yang tak disengaja, keyboard bisa mengatasi tumpahan cairan hingga 330 cc.

Asus ExpertBook B3 Flip (B3402)


Produktif di Mana saja

Saat menulis terkadang kita bingung menentukan tempat yang sesuai. Ingin menulis di tempat A, tetapi terkendala wifi yang tidak tersedia. Tentu ini akan menghambat kita saat mencari sumber referensi untuk tulisan. Namun, hal tersebut tidak akan terjadi jika menggunakan Asus ExpertBook B3 Flip yang didukung sinyal 4G LTE5

Saat kita menggunakan Asus ExpertBook B3 Flip meskipun tidak ada jaringan wifi disekitar, kita tidak perlu kuwatir karena ada modem 4G yang sudah terintergrasi. Sehingga dapat langsung terhubung dengan jaringan seluler tanpa perangkat perantara. Hanya dengan memasangkan kartu SIM aktif ke dalam ExpertBook B3 Flip, sama seperti saat mengoperasikan telepon seluler atau smartphone. Maka, otomatis laptop akan terhubung ke saluran 4G. Jadi, kita bisa tetap bekerja dimana pun berada 

Cepat dan efisien

Saat menggunakan laptop lama sering dibuat tidak sabar karena ngetiknya sekarang, keluarnya tulisan setelah beberapa detik. Apalagi kalau ditambah membuka kolom browser terlalu banyak, lemotnya akan semakin bertambah.

Namun, dengan ASUS ExpertBook B3 Flip, lemot tentu tidak akan terjadi lagi. Karena Laptop Bisnis ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) dipeekuat prosesor Intel® Core™ generasi ke-11, yang juga ditenagai oleh chip grafis terintegrasi Intel® Iris® Xe  graphics. Selain itu laptop ini juga memiliki memori DDR4 dengan kapasitas hingga 16GB on board, memory Max Up to:48GB. Ini masih bisa di-upgrade ke penyimpanan berupa PCle® SSD 3.0 berkapasitas hingga 1TB. Dengan kapasitas yang begitu besar, membuat laptop ini anti lemot, meskipun membuka banyak kolom pencarian dan berbagai aplikasi secara bersamaan. 

ExpertBook B3 Flip dilengkapi  dengan Port I/O, supaya kita tetap berproduktivitas maksimal. Ini sudah termasuk Thunderbolt™ 4 mutakhir, generasi terbaru dari konektivitas kabel universal, yang mendukung antarmuka USB4. Sehingga kecepatan transfer datanya bisa mencapai 40 Gbps, output tampilan 4K, dan pengisian cepat. Selain itu ada USB Type-A dan output HDMI, serta Kensington lock slack, Audio Combo Jack dan kartu microSD serta nano SIM Combo. Wah, kelengkapan laptop ini luar biasa memang. Say goodbye kepada lemot kalau pakai laptop ini.

Fleksibel

ExpertBook B3 Flip sangat convertible karena dilengkapi dengan engsel khusus. Sehingga layar laptop bisa dibuka hingga 360 derajat. Jadi saat laptop dibuka, tampilannya seperti bisa seperti Tablet, bisa juga dibuka beberapa derajat, sehingga laptop berbentuk seperti tenda (tent mode). Untuk mengoperasikannya, kita tinggal menyentuh layarnya saja dengan menggunakan stylus pen yang sudah disediakan. Karena laptop ini juga didukung touchscreen. Sehingga sangat mempermudah kita saat menggunakan sesuai kebutuhan.

Saat stylus pen tidak digunakan, akan tersimpan dalam bodi laptop "tempat khusus", secara otomatis stylus tersebut akan mengisi daya sendiri. Sehingga stylus siap digunakan kapan saja. Untuk pengisian daya, stylus juga sangat cepat. Hanya butuh waktu 15 detik untuk penggunaan selama 45 menit. Cepet banget kan pengisian daya nya.

Saat ini sudah biasa ya pembelajaran jarak jauh melalui video conferense, terkadang timbul kebisingan dari lawan bicara, bisa karena sinyal yang terganggu atau bunyi noise yang lain, sehingga saat mengganngu pembicaraan. Namun, dengan ExpertBook B3 Flip, hal tersebut tidak akan terjadi, karena laptop ini dibekali dengan teknologi Two-Way AI Noise-Cancellation yang bisa digunakan setiap saat. Teknologi ini berguna untuk menghilangkan suara bising dari lawan bicara. Sehingga, kita tidak perlu takut lagi melakukan kegiatan video conference di tempat ramai, seperti di kafe.

Dengan berat hanya sekitar 1,61 kg. Tentu tidak akan membuat pundak kita capek saat membawa laptop ini keluar rumah.

Asus ExpertBook B3 Flip (B3402 )


Sejuk di Mata

Pernah merasa lelah di mata, saat terlalu lama menatap layar laptop. Nah, saat menggunakan ExpertBook B3 Flip, hal tersebut tidak akan terulang lagi. Karena laptop ini dilengkapi fitur Eye Care yang menggantongi sertifikat TUV Rheinland. Fitur ini berguna untuk mengurangi pancaran radiasi sinar biru dari layar laptop secara significant. Sehingga, kesehatan mata tetap terjaga, meskipun berlama-lama menatap layar laptop. Keren banget kan.


Selain itu ExpertBook B3 Flip merupakan laptop higienis dengan bodi yang sudah dilengkapi lapisan anti bakteri khusus, yang bernama ASUS Antibacterial Guard. Lapisan anti bakteri ini sudah mendapat kan standart ISO 22169 yang terbukti mampu menahan laju pertumbuhan bakteri 99% dalam kurun waktu 24 jam. Selain itu Lapisan ASUS Antibacterial Guard juga tahan dari alkohol, cairan pembersih dan cairan hypochlous acid. Sehingga memmbuat laptop tetap mudah dibersihkan.


Dual Camera 


Selama ini saya mengetahui laptop itu hanya memiliki 1camera webcam. Tetapi, ExpertBook B3 Flip memiliki 2 camera. Satu camera webcam Innovative 3D yang dilengkapi noise-reduction (3DNR) hingga 94%. Sehingga membuat gambar kita tetap terlihat cerah meskipun posisi kita dalam ruangan yang kurang cahaya.


Camera kedua world-facing high-resolution spesial 13 MP yang terletak persis diatas keyboard. Camera ini berguna saat laptop dalam posisi tenda atau tablet. Fungsi camera ini sama seperti camera belakang pada smartphone.

Asus ExpertBook B3 Flip (B3402)



Just touch for log in


Suka lupa mengingat password untuk log in, tidak  perlu takut lagi saat menggunakan ExpertBook B3 Flip. Karena laptop ini dibekali fingerprints-reader button. Sensor sidik jarinya langsung terhubung dengan  tombol power yang memiliki perlindungan biometrik bawaan. Jadi, untuk mengaktifkan atau menggunakan laptop, just touch in. Tidak perlu lagi memasukkan sandi atau PIN lagi.



Belajar dan Bekerja dengan Aman


ExpertBook B3 Flip memiliki sistem keamanan yang kuat. Hal ini untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan informasi pribadi kita. Untuk menjaga keamanan informasi kita, Asus menyematkan berbagai fitur seperti sensor sidik jari, pelindung webcam fisik, TPM 2.0. Bahkan Asus juga menyediakan slot kunci Kensington yang sudah terpasang di ExpertBook B3. Sehingga laptop kita tetap aman.



Asus ExpertBook B3 Flip merupakan bagian dari MyASUS app dan ASUS Business


Asus ExpertBook B3 Flip sudah dilengkapi dengan MyASUS (MyASUS merupakan aplikasi pelengkap yang berisi berisi peralatan dan informasi yang mungkin dibutuhkan saat kita memakai laptop). Dengan adanya aplikasi ini akan membantu kita mengintegrasikan PC ASUS dengan perangkat seluler. Sehingga memungkinkan bagi kita bisa mentransfer file atau tautan dengan cepat dan tanpa kabel antar perangkat, mengontrol ponsel dari PC, bahkan bisa mengakses file PC lokal dari jarak jauh melalui ponsel.


Selain itu ExpertBook B3 Flip juga merupakan bagian dari ASUS Business yang merupakan solusi komprehensif dalam meningkatkan produktivitas bisnis. ASUS Business membantu para pelaku bisnis dan instansi di Indonesia supaya bisa maksimal produktivitasnya dengan cara menawarkan perangkat komputasi terbaik yang terintergrasi ke software khusus berstandar industri.


Supaya terintegrasi dengan baik, maka ASUS Businnes memperkuat bisnisnya dengan menyesuaikan alur kerja. Untuk itu ASUS menawarkan berbagai opsi pilihan kepada konsumennya sesuai dengan kebutuhan dan dana yang tersedia.


ASUS Business juga menawarkan layanan purna jual produknya. Untuk itu para pengguna ASUS,  baik perorangan maupun instansi hendaknya memanfaatkan layanan extra seperti Warranty Extention sampai 5 tahun, layanan Onsite Service Accidental Damage Protection (ADP) dengan garansi sampai 100%, layanan VIP Support Line yang bisa mendukung teknis khusus.


Untuk spesifikasi lengkap Asus ExpertBook B3 Flip ada  di bawah ini.


Spesifikasi lengkap Asus ExpertBook B3 Flip (B3402)



Main Spec.

ExpertBook B3 Flip (B3402)

CPU

Intel® Core™ i5-1135G7 Processor 0.9-2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz)

Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 1.2-2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)

Operating System

Windows 11 Home - ASUS recommends Windows 11 Pro for business

Windows 11 Pro - ASUS recommends Windows 11 Pro for business

Windows 10 Home - ASUS recommends Windows 10 Pro for business

Windows 10 Pro - ASUS recommends Windows 10 Pro for business

Free Upgrade to Windows 11¹

Memory

16GB DDR4 on board , Memory Max Up to:48GB

Storage

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD

Display

Touch screen, 14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Glossy display, LED Backlit, 250nits, NTSC: 45%, Screen-to-body ratio:80

Graphics

Intel Iris Xแต‰ Graphics (available for Intel® Core™ i5/i7/i9 with dual channel memory)

Input/Output

1x USB 2.0 Type-A

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A

2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery

1x HDMI 2.0a

1x 3.5mm Combo Audio Jack

Camera

720p HD camera

With privacy shutter

13.0M camera

Connectivity

Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5.2

Audio

Built-in speaker Built-in array microphone with Cortana support

Battery

50WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension 

32.90 x 22.39 x 1.92 ~ 1.95 cm (12.95" x 8.81" x 0.76" ~ 0.77")

Weight

1.61 kg (3.55 lbs)

Colors

Black

Price

Starts from Rp17.542.000

Warranty

2 tahun garansi global





ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) ini memang merupakan salah satu Modern PC yang dirancang untuk semua kalangan, baik pelajar maupun pekerja yang dinamis. Sehingga mereka dapat belajar sekaligus bekerja di mana dan kapan saja.


Asus ExpertBook B3 Flip (B3402)

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Tulisan ini sebagai penginggat kalau saya pernah mempunyai mimpi yang besar dalam kehidupan ini.



Artikel ini diikutkan dalam ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) Blog Writing Competition bersama handikoo.com




Sumber referensi tulisan: www.asus.com


32 komentar untuk "Wujudkan Mimpi Bersama ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)"

  1. Keren banget spesifikasi Laptop Asus Expert Book B3 yang sangat handal untuk melakukan pekerjaan yang butuh kecepatan dan kecanggihan laptop.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, Asus ExpertBook ini memang keren banget

      Hapus
  2. Seumur hidup namanya beli laptop baru sekali, ya Allah makin pengen ganti laptop nih, tapi kalau ganti laptop laptop yg lama sayang juga. Bimbang banget, apalagi kalau liat laptop teman-teman pada baru enak banget buat kerja, semoga ada rezeki buat beli laptop asus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga semoga keinginannya dapat terkabul. Laptop lama bisa dijual second. Bisa terus dipakai untuk menulis.

      Hapus
  3. Laptop Asus ini emang andalan buat kerja. Laptop pertama yang kubeli ya Asus sampe sekarang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asus memang terkenal karena kualitas bagus juga awet ya mbak.

      Hapus
  4. Oke. Sekarang aku tahu laptop apa yang aku mau untuk menggantikan laptop yang senang. Mau ngajuin proposal dulu ke suami biar beli asus expertbook ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga proposal nya segera di acc paksu. Dan, bisa segera membawa pulang laptop Asus impiannya.

      Hapus
  5. wah semangat kak, pengusaha jamur tiram ๐Ÿ˜ dulu waktu kuliah sy sempat budidaya juga. Btw, laptop asus memang keren bgt, apalagi yg seri terbaru nih.. jadi mupeng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, Iya sesama petani jamur kita. Tapi Kakak sudah pensiun, sementara saya masih setia di jamur.
      Laptop Asus ini memang generasi terbaru yang mendukung signal 4G mbak.

      Hapus
  6. Tiap lihat inovasi terbaru dari Asus tuh, hasrat selalu meronta-ronta pengin ganti laptop hehe. Yang Asus Expertbook ini memang kualitas dan fiturnya premium sih. Apalagi menggunakan fingerprints, lebih mudah dan aman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tiap tahun Asus meluncurkan laptop baru yang selalu membuat mupeng pengguna lama untuk memilikinya.

      Hapus
  7. Pas banget buat rekomendasi aku yg lagi cari2 laptop, makasih infonya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama kak. Semoga bisa segera meminang laptop impiannya.

      Hapus
  8. Sbg pengguna Asus aku suka sih sama spek Asus Expertbook ini, sangat gesit buat menunjang kinerja dan bisnis jga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu setia dengan Asus ya Kak. Saya pun ingin sekali memiliki laptop ExpertBook ini.

      Hapus
  9. Aamin impian terwujud. Inilah yang jadi dasar hidup kita bahagia karena ada peralatan mumpuni penunjang produktivitas kita sehari-hari .asus ok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, dengan adanya peralatan yang mendukung tentu akan memperlancar pekerjaan.

      Hapus
  10. Saya banget nih, ingin menerbitkan buku solo tapivmaju mundur
    Semoga bisa punya Asus ExpertBook B3 Flip (B3402) ya?
    Agar bisa segera nulis ketika dapat ide

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak, masih ragu belum percaya diri. Takut mendapat respon yang tidak menyenangkan. Jadi, ditunda dulu keinginan itu.

      Hapus
  11. say apernah magang di kebun jamur tiram wqaktu kuliah dulu ketika bisnis jamur tiram lagi booming-boomingnya, kisaran tahun 2003 kalo gak salah. sedikit banyak jadi tahu kayak gimana budidaya tanaman jamur tiram ini.waktu itu pertama kali juga nyobain masak tumis jamur tiram yang kata orang waktu mirip rasanya mirip daging ayam, padahal mah gak juga sih, hahahaha. btw pengen juga iih asus expertbook yang ini. karena layarnya bisa di flip dan ada S pen nya. untuk menggambar digital pasti lebih asyik nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ditumis memang terasa beda dengan daging ayam. Tetapi kalau dihancurkan seperti dimasak nugget atau pentok bakso itu mirip rasanya. Kalau dibuat sate, rasanya Mario usis ayam.
      Iya Kak, Asus yang tipe ExpertBook ini memang keren, bisa diputar 360 derajat juga dilengkapi Sylus pen untuk menggambar.

      Hapus
  12. ulasannya lengkap sekali. sebagai pengguna asus sejak dulu saya juga sangat merekomendasikan Asus Expertbook ini. keren!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Kak. ExpertBook ini memang keren.

      Hapus
  13. sebagai pengguna asus sejak dulu, aku juga sangat merekomendasikan Asus Expertbook ini sih. harga dengan spek nya sangat sangat sesuai. mantap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak. spek yang diberikan Asus ExpertBook memang sesuai dengan harganya.

      Hapus
  14. Laptop serba bisa inilah yang bagus banget untuk kita-kita yang perlu gercep menuangkan ide dan kreatvitas melalui tulisan yaa mba, saya juga jatuh cinta nih dengan spek Asus Expertbook ini..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Asus ExpertBook ini memang sesuai untuk kita yang suka tidak sabaran untuk segera menulis. Karena responnya cepat banget.

      Hapus
  15. ASUS tipe Expertbook ini ternyata cocok buat penulis juga ya. Aku pikir hanya untuk pebisnis atau akademisi saja*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asus ExpertBook B3 Flip didesain khusus untuk semua kalangan. Penulis juga butuh lho laptop yang responnya cepat. Apalagi saat mencari referensi tulisan, bisa buka tab pencariaan diatas 10, masih ditambah aplikasi edit fotonya.

      Hapus
  16. Rasanya semua kelebihan laptop ada di Asus ExpertBook B3 Flip ini, bisa punya Asus type ini sungguh sebuah mimpi, ya mbak.
    Nulis lancar, semangat nulis pasti membara dengan fasilitas fitur yang tersedia di sini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, semoga mimpi kita terwujud. Aamiin. Sehingga ngeblognya semakin lancar.

      Hapus