Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menulis di Aplikasi Dreame dan Dapatkan Ratusan Dolar

Cara Menulis di Aplikasi Dreame


Cara Menulis di Aplikasi Dreame dan Dapatkan Ratusan Dolar. Saat ini banyak pilihan aplikasi menulis novel yang bisa menampung tulisan kita. Tentu saja setiap aplikasi mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Beberapa waktu saya mengikuti kelas yang diadakan Nulis Aja Community yaitu salah satu bagian dari komunitas One day one post (ODOP) yang membidangi menulis buku. Sebagai penanggung jawabnya adalah Nur Hidayati pemilik Sanggar Caraka. Dalam kelas tersebut menghadirkan nara sumber Sabrina Lasama yang merupakan salah satu penulis di Dreame.

Menurut Sabrina Lasama, diantara berbagai aplikasi menulis novel yang ada, yang paling masuk akal atau menguntungkan bagi penulis dalam pembagian royalti adalah di Dreame. Apalagi pembayarannya dalam bentuk dolar Amerika. Keren banget kan. Tertarik menulis di sana. Yuk, sama-sama kita bahas tentang Cara menulis di aplikasi Dreame dan dapatkan ratusan dolar.


Apa itu Dreame

Dreame adalah suatu aplikasi membaca dan menulis novel online. Yang bisa diakses melalui website maupun dengan cara menginstal aplikasi dari play store.

Mungkin teman-teman juga pernah mendengar tentang Innovel. Dreame dan Innovel adalah sama. Saat kita akan menulis di Innovel, nanti juga akan di arahkan ke Dreame. Setelah sampai Dreame dialihkan lagi ke Starry writing.

Ada banyak genre novel yang ada di sana yang bisa kita pilih sesuai dengan keinginan kita. Untuk membaca novel di aplikasi ini ada juga versi gratis dan berbayar.

Kabar baiknya bagi yang berkontribusi sebagai penulis di Dreame akan mendapatkan bayaran dalam bentuk dolar Amerika. Tentu saja jika memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan.

Cara menulis di aplikasi dreame


Cara menulis di Dreame

1. Masuk ke website starywriting.com. 

Buat akun di sana, bisa menggunakan Facebook, Gmail maupun Google. Kemudian lengkapi data-data yang ada di sana.

2. Mencari Editor Dreame

Setelah mempunyai akin langkah kedua adalah mencari editor. Kenapa harus mencari editor dreame terlebih dahulu? Karena pada waktu pengajuan kontrak ada arahan untuk memasukkan editor code. Kode tersebut harus diisi dan yang memiliki kode tersebut hanya editor Dreame.

3. Setelah mempunyai editor, langkah selanjutnya adalah memikirkan novel yang akan kita tulis.

Cara mendapatkan editor di Dreame:

1. Melalui teman yang aktif menulis di Dreame.

2. Fanspage. Ada banyak group di Facebook yang anggotanya para penulis dan editor di Dreame. Search saja di kolom pencarian tentang Dreame.

Untuk itulah sangat penting bagi yang ingin berkarir di dunia kepenulisan untuk membangun relasi dengan sesama penulis. Karena, saat nama kita dikenal dalam circle kepenulisan, maka akan mudah mendapatkan informasi dan solusi dari masalah yang di hadapi.

Dengan memiliki editor terlebih dahulu, kita bisa berkonsultasi tentang naskah yang akan kita tulis. Meskipun kita menggunakan jasa editor, tidak akan mempengaruhi pembagian hasil yang di dapat dari Dreame.

Baca juga Cara membeli koin di KBM tanpa install Aplikasi

Cara mengirimkan naskah ke Dreame

1. Langsung mengirimkan naskah ke editor.

Saat pengiriman naskah harus disertai dengan judul, sinopsis, blurb, cover, 5 bab awal novel. Jika kita menggunakan jalur ini.

Karena naskah kita melalui editor, maka kita tidak harus menunggu naskah kita untuk dikurasi. Waktu yang dibutuhkan sekitar 3 minggu. Namun, keuntungan kirim naskah melalui jalur ini adalah otomatis naskah kita masuk kontrak eksklusif.

2. Langsung upload di website Dreame.

Kita juga bisa langsung mengupload naskah kita ke website Dreame. Kita baru bisa mengajukan kontrak eksklusif, jika naskah kita sudah mendapatkan 500 love.

Untuk mencari 500 love dibutuhkan kerja keras dari penulis untuk promosi dan mengajak orang-orang untuk memberi love pada tulisan kita. Kelebihan dari jalur ini adalah setelah mendapat 500 love, naskah tidak perlu kurasi lagi.

Jadi perlu dipikirkan baik-baik, hendak memilih jalur mana saat menulis di Dreame. Karena kedua jalur memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.


Perbedaan kontrak eksklusif dan non eksklusif

1. Kontrak Eksklusif 

Kontrak eksklusif bersifat pada seleksi naskah oleh editor. Cara mengajukan kontrak eksklusif pada Dreame:


  • Pengajuan naskah langsung melalui editor dan sudah di approve otomatis sudah masuk kontrak eksklusif. Untuk cara pengajuan naskah bisa baca keterangan di atas. Menurut Mbak Sabrina, setelah naskah di approve, naskah selanjutnya tidak perlu kurasi lagi.
  • Sementara untuk untuk naskah yang di upload langsung di website tanpa melalui editor untuk mengajukan kontrak eksklusif harus mendapatkan love sebanyak 500.

Bonus dan fasilitas yang bisa didapatkan kontrak eksklusif adalah:

  • Bonus $50 untuk yang pertama kali sign in dengan menulis 30 ribu kata.
  • Bonus daily update $150. Boleh libur 2 hari. Dengan syarat setiap hari kita minimal menulis 1000 kata. Dan dalam satu bulan minimal 50 ribu kata.
  • Bonus book completions. Saat kita terdaftar di kontrak eksklusif, otomatis kita mendapatkan royalti sebesar 8%. Dengan syarat, naskah kita harus tamat.
Semua naskah yang bisa tamat akan mendapatkan bonus berdasarkan jumlah kata

  • 60.000-99.999 kata mendapat $50
  • 100.000-199.999 kata mendapat $150
  • Di atas 200.000 kata mendapat $350
Perhitungan bonus ini berdasarkan ketentuan dari pihak Dreame yang berlaku dari 1 Januari -31 Desember 2021. Kalau untuk saat ini, saya kurang tahu mengenai ada tidaknya perubahan berapa bonus yang diberikan. Kalaupun ada, perubahannya tentu tidak akan berbeda jauh.



2. Kontrak Non Eksklusif 

Dalam kontrak non eksklusif didasarkan pada jumlah viewers. Yaitu jumlah pembaca yang membaca naskah kita. Di kontrak ini, kita mendapat pembagian royalti sebesar 6%, dengan syarat naskah harus tamat.

Sementara bonus yang diterima adalah:
  • 100.000-299.999 kata mendapat $50
  • 300.000-499.999 kata mendapat $100
  • 500.000-999.999 kata mendapat $150
  • Di atas 999.999 kata mendapat $250

Jika melihat dari bonus yang didapatkan antara kontrak eksklusif dan non eksklusif, tentunya kita lebih memilih kontrak eksklusif. Ini juga saran dari beberapa penulis yang pernah menulis di dreame. Meskipun harus menunggu sekitar 3 minggu untuk menerima keputusan dari editor. Tetapi, waktu itu tidak sebanding dengan hasil yang akan kita dapatkan nanti.

Bagaimana Cara mendapatkan ratusan dolar dari Dreame 

Bagaimana penulis  bisa mendapatkan ratusan dolar di Dreame


Dengan melihat pembagian bonus di atas, jika tulisan kita dapat masuk kontrak eksklusif, maka kita minimal mendapatkan $150, dengan menulis diatas 50.000 kata dalam satu bulan.

Selain itu, kita juga bisa mendapatkan tambahan dari pembagian royalti sebesar 8% dari naskah kita yang dibaca orang lain. Semakin banyak orang yang membaca karya kita, semakin banyak pula uang yang kita dapat. 

Cara penulis mendapatkan penghasilan ratusan dolar  di Dreame:


1. Menulis cerita yang menarik

Cerita yang menarik akan membuat orang tertarik untuk membaca. Dengan semakin banyak orang yang membaca karya kita, otomatis uang yang kita dapat juga semakin banyak.

Setiap platform menulis mempunyai genre cerita favorit pembaca sendiri-sendiri. Amati genre tulisan yang paling diminati pembaca di platform tersebut. Misalnya di platform menulis A, yang diminati adalah cerita tentang kehidupan rumah tangga. Sementara di platform B, cerita yang diminati pembaca bergenre romantisme kehidupan muda mudi.

Dengan mengetahui genre cerita yang disukai setiap platform menulis, membuat kita lebih mudah dalam mencari ide penulisan naskah.

2. Menulis banyak cerita

Beragamnya karya yang kita unggah ke suatu platform menulis, membuat semakin banyak  pilihan pembaca untuk membaca karya kita. Dengan semakin banyak pembaca, maka penghasilan yang kita dapat juga akan meningkat.

3. Meningkatkan jumlah pembaca atau viewer

Seperti yang kita ketahui bawasannya semakin banyak viewer pada karya kita, akan meningkat pula pendapatan kita.

Untuk meningkatkan jumlah viewers, penulis harus rajin mempromosikan karyanya. Bisa melalui media sosial, seperti Facebook, whatsaap serta media sosial lainnya. Dengan semakin banyak orang yang mengetahui karya kita, akan membuat mereka tertarik untuk membaca karya kita.


Di atas tadi penjelasan singkat tentang cara menulis di aplikasi Dreame dan  dapatkan ratusan dolar. Bagaimana apakah teman-teman tertarik juga untuk menulis di Dreame? Maka persiapkan karya terbaik dulu, supaya hasil yang didapatkan juga maksimal. 
Keep writing and never give up ✍ 








1 komentar untuk "Cara Menulis di Aplikasi Dreame dan Dapatkan Ratusan Dolar"