Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Donat Kentang yang Lembut dan Mengembang


Cara membuat donat kentang yang lembut dan mengembang. Donat yang mengembang dengan topping aneka rasa tentu akan menarik minat siapa saja untuk mencicipinya. Namun, tidak semua donat tersebut enak untuk dinikmati, seringkali kita temui  donat yang tampilannya bagus tapi keras atau rasanya kurang pas di lidah kita.

Untuk membuat donat yang enak memang dibutuhkan kecermatan, baik dalam takaran bahan maupun cara membuatnya. Di internet banyak sekali resep cara membuat donat, dari yang sederhana sampai yang menggunakan berbagai macam teknik. Namun, meskipun resep dan cara pembuatan sama, akan didapatkan hasil yang berbeda setiap orangnya.

Pada umumnya kue donat menggunakan tepung terigu. Tetapi,  semakin lama muncul berbagai inovasi cara membuat donat. Salah satunya yaitu menganti terigu menggunakan kentang kukus yang dihaluskan atau tepung kentang. Hingga lahirlah donat kentang.


Sejarah donat kentang

Donat kentang sudah ada sejak lama yaitu semenjak tahun abad 19, dengan sebutan dognut. Pada tahun 1950-an  ratusan toko roti di Amerika menjual donat sebagai kudapan atau menu utama. Sehingga keberadaan donat semakin terkenal.


Kelebihan Donat Kentang dibandingkan donat biasa

Dilihat dari kandungan gizinya, donat kentang tentu lebih bergizi daripada donat yang hanya menggunakan tepung terigu saja. Sehingga lebih aman bagi penderita diabetes.

Tekstur donat kentang lebih lembut dan kenyal. Berbeda dengan donat yang hanya menggunakan tepung terigu terasa keras dan alot. 

Semakin banyak kentang yang digunakan dalam adonan, donat akan semakin lembut. Hal ini membuat kue tetap empuk meskipun sudah dingin.


Kue berbentuk bulat dengan lubang di tengah ini memang mempunyai banyak peminat. Mulai dari anak-anak sampai orang tua banyak yang menyukainya. Selain rasanya yang enak, kue ini juga bisa dijadikan sebagai bentuk wirausaha, baik skala kecil maupun besar. Sudah banyak wirausaha yang berhasil dengan memproduksi donat. 

Untuk mendapatkan kue ini pun sangat mudah. Karena kue ini bisa didapatkan di toko-toko roti, baik dipasar tradisional maupun di pasar modern. Dari harga yang murah sampai yang mahal. Sesuai dengan keinginan kita.

Namun, jika kita ingin membuat sendiri donat supaya hasilnya lebih banyak dan rasa sesuai lidah, kita tidak perlu kuatir. Karena kue ini mudah dibuat. Bahan-bahan yang diperlukan pun cukup sederhana. 

Berikut ini ada resep cara membuat donat kentang sederhana yang lembut dan mengembang.

Bahan yang dibutuhkan:

  • 550 gram tepung terigu protein tinggi
  • 250 gram kentang kukus yang dihaluskan
  • 100 gram susu bubuk
  • 100 gram gula pasir
  • 4 butir kuning telur
  • 80 gram margarin
  • 12 gram ragi instan
  • 1/2 sendok teh garam
  • 100 ml air dingin

Cara membuat donat kentang:
  1. Siapkan wadah bersih untuk adonan. 
  2. Ayak tepung terigu. Masukkan gula, susu dan ragi.
  3. Perlahan-lahan tambahkan air dingin ke dalam adonan. Kemudian tambahkan telur dan kentang yang sudah dihaluskan. Uleni adonan hingga setengah kalis.
  4. Tambahkan mentega dan garam. Uleni kembali sampai adonan benar-benar kalis.
  5. Diamkan adonan dan tutup wadah  dengan plastik, hingga adonan kedap udara. Biarkan selama kurang lebih satu jam.
  6. Kempiskan adonan. Kemudian bagi menjadi beberapa bagian. Jika ingin besar donat sama, adonan bisa ditimbang. 
  7. Bentuk setiap bagian tadi menjadi bulatan kemudian beri lubang ditengahnya.
  8. Diamkan adonan kembali kurang lebih 20 menit atau sampai adonan mengembang ringan.
  9. Siapkan wajan untuk menggoreng dengan minyak banyak sampai bisa merendam donat.
  10. Masukkan donat ketika minyak sudah benar-benar panas. Kemudian goreng dengan api kecil supaya donat benar-benar matang luar dan dalam.
  11. Saat donat sudah berwarna kuning kecoklatan tandanya kue sudah matang. Angkat lalu tiriskan.

Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan donat:
  • Jangan istirahatkan adonan terlalu lama karena bisa menyebabkan over proofing atau terlalu mengembang. Ini akan mengakibatkan adonan lembek dan lengket. Meskipun bisa diatasi tetapi hal ini bisa menambah kerja kita.
  • Lihat berapa besar wajan yang digunakan untuk menggoreng donat. Jika ingin membuat donat dalam jumlah banyak namun penggorengan kecil, sebaiknya membuatnya dalam beberapa adonan. Hal ini juga salah satu cara untuk mencegah over proofing.
  • Gunakan tisu makan untuk menyerap lebih minyak. Kandungan minyak dalam donat masih banyak jika hanya ditiriskan setelah digoreng.
  • Kukus kentang dengan kulitnya, supaya kadar air dalam kentang tidak terlalu banyak. Dan supaya rasa kentang tetap terjaga.
  • Jangan menambahkan air dingin setelah mentega. Hal ini akan membuat adonan gagal.


Untuk mempercantik tampilan dan menambah rasa donat, diatasnya diberi hiasan, biasa disebut topping. Bahan untuk topping donat antara lain:
  • Gula halus
  • Cokelat putih maupun cokelat biasa
  • Keju parut
  • Kacang tanah atau jenis kacang lain tumbuk kasar
  • Meses aneka warna
  • Dan lain sebagainya

Cara menyimpan donat supaya tetap enak

Donat sangat enak untuk dinikmati saat masih hangat. Tetapi karena kita masak lebih banyak sekalian untuk beberapa hari. Jadi, donat harus kita simpan dengan cara memasukkan donat pada wadah yang kedap udara.

Selain itu kita juga bisa menyimpan donat difrezer atau lemari es. Saat disimpan di lemari es, donat bisa tahan sampai 4 hari. Tetapi jika disimpan di luar, donat hanya bertahan dua hari saja.

Untuk menikmati donat yang baru keluar dari lemari es, jangan digoreng karena akan berakibat kue terlalu berminyak. Tetapi cukup dimasukkan microwave satu menit saja. Kue akan kembali empuk. Jika tidak mempunyai microwave, kita bisa menggunakan wajan teflon tertutup.

Untuk bahan membuat donat selain kentang, bisa juga bahan lain, seperti ketela rambat, waluh, talas serta bahan lainnya. Jadi kue semakin lebih berwarna dan enak. 

Ternyata cara membuat donat kentang yang lembut dan mengembang itu mudah ya. Asal kita a mau sering berlatih, maka  kue yang dibuat bisa seenak dan mengembang sempurna sesuai yang diharapkan.








Posting Komentar untuk "Cara Membuat Donat Kentang yang Lembut dan Mengembang"