Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Makanan Khas Daerah Jawa Timur yang Terkenal Enak dan Lezat

7 Makanan Khas Daerah Jawa Timur yang Terkenal Enak dan Lezat


7 Makanan Khas Daerah yang Terkenal Enak dan Lezat. Negara Indonesia terbentang dari Sabang sampai Merauke. Dengan keanekaragaman suku, budaya dan bahasa. Setiap daerah mempunyai ciri khas sendiri-sendiri. Salah satu ciri khas suatu daerah bisa dikenali dari makanannya.

Makanan khas daerah adalah masakan yang sering dikonsumsi masyarakat di suatu daerah tertentu.

Salah satu daerah di Indonesia yang mempunyai banyak ragam masakan yang enak dan lezat adalah Jawa Timur. Sebuah propinsi yang terdiri dari beberapa kabupaten dan kota madya. Maka, tak heran jika provinsi ini memiliki beberapa masakan khas daerah yang terkenal enak dan lezat.

Berikut ini 7 Masakan Khas Daerah Jawa Timur yang terkenal enak dan lezat:

1. Nasi Pecel

Pecel merupakan makanan yang sangat populer bukan hanya di Jawa Timur, melainkan di seluruh pulau Jawa memiliki pecel atau pecal dengan keunikan sendiri-sendiri.

Pecel atau pecal adalah berbagai sayuran rebus yang disiram dengan saus sambal kacang.  Jadi nasi pecel adalah nasi yang dikombinasikan dengan berbagai sayuran rebus, kemudian di atasnya disiram dengan saus sambal kacang. Selain dengan nasi, pecel juga bisa dikombinasikan dengan lontong.

Untuk pelengkap lauk bisa ditambahkan daging, telur, tempe, krupuk, dll.

Di Jawa Timur ada beberap pecel yang terkenal, salah satunya Pecel Madiun, salah satu kabupaten yang ada di daerah ini. Karena begitu terkenal Pecel Madiun bisa di dapatkan di bukan hanya di Jawa Timur saja, tetapi di kota-kota seluruh Indonesia bisa dipastikan ada yang menjual Pecel Madiun.


2. Bakso  Malang

Malang adalah salah satu daerah di Jawa Timur yang berhawa sejuk karena berada di daerah dataran tinggi. Hidangan berkuah panas sangat sesuai disantap di daerah ini. Maka, terciptalah Bakso Malang yang terkenal di seluruh nusantara.

Bakso memang makanan yang sangat familiar bagi semua orang. Karena di setiap daerah pasti ada penjual  bakso. Tetapi, Bakso Malang memang berbeda dengan bakso di daerah lain.

Keistimewaan bakso Malang adalah beragamnya isian mangkok. Mulai dari pentol daging urat atau halus, pentol dengan beberapa isian seperti sosis, telur puyuh, dll. Mienya ada mie kuning dan bihun. Masih ada tahu goreng atau kukus, pangsit tahu, pentol tahu, dll. Isian mangkok biasanya disesuaikan keinginan pelanggan. 

3. Sate Ayam Madura 

Sate ayam di mana pun ada dan sangat mudah ditemukan baik di desa maupun kota. Namun, Sate Ayam Madura berbeda dengan ayam lainnya.

Penjual Sate Madura di daerah saya atau mungkin juga di daerah lain ditandai dengan asapnya yang mengepul sangat banyak saat membakar sate.

Keistimewaan sate Madura adalah daging ayamnya yang empuk dan lembut serta sambel kacang dengan cita rasa yang khas. Menurut beberapa sumber yang saya baca, di dalam bumbu kacang ditambahi kemiri. 

4. Rujak Cingur 

Bahan-bahan Rujak Cingur mirip dengan rujak petis yaitu lontong, kecambah, kangkung, timun, tahu, tempe kemudian disiram dengan bumbu kacang yang sudah ditambahi petis. Rujak Cingur adalah makanan khas daerah Surabaya dan sekitarnya.

Perbedaan rujak Cingur dengan rujak petis adalah penambahan bengkoan, krai(sejenis timun),  mangga muda, nanas dan cingur(mulut sapi).

Karena penambahan cingur itulah rujak ini dinamakan rujak Cingur.


5. Soto Lamongan

Lomongan merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur. Daerah ini meniliki makanan khas daerah berupa soto. Soto Lamongan mudah didapatkan di luar daerah.

Keistimewaan soto ini adalah terletak pada bumbu tabur, dagibg ayam yang dipotong miri gdan kuah bening sotonya. Bumbu tabur tersebut terbuat dari kerupuk udang dan bawang putih goreng yang dihaluskan.


6. Ayam Lodho

Ayam Lodho merupakan masakan ayam khas daerah Tulung Agung, Jawa Timur. Sebuah kabupaten di bagian selatan yang menghadap Samudera Hindia dengan pantai yang terkenal adalah Popoh.

Pada dasarnya Ayam Lodho adalah ayam panggang atau ayam bakar yang dibumbui dengan kuah bersantan berbumbu pedas.

Ayam yang digunakan adalah ayam jawa. Dan waktu memasak menggunakan api kecil supaya bumbu bisa meresap ke dalam daging ayam

7. Rawon 

Rawon merupakan masakan kuah berwarna hitam. Warna hitam didapat dari biji kluwak. Dalam mengolah kuah harus hati-hati, karena jika salah dalam pengolahan akan menyebabkan kuah berasa pahit.

Dalam penyajiannya, Rawon menggunakan daging sapi yang diiris kecil, kecambah mentah dan kerupuk udang. Tentu saja ditambah nasi.

Saat ini rawon tidak hanya menggunakan daging, bisa juga menggunakan daging ayam atau tahun goreng.


Diantara 7 makanan khas daerah Jawa Timur diatas mana yang pernah teman nikmati. Atau mungkin sudah pernah mencicipi semuanya. Bagaimana rasanya? Mungkin masih penasaran dan belum puas? Silahkan berkunjung ke Jawa Timur langsung supaya bisa menikmati kuliner daerah sepuasnya. Masih banyak kuliner lain yang rasanya juga tidak kalah enak dan lezatnya.


Posting Komentar untuk "7 Makanan Khas Daerah Jawa Timur yang Terkenal Enak dan Lezat"