Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan Mempunyai Teman Blogger, Dapat Ilmu hingga Cuan

Keuntungan Mempunyai Teman Blogger, Dapat Ilmu hingga Cuan

Dalam berteman sejak dulu, saya bukan tipe pemilih. Asalkan saat diajak ngobrol nyambung, oke saja. Entah itu laki-laki atau perempuan. Tapi sih kebanyakan teman saya memang laki-laki. Untuk teman perempuan ya akrab lumayan banyak juga.

Pertemanan saya juga tidak hanya dengan teman sekolah saja, tetapi juga dengan teman sebaya di sekitar rumah. Biasanya kalau dengan teman sekitar rumah merupakan teman nongkrong saat di rumah. Kebetulan rumah ortu dari dulu menjadi tempat berkumpulnya anak-anak muda karena kebetulan berada di tepi jalan raya. Jadi, kalau ada yang lewat dan kebetulan ada saya atau kakak saya di depan rumah, tetangga sering mampir hanya sekedar untuk ngobrol.

Sementara untuk teman-teman sekolah merupakan teman saat di sekolah sekaligus teman hang out. Entah itu ke tempat pariwisata, ngemall, bahkan teman bolos dari sekolah. Kerandoman tingkah masa sekolah itu lah yang membuat kami tetap terhubung sampai saat ini. Meskipun hanya sekedar bertanya kabar melalui telepon. Jika ada waktu, kami masih saling berkunjung hanya sekedar untuk mengenang masa sekolah.

Berjalannya waktu, saat media social mulai muncul, pertemanan saya mulai meluas tidak hanya teman sekolah dan sekitar rumah saja. Saya mulai mengenal teman online. Pertama mempunyai akun media social kalau tidak salah facebook, kemudian mengenal yahoo masseger dengan chatnya. Kebiasaan sejak dulu saya sering membuat akun media social hanya sekedar ingin tahu bagaimana cara kerja dan kegunaan dari suatu akun. Kemudian ditinggalkan jika dirasa tidak ada manfaatnya. Namun, diantara sekian akun media sosial, yang paling awet adalah Facebook.

Dari facebook saya mengenal teman-teman dengan berbagai latar belakang dan daerah. Sekitar 80 % lebih pertemanan saya di facebook, belum pernah bertemu alias teman online. Berhubung saya suka menulis, maka pertemanan saya juga kebanyakkan juga mereka yang menyukai dunia literasi. Ada juga teman dari petani jamur tiram karena kebetulan saya juga pembudidaya jamur tiram. Dan, teman-teman lain dari berbagai profesi. Serta sebagian kecil tetangga dan teman sekolah. 

Untuk lebih memahami dunia literasi, saya bergabung dengan berbagai group kepenulisan. Senang sekali bertemu dengan teman-teman yang menyukai sesuatu yang sama. Salah satu group yang saya ikut bergabung adalah group blogger. Dulu awal menyukai dunia literasi, saya tertarik menulis cerpen dan opini. Semakin banyak pertemanan mempertemukan saya dengan teman-teman blogger dan akhirnya tertarik untuk menjadi blogger juga.

Saya termasuk anggota group yang lebih banyak silent reader karena terbatasnya waktu untuk online. Meskipun lebih banyak silent, saya berusaha menyimak apa saja yang disampaikan di group. Misalnya, saat ada event dan sekira saya mampu untuk mengikuti, maka saya akan mengikutinya. Ya, sekedar untuk menguji kemampuan diri sendiri dan untuk menambah rasa percaya diri.

Terus terang saya memang belum pernah meet up dengan teman-teman blogger. Jadi, memang belum banyak mempunyai teman blogger yang akrab seperti di dunia offline. Pengin sih, seperti teman-teman yang lain bisa meet up dan seseruan bersama dalam sebuah event. Tetapi, karena situasi dan kondisi saat ini yang belum memungkin, ya sementara hanya sebagai penikmat keseruan mereka saja. Sehingga obrolannya hanya terjadi di group saja terutama group watshap. Sesekali japri dengan teman jika ada sesuatu yang tidak diketahui. 

Senang nya bergabung group watshap blogger itu tidak hanya membahas tentang blog saja. Tetapi, terkadang juga membahas hal lain diluar blog, supaya anggota group tidak terlalu monoton dan tentu disertai dengan candaan.

Keuntungan Mempunyai Teman Blogger, Dapat Ilmu hingga Cuan

Keuntungan mempunyai teman Blogger

1. Mendapatkan ilmu

Menambah teman dari berbagai profesi itu bagi saya sesuatu yang menyenangkan. Tentunya dengan mereka yang mempunyai kemampuan lebih di suatu bidang. Karena saya mempunyai prinsip kalau dari setiap pertemuan dengan orang lain, akan ada ilmu yang bisa kita ambil manfaatnya. Saya pernah membaca entah quote siapa yaitu “Jika kamu ingin menjadi pengusaha maka bertemanlah dengan pengusaha,” yang artinya kalau kita ingin sukses menjadi seorang ahli, maka kita harus berteman dengan orang yang mengusai bidang tersebut.

Hal ini juga yang saya terapkan dalam pertemanan di media social, karena saya tertarik dunia literasi, maka pertemanan saya sebagian besar dari mereka ya juga mempunyai ketertarikan di dunia literasi.

Dengan semakin banyak berteman dengan blogger, maka secara tidak langsung saya akan mendapatkan ilmu tentang blogger dari mereka. Mulai dari suka duka mereka saat awal ngeblog, hasil yang didapatkan dari blog serta ilmu tentang blogging yang lain.

2. Mendapat info Job

Salah satu yang ditunggu para blogger adalah saat ada tawaran job, baik itu yang disampaikan melalui group maupun langsung di share di postingan seorang teman. Dengan semakin banyak berteman dengan para blogger, maka kemungkinan untuk mendapatkan job juga akan semakin banyak.

3. Di mention kalau ada info

Saat kita tergabung dengan suatu group kepenulisan, pastinya sering diadakan event atau kegiatan, baik yang diadakan rutin maupun yang hanya kadang-kadang saja.

Karena kesibukkan setiap hari yang tidak bisa melihat apa yang terjadi di group, bisa saja akan terlewat pengumunan penting tersebut. Dengan memiliki teman blogger, maka jika ada event tertentu pastinya kita akan dimention oleh admin atau salah satu teman yang kenal dengan kita untuk turut serta memeriahkan event tersebut.

Tips Menjaga Pertemanan supaya awet

Namanya hubungan dengan orang apalagi dengan orang lain, pastinya akan ada perbedaan pendapat. Perbedaan pendapat itu wajar dan tidak seharusnya menjadi alasan untuk memutuskan persahabatan.

Supaya persahabatan tetap terjalin dengan baik, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan, yaitu:

1. Tetap menjaga komunuikasi

Saat ini untuk menjalin komunikasi dengan teman cukup mudah. Karena bisa dilakukan melalui telepon maupun media online lainnya. Untuk menjaga pertemanan tetap terjaga salah satu caranya adalah dengan tetap menjalin komunikasi dengan teman-teman.

Tak ada salahnya kalau kita menyapa teman untuk menanyakan kabarnya saat ini baik secara langsung atau sekedar melalui media sosial. Dengan terjalinnya komunikasi, pertemanan yang ada tidak akan putus begitu sajq.

2. Saling Mengunjungi

Teman-teman tentu pernah mendengar tentang "Menjaga silahturami bisa mendatangkan rejeki." Kesibukkan yang dilakukan oleh masing-masing pribadi tentu membuat pertemanan tidak bisa dilakukan seperti masa sekolah atau semasa belum menikah. Tetapi, dengan berbagai kesibukkan, ada baiknya berkunjung ke rumah teman masa lalu untuk sekedar mengenang segala keusilan di waktu lalu.

3. Saling menguatkan dalam segala suasana

Sahabat yang baik tidak hanya hadir di saat bahagia saja. Tetapi, sebagai sahabat kita juga harus ada saat seorang sahabat dalam kesulitan.

Kalau pun tidak bisa membantu secara materi, paling tidak kita hadir untuk menguatkan seorang teman dalam melalui masa sulit.

Itu tadi tulisan singkat tentang keuntungan mempunyai teman Blogger yang bisa menambah ilmu dan cuan juga. Semoga dengan pertemanan yang ada bisa menambah semangat untuk terus update postingan di blog.

#YukNgeblogLagi 

#NgeblogAsyikBarengKEB 


Keuntungan Mempunyai Teman Blogger, Dapat Ilmu hingga Cuan



Posting Komentar untuk "Keuntungan Mempunyai Teman Blogger, Dapat Ilmu hingga Cuan"