Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hari Blogger 2023, Harapanku dan KEB di Masa Depan

Hari Blogger 2023, Harapanku dan KEB di Masa Depan

Hai untuk teman-teman yang mengaku Blogger, pasti tahu dong kalau tanggal 27 Oktober diperingati sebagai Hari Blogger. Apa nih harapannya di hari ulang tahun nanti?

Sudah cukup lama sih kenal blog, kalau tidak salah sekitar tahun 2017-an. Awalnya saya ikutan kelas gratisan yang diadakan oleh Mbak Anisa dari Malang. Dari sana saya mulai mengetahui kalau blog itu bisa menghasilkan uang selain dari adsense. Ingin sekali menekuninya. Tetapi, setiap buka blog selalu bingung mau menulis tentang apa. Akhirnya blog cukup lama vakum.

Seirung berjalannya waktu, saya semakin banyak mengenal para suhu blog. Kembali muncul semangat saya untuk ngeblog. Mulailah mengikuti kelas untuk blogger yang diadakan oleh berbagai kkomunitas. Saya mulai belajar edit template, menulis seo dan belajar tentang dunia blog lainnya. Hingga blog saya tetap ada sampai saat ini.

Sejarah Hari Blogger

Penetapan Hari Blogger bermula dari Pesta Blogger pada tahun 2007, yang dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, yang waktu itu dijabat oleh Bapak Muhammad Nuh. Sebagai wadah bagi para blogger seluruh Indonesia, maka beliau menetapkan tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger.

Empat tahun setelah penetapan Hari Blogger, Pestan Blogger berubah nama menjadi event on off Indonesia (OnOffID). Mulai dari sini kegiatan blogger tidak saja hanya sekedar berkumpul antar para blogger saja. Tetapi, saat itu dimulai menambahkan unsur bisnis ke dalam blog. Sehingga, para blogger bisa mendapatkan benefit atau keuntungan dari blognya.

Semakin lama blog, semakin berkembang hingga saat ini. Dan, para blogger juga banyak mendapatkan keuntungan dari blog yang dimilikinya.

Masihkah blog bisa eksis ditentang gempuran video

Tahun 2023 masih ngeblog? Memang menghasilkan? Begitu mungkin pertanyaan orang-orang tentang ngeblog.

Yah, kalau menurut saya sih, ngeblog itu masih menghasilkan cuan yang lumayan asal konsisten. Garis bawahi ya konsisten nya. Karena ini bagian yang sulit. Mudah memulai membuat blog tapi ya itu untuk konsisten yang sulit.

Apalagi minat baca orang Indonesia cukup rendah ditambah banyaknya konten video saat ini. Ya, memang konten video lebih populer saat ini. Meskipun begitu, kita para blogger jangan pesimis. Karena masih banyak yang lebih sula membaca daripada melihat konten video.

Dan, perlu diingat kalau ngeblog juga merupakan dasar dari membuat video. Dengan terbiasa menulis, kita akan lebih mudah membuat narasi konten video. Jadi, tetap semangat ngeblognya.

Hari Blogger 2023, Harapanku dan KEB di Masa Depan

Harapanku sebagai Blogger:

1. Makin konsisten menulis bukan hanya dalam angan saja tetapi juga tindakan.

Selama ini sudah sering dalam hati berniat untuk bisa konsisten menulis. Minimal satu postingan setiap minggu nya. Untuk dua blog aktif saya. Tetapi, ternyata niat saya tersebut selalu saja belum bisa terlaksana. Pasti nanti dan nanti saja menulisnya.

Jadi, bertepatan menyambut Hari Blogger, saya kembali berniat untuk lebih konsisten menulis dan mengurus blog. Supaya blog saya tidak menjadi sarang laba-laba.

2. Ingin belajar blog WordPress 

Saya sudah punya domain WordPress setahun nganggur karena belum sempat mengurusnya. Alasan sebenarnya sih karena kurang niat mengurus saja, sehingga blog itu menjadi belum merana karena tidak terurus.

Harapan saya semoga tahun ini, saya bisa mulai mengaktifkan blog tersebut. Sehingga, saya bisa menulis tentang berbagai hal mengenai wirausaha. Karena blog WordPress tersebut memang rencananya untuk menulis tentang peluang usaha atau UMKM.

3. Traffic blog meningkat

Siapa sih yang tidak ingin blog nya banyak pengunjung. Begitu pun saya juga ingin memiliki traffic blog yang tinggi. Senang rasanya kalau blog kita banyak pengunjung berarti tulisan kita banyak yang membacanya.

Salah satu cara supaya traffic blog meningkat adalah dengan rajin update blog. Nah, kan kembali lagi ke update blog.

4. Tampilan blog lebih menarik

Jujur ya saya tuh sebenarnya kurang begitu sreg dengan tampilan blog saya. Tetapi kalau harus ganti templates atau otak-atik html itu malas sekali melihat kode-kode itu.

Saya berharap, makin rajin ngeblog. Sehingga bisa menganti template yang sesuai dengan keinginan saya.

5. Lebih rajin ikut kelas tentang menulis

Setiap ada kelas baru yang diadakan suatu komunitas, keigunan untuk ikut itu selalu ada. Tetapi, selalu ragu di awal kalau saya tidak akan mampu mengikuti kelas tersebut.

Saya berharap, setelah ini makin rajin ikut kelas menulis supaya kualitas tulisan dan blog saya lebih baik lagi.

6. Dapat lebih banyak job

Nah, ini poin yang ditunggu-tunggu para blogger adalah ada job yang mampir ke blog kita. Harapan saya di Hari Blogger tahun 2023 ini, saya makin banyak mendapat job. Jadi, biar makin rajin ngeblognya.

Memang ada nih hubungan banyak job dan rajin ngeblog? Ya, ada dong, dengan semakin banyak job maka kita akan lebih bersemangat untuk menulis.

Awal Mengenal KEB

Saya lupa tepatnya kapan bergabung dengan group Kumpul Emak Blogger (KEB) dan follow akun media sosialnya. Dan mulai sering melihat group saat ada pemilihan ketua KEB waktu itu.

Hingga beberapa waktu lalu lewat di beranda saya tentang adanya challenge menulis 1000 kata setiap hari selama 1 minggu. Pengin ikut sih, tapi ragu. Apa iya saya bisa menulis 1000 kata selama 7 hari. Karena sema ini kalau ingin menulis sebanyak itu butuh waktu 1 minggu. Kalau dipaksakan paling cepat 3 hari. Dan, ini harus setiap hari menulisnya. Emang kamu bisa? Itu pertanyaan pada diri saya sendiri.

Dengan segala pertimbangan, akhirnya mengikuti challenge tersebut. Merasa ikut tertantang dan ingin mengukur seberapa jauh kemampuan saya dalam menulis. Saat mempunyai keinginan atau berbuat sesuatu yang sebelumnya belum pernah saya lakukan, saya mempunyai prinsip.

"Jika orang lain mampu melakukan, maka kamu pun juga akan mampu melakukannya."

Dengan prinsip tersebut, saya berusaha rutin membuat postingan, meskipun harus upload dan share di hampir pergantian hari. Tetapi, bagi saya itu tidak masalah, yang penting tetap bisa posting setiap hari. Dan, alhamdulillah, insya Allah bisa menyesaikan challenge ini. Karena ini adalah tema challenge hari terakhir. 

Ada rasa kepuasan dan kebahagian tersendiri bisa menyelesaikan challenge ini. Dan bisa membuktikan pada diri sendiri, kalau saya juga mampu menulis 1000 kata setiap harinya. 

Harapan untuk KEB 

1. Sering-sering mengadakan challenge biar semangat menulis

Ini challenge pertama yang saya ikuti di KEB, meskipun sempat ragu untuk ikut, tetapi akhirnya bisa menyelesaikannya. Seru sekali rasanya.

Semoga KEB lebih sering mengadakan challenge, supaya para anggota group yang malas update blog seperti saya ini, lebih rajin menulis lagi.

2. Mengadakan kelas blog

Masih banyak hal yang tidak saya ketahui tentang blog, apalagi untuk WordPress. Karena selama ini saya masih setia memakai blogspot. 

Saya berharap KEB mengadakan kelas online untuk blog dari awal untuk pengenalan blog WordPress. Biar para anggota yang masih pemula bisa lebih paham.

3. Seluruh Makmin sehat selalu 

Harapan terakhir, semoga makmin selalu diberi kesehatan. Sehingga dapat mengelola KEB semakin lebih baik. Aamiin.

Selamat Hari Blogger bagi seluruh Blogger di Indonesia. Tetaplah menulis sesuatu yang bermanfaat, supaya tulisan itu menjadi kebaikan untuk kita.

#YukNgeblogLagi 

#NgeblogAsyikBarengKEB 

Hari Blogger 2023, Harapanku dan KEB di Masa Depan




 



14 komentar untuk "Hari Blogger 2023, Harapanku dan KEB di Masa Depan"

  1. Selamat hari blogger nasional :)
    kalau saya hanya ingin kembali bisa ngeblog kayak dulu, di mana ngeblognya dengan mindful, bukan semata update aja setiap harinya :D

    Dan juga memang wajib banget ya upgrade ilmu kita sebagai blogger :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya itu salut sama Kak Rey lho, aktif banget update blogpost meskipun bukan job. Apalah saya yang ngeblognya tergantung mood yang naik turun.

      Hapus
  2. Selamat hari blogger! Smg tetap semangat menempuh jalan yg sudah dipilih. Kemarin pengen juga ikut serta dalam merayakan hari blogger tapi kenyataannya harus nemenin bocah bikin laporan.. Hehe. Semangat blogger!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat juga untuk kak Wenti supaya tetap rajin update blog nya. Biar blognya terus terawat dan semakin berkembang.

      Hapus
  3. Selamat hari blogger nasional kakak! Semoga kita semua bisa istikamah menulis di blog dan spread aura positif ke siapapun yaa. aamiin!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Pengin juga seperti Kak Jihan yang selalu ada ide untuk menulis dan bisa menulis cepat.

      Hapus
  4. Aku juga mau belajar wordpres ah, keren-keren sih tampilannya wordpres dan banyak dimudahkan plugin ya Kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sering mupeng sama template WordPress kelihatannya banyak yang sesuai dengan tema perempuan ya. Semoga bisa secepatnya dimulai.

      Hapus
  5. Selamat Hari Blogger Nasional ya mbak. Semoga harapan tentang blognya tercapai semua biar semangat ngeblognya. Udah lama ya mbak mengenal blognya dari tahun 2017. Blog masih relevan sampai sekarang masih bisa menghasilkan uang, asalkan kita rajin upgrade ilmu terus yaa mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Punya blognya sudah lama tapi update nya itu yang jarang-jarang. Tetapi, Alhamdulillah tahun ini ada kemajuan dengan join beberapa komunitas, jadi terpacu kembali semangat menulisnya.

      Hapus
  6. beberapa point yang mbak sebutkan kok ya 11 12 juga yang ingin ku raih. Saling mendoakan ya mbak. hhi ...... Happy Bloggerday

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga keinginan kita terkabul ya kak. Biar bisa terus menulis tentang hal-hal baik.

      Hapus
  7. Saya pakai wordpress ..banyak plugin nya buat variasi blog. Btw..selamat hari blogher nasional ka eliin😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Template WordPress bagus-bagus. Katanya juga lebih mudah pengaturan template nya daripada blogspot yang perlu otak-atik html.

      Hapus