Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rekomendasi 9 Plagiarism Checker untuk Mengecek Original Artikel

Plagiarism Checker

Sebagai seorang yang menyukai dunia menulis tentu kita tidak ingin di sebut plagiat karena dianggap telah mencuri karya orang lain. Untuk itu sebelum memposting artikel adalah mengecek keaslian atau original artikel yang kita buat menggunakan Plagiarsm Checker.

Hal ini untuk mencegah supaya artikel yang kita posting tidak terdeteksi sebagai artikel plagiat baik di mata google maupun di hadapan penulis lainnya.

Sudah menjadi rahasia kalau dalam proses menulis kita membutuhkan referensi tulisan yang biasa kita dapatkan dari website lain atau dari buku. Hal inilah yang terkadang bisa terdeteksi plagiat kalau kita hanya menyalin begitu saja tulisan dari sumber atau istilahnya copas. Untuk itulah kita perlu mengecek tulisan yang kita buat sebelum diposting.

Arti itu Plagiarism Checker

Plagiarism Checker atau deteksi plagiarisme menurut wikipedia adalah proses pencarian bagian yang diduga plagiat dari sebuah karya. Dalam hal ini, karya tidak hanya terbatas pada dokumen, tetapi juga desain baik gambar atau video dan kode program. Meskipun kasus yang umum terjadi pada tulisan ilmiah baik berupa esai atau laporan. Dengan perkembangan  dan internet menjadikan orang mudah untuk memplagiat karya seseorang.

Untuk mengecek tingkat plagiat dari artikel, kita bisa menggunakan aplikasi yang banyak tersedia di internet. Dari mulai yang free atau gratisan sampai yang berbayar. Kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan.

9 Rekomendasi Plagiarism Checker Free

1. Duplichecker

Duplichecker adalah salah satu website yang biasa saya gunakan untuk mendeteksi plagiat pada artikel saya sebelum diposting. Ada versi free  maupun berbayar. Tetapi saya sudah cukup yang free saja.

Keunggulan Duplicherker yang free adalah kita bisa mengecek artikel sampai maksimal 1000 kata untuk satu kali proses. Kalau artikelnya lebih dari 1000 kata, maka kita bisa membagi artikel tersebut menjadi beberapa bagian supaya tidak melebihi 1000 kata. 

Ketika ada bagain dari artikel kita yang terdeteksi plagiat, Duplicherker akan memperlihatkan website asal dari arikel yang kita jadikan referensi artikel.

Jika ingin mengecek artikel yang panjang dalam sekali proses, kita bisa beralih yang pro. Yang bisa mengecek hingga 25.000 kata dalam sekali proses.

2. 1 Text

1 Text merupakan website yang juga bisa digunakan untuk mengecek tingkat plagiat konten yang kita buat.

Buat saya ini ngeceknya detail banget lho. Copas tulisan sedikit saja bisa kelihatan. Sayangnya website ini hanya bisa mengecek sekitar 600 kata dalam satu kali proses. Belum lagi dalam sehari dibatasi 2000 kata untuk dicek.

Kita bisa mengecek lebih banyak kata tentu saja setelah beralih ke premium.

3. Check Plagiarism

Jika ingin mengecek artikel yang cukup panjang sekitar 10.000 sampai 15.000 kata dapat menggunakan Check Plagiarism. Dan kabar baiknya untuk mengecek artikel sepanjang itu bisa dilakukan dengan gratis.

Berbagai tipe artikel atau tulisan dapat dicek si website ini, seperti karya tulis dalam bentuk doc, docx, txt atau pun pdf. Untuk mengecek tulisan di website bisa dengan meng copy paste tulisan atau bisa langsung menguploapnya.

Yang lebih menarik, website ini juga menyediakan paraphrase, jika kita ingin menulis ulang sebuah tulisan dari suatu sumber  dengan cepat.

4. Grammarly

Plagiarism Checker

Bagi teman-teman yang kesulitan dalam tata bahasa Inggris bisa menggunakan Grammarly untuk mengecek susunannya. Selain itu, website ini juga dapat digunakan untuk mengecek tingkat plagiat artikel yang kita buat.

Kabar baiknya website ini bisa diakses baik dari PC maupun Android. Jadi, cukup membantu bagi teman-teman yang sering menulis menggunakan hp seperti saya.

5.  Plagiarisma

Plagiarisma adalah website gratis yang dapat digunakan untuk mengecek tingkat plagiat tulisan kita. Ada 100 lebih bahasa yang dapat digunakan di website ini, tentu saja Bahasa Indonesia juga tersedia.

Cara mengecek tulisan pun cukup mudah. Kita hanya perlu mengunjungi website Plagiarisma.net kemudian pilih Check Plagiarism. Selanjutnya kita bisa mengunggah atau menyalin tulisan yang ingin kita cek ke website ini.

6.  Small Seo Tools 

Small Seo Tools juga merupakan website yang bisa digunakan untuk mengecek tingkat plagiat tulisan yang kita buat. 

Cara mengecek tulisan di website ini pun sangat mudah, kita tinggal mengcopy tulisan yang akan kita cek ke websites, kemudian  klik. Maka, hasil pengecekkan akan tertera di bawah  tulisan yang kita cek.

Selain mudah untuk mengecek tingkat plagiat suatu artikel, website ini juga memiliki beberapa tool yang juga bisa kita manfaatkan. Seperti articles rewrite, paraphrasing Tools, Text to Speech dan tools lainnya.

7. Quetext 

Quetext  juga merupakan website yang bisa digunakan untuk mengecek tingkat plagiat suatu artikel atau tulisan.

Berbeda dengan website yang sudah disebutkan di atas, di mana kita tidak perlu memiliki akun untuk melakukan pengecekan plagiat. Di website ini, kita perlu membuat akun untuk bisa mengecek plagiat. Tetapi, tidak perlu khawatir karena untuk membuat aku juga cukup mudah, bisa menggunakan email Google. 

Setelah memili akun, kita dapat langsung mengunggah artikel yang ingin kita cek, kemudian hasilnya akan ada terlihat di bagian bawah.

8. Copyleaks 

Copyleaks juga merupskan website yang bisa digunakan untuk mengecek tingkat plagiat suatu artikel atau tulisan. Website ini biasanya digunakan oleh para peneliti untuk mengecek tulisan mereka sebelum dipublish atau diterbitkan.

Website ini teknologi AI, sehingga hasil pengecekan tingkat plagiat nya lebih akurat. Untuk melakukan pengecekan cukup mudah,   kita hanya perlu mengupload tulisan yang kita ingin Chek. Kemudian klik mulai dan tidak begitu lama akan tertera hasil dari pengecekan tersebut.

Dengan ratusan jenis bahasa yang tersedia di website ini tentu akan sangat membantu kita dalam pengecekkan tulisan.

9. Plagiarismdetector

Plagiarismdetector merupakan website yang juga bisa digunakan untuk mengecek tingkat plagiat suatu karya tulis. Satu kali proses pengecekan untuk karya dengan panjang kurang dari 1000 kata bisa dilakukan dengan gratis. 

Tetapi, jika teman-teman ingin mengecek tulisan yang lumayan panjang, misalnya diatas 10.000 kata dan tidak punya banyak waktu untuk mengecek per seribu kata bisa dengan mendaftar ke pro atau berbayar. Dengan beralih ke pro, kita dapat langsung mengecek tulisan yang panjang sekali proses.

Nah, dari Rekomendasi 9 Plagiarism Checker yang saya sebutkan di atas, adakah yang teman-teman gunakan? Semoga bermanfaat bagi yang sedang mencari website untuk mengecek tingkat plagiat tulisan.




Posting Komentar untuk "Rekomendasi 9 Plagiarism Checker untuk Mengecek Original Artikel"