Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Abaikan 6 Hal Kecil Ini, Jika Ingin Sukses Menulis

Jangan Abaikan 6 Hal Kecil Ini, Jika Ingin Sukses Menulis

Hal besar berawal dari hal kecil. Tidak ada yang instan dalam hidup ini. Bahkan mie instan pun perlu di masak untuk menikmatinya. Minimal membutuhkan air panas untuk merendam mie nya. Jika, terpaksa kita bisa langsung makan mie tersebut, tetapi siap- siap akan sakit perut setelahnya.
Hal yang sama pun juga terjadi pada bidang menulis. Kita tidak bisa serta merta langsung membuat tulisan yang bagus dan enak dibaca. Meskipun pada dasarnya, kita semua sudah bisa menulis semenjak sekolah dasar. Tetapi, untuk membuat tulisan yang baik dan enak dibaca itu butuh waktu panjang.

Begitu pun dengan saya, dulu awal-awal menulis di blog, isinya hanya sekedar curhat semata. Menulis pun hanya berdasarkan sudut pandang saya pribadi, tanpa memikirkan efek tulisan kita pada para pembaca.

Untuk memperbaiki kualitas tulisan, saya melakukan beberapa hal yang mungkin dipandang kecil bagi sebagian orang. Tetapi, jika kamu ingin juga menjadi penulis, mungkin dapat mengikuti langkah yang saya lakukan.

Jangan Abaikan 6 Hal Kecil Ini, Jika Ingin Sukses Menulis 

1. Motivasi yang kuat

Untuk apa sebenarnya tujuan kita menulis, misalnya ingin menjadi penulis buku best seller, ingin mempunyai blog absence dan tujuan lainnya. Tentukan juga siapa pembaca tulisan kita. Jika, semua sudah ditentukan, kita tinggal memulai untuk menulis.

Setelah mengetahui tujuan dari kita menulis, tinggal kita mewujudkan tujuan tersebut. Dengan motivasi diri yang kuat, kita akan berusaha bagaimana supaya kita dapat mencapai tujuan tersebut.

2. Bergabung dengan group kepenulisan

Untuk menambah skill menulis, saya bergabung dengan beberapa group kepenulisan, baik melalui whatsapp atau pun group di facebook. Percaya atau tidak, berkumpul dengan orang-orang yang mempunyai circle sama dengan kita itu sungguh menyenangkan.  

Dalam group kepenulisan tersebut, kita akan saling berdiskusi dan bertukar ilmu tentang dunia kepenulisan. Saling menyemangati untuk tetap semangat menulis.

Selain itu, dalam group kepenulisan biasanya diadakan event-event untuk membangkitkan semangat menulis, seperti one day one post. Dengan mengikuti event ini, kita akan terpacu kembali semangatnya untuk menulis.

3. Menulis dengan hati

Sesuatu yang kita kerjakan dari hati tentu akan berbeda hasilnya dengan apa yang dikerjakan secara asal-asalan apalagi hasil plagiat tulisan orang lain.

Begitu juga dengan menulis. Saat kita menulis dengan sepenuh hati apa yang ada dipikiran kita, akan membuat pembaca terbawa dengan tulisan kita.

4. Tulis yang kita kuasai

Jangan memaksakan diri untuk mengerjakan sesuatu yang tidak kita kuasai, karena hasilnya tentu tidak akan sebaik jika kita mengerjakan sesuatu yang kita sukai.

Misalnya kita suka menulis tentang traveling. karena bisa membawa kita mengetahui tempat-tempat yang belum pernah kita datangi. Namun, karena ingin mencoba sesuatu yang baru, mencoba menulis tentang otomotif. Tentu hasil tulisan kita tentang otomotif tidak sebagus tulisan kita tentang travelling

5. Konsistensi

Jika ingin menjadi penulis, maka yang harus dilakukan setiap hari adalah menulis. Bukan hanya sekedar bermimpi aku ingin menjadi penulis, tetapi yang dikerjakan hanya bermain game atau bersosial media saja.

Untuk menjadi penulis kita harus konsisten menulis setiap hari entah berapa kata yang bisa kita tulis. Karena dengan setiap hari menulis akan melatih skill kita dalam menulis. Selain itu juga mendekatkan impian kita untuk menjadi penulis.

Begitu ada ide menulis tentang sesuatu, langsung tulisan ide tersebut. Karena jika kita menunda untuk menulis, bisa jadi kita akan kehilangan ide untuk menulis kembali. Jika tidak memungkinkan untuk menulis langsung di tempat biasa kita menulis, kita bisa menuliskan ide yang ada tadi di kertas atau pun di note handphone. Dengan cara ini akan membantu kita saat kita kebingungan mencari ide untuk menulis.

6. Bersikap optimis

Jangan kendor semangat menulisnya, tetaplah optimis. Jangan karena kita minder dengan orang lain, kita berhenti menulis.

Setiap orang punya kesempatan yang sama untuk bisa sukses dalam menulis. Kita pun berhak untuk menjadi penulis. Abaikan saja jika ada orang yang menghina atau meremehkan kita, anggaplah itu pemicu semangat untuk membuktikan pada mereka bahwa yang kita lakukan akan menunjukkan hasil. 

Terkadang hal kecil sering kali kita abaikan, tetapi hal besar juga berawal dari hal kecil lho. Jadi, jangan abaikan 6 Hal Kecil Ini, Jika Ingin Sukses Menulis. Tetap semangat.



Posting Komentar untuk "Jangan Abaikan 6 Hal Kecil Ini, Jika Ingin Sukses Menulis "